Cerita origin yang tragis memang tidak pernah jauh dari Spider-Man dan para Spider-People lainya meskipun mereka berasal dari dunia atau realitas yang berbeda. Namun, untuk Cowboy Spider-Man – alias Web-Slinger – sepertinya cerita masa lalunya jauh lebih tragis.Dalam komik Spider-Verse #4 yang dikerjakan oleh Taran Killam dan Juan Gedeon memperlihatkan Spider-Man dari era koboi tersebut membantu Miles Morales untuk menangkap para bandit.

Namun, di tengah-tengah aksinya tersebut kita diberi tahu sesuatu yang baru terkait dengan masa lalu dari sang Web-Slinger. Ceritanya sendiri dimulai ketika sang Web-Slinger mencoba untuk menghentikan pencurian kereta yang dipimpin oleh Kraven the Hunter. Para penjahatnya sendiri berhasil kabur, tapi Web-Slinger berhasil menyelamatkan para penumpang sebelum akhirnya keretanya terperosok ke dalam sungai.

Ketika dia berusaha untuk berenang menuju permukaan, kita disuguhkan adegan flashback dari masa lalunya. Kita diajak ke masa lalu ketika masa perang saudara terjadi  di Amerika. Dia ternyata merupakan tentara dari pasukan Union. Dia ternyata harus menghadapi saudaranya sendiri, Ben, yang merupakan bagian dari pasukan Confederate.

Web-Slinger sendiri pertama kali muncul di komik Amazing Spider-Man #9, tapi cerita originnya tidak pernah terungkap sampai komik Vault of the Spiders #1 muncul. Dalam komik tersebut, Patrick O’Hara merupakan seorang koboi yang selalu berpetualang untuk bekerja untuk pertujunkan Wild West yang bekerja sama dengan seorang penjual minya curang, Michael Morbius, yang ternyata menjual berbagai ramuan dari suku Apache.

Ketika seekor laba-laba tidak sengaja jatuh ke dalam salah satu ramuan tersebut, laba-laba tersebut kemudian menggigit Patrik dan kudanya, Widow. Gigitan tersebut ternyata memberikan mereka kekuatan super. Namun, selain itu gigitan laba-laba tersebut ternyata membuat Michael Morbius harus berubah menjadi vampir.

Dengan menggunakan identitas Ponderosa Parker dan Web-Slinger, dia pun berhasil menghentikan usaha dari Morbius. Cerita masa lalunya sebelum menjadi seorang koboi atau ahli tembak masih menjeadi misteri. Web-Slinger juga sempat muncul dalam kartun Ultimate Spider-Man, sebagai seorang pahlawan yang terjebak dalam pertempuran antara Doc Ock Holiday dan beberapa Spider-People lainya.

Paman Ben versinya ternyata merupakan seorang pengendali pikiran bernama Phantom Rider, yang sukses berhasil menyelamatkan semuanya di akhir cerita. Pengungkapan mas alalu yang tragis dari Web-Slinger ketika perang saudara terjadi mambahkan perkembangan dinamis yang menarik bagi karakternya. Bagaimana Patrick membunuh saudaranya, Ben, juga menambahkan cerita tragis dari sosok Patrick dan semakin mempertegas image yang dibangun para Spider-People dengan kisah masa lalu mereka yang menyedihkan.

Mudah-mudahan saja kemunculannya di komik Spider-Verse ini bukan yang terakhir, karena masih banyak cerita menarik lain tentunya yang bisa digali dari sang Web-Slinger ini. Bisa juga Sony di kemudian hari bisa menghadirkan Web-Slinger di film Into the Spider-Verse mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.