Setelah sempat berhasil memenangkan pertarungan melawan Kaido dan Orochi, Kozuki Oden harus mengakui jika dirinya tidak berdaya di bawah kekuatan gabungan dari mereka berdua. Oden dan Red Scabbards akhirnya ditangkap, dan kemudian diputuskan jika mereka akan dieksekusi dengan cara dimasak hidup-hidup di sebuah panci raksasa dengan minyak panas.

Tapi, seperti yang diperlihatkan di chapter 971 kemarin Oden berhasil menahan semua rasa panas tersebut. Dia bahkan mampu menahan para bawahannya agar tidak ikut mendidih dalam kuali raksasa tersebut. Sebelumnya dia membuat kesepakatan dengan kaido, jika berhasil menahan hukuman tersebut selama 60 menit maka semua hukuman akan dibatalkan.

  Eiichiro Oda memang dikenal sebagai sosok yang selalu memasukan berbagai unsur budaya dan hal lainnya dalam cerita One Piece. tidak jarang juga dia memasukan berbagai mitologi dan cerita kuno Jepang ke dalam cerita. Seperti cerita tentang eksekusi Kozuki Oden yang direbus dalam minyak panas oleh Kaido dan juga Kurozumi Orochi, yang sepertinya terinspirasi dari cerita sejarah Jepang.

Kemungkinan cerita tersebut terinspirasi dari cerita Ishikawa Goemon. Dia merupakan sosok yang dianggap sebagai “Robin Hood” Jepang di masa lalu, dimana dia mencuri emas dan benda-benda berharga lainnya untuk dibagikan kepada mereka kaum miskin. Dari segi desain karakter pun, sosok Kozuki Oden dan Goemon memiliki kesamaan.

Cerita tentang Goemon juga mirip tentang Oden, dimana dalam ceritanya Goemon berusaha untuk membunuh pemimpin pada masa itu yaitu Toyotomi Hideyoshi, karena dia dianggap sebagai raja yang selalu menindas rakyatnya. Tapi, yang menarik adalah hukuman yang diberikan kepada Goemon adalah dihukum mati dengan cara direbus hidup-hidup di sebuah kuali besi bersama anaknya.

Tapi, beruntungnya dalam eksekusi tersebut sang anak berhasil diselamatkan dengan cara mengangkatnya di atas kepala. Anaknya akhirnya dimaafkan oleh Hideyoshi. Adegan ini sama persis dengan apa yang terjadi di chapter 971, namun bedanya yang diselamatkan oleh Oden bukanlah anaknya melainkan para bawahannya yang setia. Apakah memang Oden terinspirasi dari kisah Goemon? Mungkin akan ada jawabannya di pojok SBS nanti.