Ada kabar gembira buat Geeks penggemar seri game Grand Theft Auto atau GTA. Rockstar North sepertinya sedang mengerjakan game terbaru untuk seri tersebut. Rockstar selalu sukses dengan berbagai proyek game GTA mereka, mulai dari San Andreas, GTA IV sampai yang paling baru GTA V. Para fans sendiri berharap Rockstar segera merilis game terbaru GTA karena sudah cukup lama Rockstar tidak mengeluarkan game terbaru GTA.

Sempat muncul berbagai rumor dan kabar tentang kemunculan game GTA 6, namun semuanya hanya sekedar rumor saja. Tapi, untuk kabar kali ini mengenai game baru GTA sepertinya benar adanya. Berdasarkan laporan dari TaxWatch UK disebutkan bahwa badan pengumpul pajak Inggris telah memberikan pengampunan pajak terbesar untuk Rockstar pada 2018-2019. Hal tersebut menjadi yang terbesar, untuk sebuah studio pembuat game.

Presentase pengampunan pajak yang disetujui oleh badan tersebut sekitar 37% dari seluruh dari video game pada tahun tersebut. Lalu, mengapa Rockstar bisa memiliki nilai pengampunan pajak yang sangat tinggi? Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa dengan nilai yang tinggi itu, Rockstar dikabarkan “sedang dalam masa produksi edisi terbaru dari GTA, yang dirumorkan akan dirilis segera.

Secara keseluruhan, nilai pengampunan pajak yang diberikan pemerintah terhadap Rockstar sendiri sekitar 37.6 juta Poundsterling. Dengan angka pengampunan pajak yang besar, artinya Rockstar sudah menghabiskan biaya yang sangat tinggi untuk membuat game terbaru GTA. Game terbaru Rockstar, Red Dead Redemption 2, merupakan salah satu judul game dengan biaya produksi paling mahal di dunia, dan dengan level kualitas yang tentunya harus dijaga ada kemungkinan bila Grand Theft Auto VI akan memiliki ongkos produksi yang kurang lebih sama, atau mungkin lebih, dari pendahulunya.

Rockstar sendiri merupakan perusahaan pembuat game yang sering menjadi sorotan. Selain karena berhasil menciptakan berbagai game menarik dan keren, mereka juga dikenal sebagai perusahaan yang sering mengajukan keringanan pajak kepada pemerintah Inggris meskipun mendapatkan banyak sekali pemasukan dari game-game mereka. Hal ini juga yang sempat menjadi kekhawatiran para pemerhati pajak, karena Rockstar sepertinya memanfaatkan celah tersebut.

Sampai saat ini masih belum diketahui apakah Rockstar akan merilis game GTA 6 untuk konsol PlayStation 4 atau PlayStation 5. Namun, mengingat kualitas grafik yang pastinya akan lebih realistis sehingga membutuhkan mesin yang lebih kuat, sepertinya GTA 6 akan dirilis untuk konsol next gen.