Dracula merupakan salah satu karakter yang paling populer dari genre horor. Selain dari film-film yang bergenre horor dan menghadirkan berbagai jenis monster dan juga novel horor, Dracula pun kini sudah menjadi bagian dari cerita Marvel Comics. Dracula sudah muncul di Marvel Comics sejak era 70an, meskipun tentunya sosok Dracula sendiri memiliki sejarah yang jauh lebih panjang. Berikut adalah beberapa hal dari sosok Dracula di Marvel Comics yang mungkin belum kalian ketahui.

Alternate Dracula

Sebelum Marvel Comics, brand yang menjadi tempat bagi Dracula “bernaung” dalam beberapa waktu adalah sebuah perusahaan percetakan komik bernama Atlas Comics. Meskipun kemudian Atlas Comics kemudian berubah menjadi Marvel Comics, sosok Dracula pun mengalami perubahan yang signifikan terutama dari penggambaran sosok tersebut.

Awalnya Dracula memiliki kepribadian yang sangat berbeda, lebih mendekati cerita horor yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita dan juga merefleksikan dengan genre yang memang populer pada saat itu. Tapi, ketika Dracula mulai diperkenalkan di universe utama Marvel dia sedikit mengalami perubahan dengan mencoba menyesuaikan tonenya dengan value yang dimiliki oleh Marvel.

Setelah Undang-Undang Komik

Sempat muncul undang-undang di akhir era 70an yang mana menyensor berbagai cerita yang muncul dalam cerita komik. Hal tersebut membuat Marvel kebingunan untuk menghadirkan sosok Dracula dalam cerita mereka. Karena, dalam undang-undang tersebut disebutkan berbagai makhluk horor dan monster, seperti Dracula, dilarang untuk ditampilkan dalam cerita komik.

Marvel pun akhinya putar otak agar Dracula bisa kemudian masuk ke dalam cerita. Tapi, seperti yang disebutkan sebelumnya Marvel memberikan perubahan setelah dia pindah dari Atlas Comics, dan hal tersebut memberikan sedikit kemudahan bagi Marvel. Akhirnya dia muncul sebagai salah satu villain dalam cerita Spider-Man, yang mana selain Dracula kita juga diperkenalkan akan sosok monster lainnya yaitu Morbius.

Kemunculan Morbius

Morbius mungkin akan muncul di Marvel Cinematic Universe dalam waktu dekat melalui film solonya garapan Sony Pictures, tapi rasanya sosok Dracula tidak akan muncul dalam film tersebut. Namun, berkat Morbius akhirnya Dracula kembali dimunculkan dalam cerita komik. Dalam cerita Spider-Man, Dracula diperkenalkan demi memperkenalkan dan mempertegas cerita tentang vampir.

Tentu saja, Morbius dan Dracula kemudian bekerja sama untuk mengalahkan Spidey. Bukan sekali, namun mereka beberapa kali pernah saling bertarung dalam cerita komik. Hubungan antara Spidey, Dracula dan Morbius memberikan warna lain bagi cerita Marvel Comics.

“Pembataian” Vampir

Ada sebuah masa dimana Marvel Comics benar-benar menghapus seluruh karakter vampir. Hal tersebut terjadi berkat mantra yang dikeluarkan oleh Doctor Strange yang mana membuat seluruh vampir menghilang, berkat Dracula yang terbunuh. Tentu saja Dracula kemudian bangkit kembali dari kematiannya, karena Dracula tidak pernah benar-benar mati.

Yang membuatnya menarik adalah Marvel berhasil menampilkan sebuah cerita yang lain, dengan menampilkan kehancuran bagi para vampir dan juga bagi sosok yang paling dikenal dalam genre horor, yaitu Dracula.

Kebangkitan Dracula

Sebelumnya disebutkan jika Dracula kembali muncul di komiknya, tapi ada hal lainnya yang berkaitan dengan reboot komiknya selain perubahan kostum dan juga visual dan karakteristik. Komik terbaru Dracula tersebut berada di bawah naungan Epic Comics, yang masih juga bagian dari merk Marvel. Ide tersebut dilakukan agar mampu menggerakan karakternya ke arah yang berbeda tanpa merusak brand atau kontinyuitas cerita utamanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.