Eiichiro Oda sudah menghadirkan cerita One Piece dengan banyak sekali misteri di dalamnya selama 20 tahun sejak pertama kali seriesnya muncul. Ada banyak sekali misteri yang masih belum terpecahkan selama ini, yang masih menjadi pertanyaan para fans. Memang itulah yang menjadi salah satu daya tarik dari manga One Piece. Tapi, sepertinya salah satu rahasia terbesar One Piece kini sudah terungkap.

Di chapter 967 diperlihatkan bahwa Kozuki Oden akhirnya mau berpetualang bersama dengan Roger dalam petualangannya yang terakhir demi bisa menemukan dimana One Piece dan menuju pulau terakhir. Roger dan Oden akhirnya mampu menemukan keempat Road Poneglyph yang menuntun mereka menuju pulau terakhir. Dan berkat bantuan Oden yang bisa membaca Poneglyph, akhirnya mereka pun sampai di pulau terakhir.

Image result for laugh taleKedatangan mereka ke pulau tersebut mengkonfirmasi dua hal, pertama bahwa One Piece memang benar-benar ada dan akhirnya kita tahu mengapa pulau tersebut diberi nama Laugh Tale. Dalam narasi Oden di akhir chapter, dia menceritakan bahwa ketika Roger dan semuanya kru berhasil pulau terakhir dan kemudian berhasil menemukan One Piece, reaksi yang pertama dikeluarkan oleh Roger adalah tertawa. Para kru yang lain pun ikut tertawa puas.

Roger bersama krunya akhirnya sepakat untuk memberi nama Laugh Tale, untuk pulau yang sudah lebih dari 800 tahun tidak pernah dikunjungi orang. Sebenarnya, nama Laugh Tale sendiri pertama kali diketahui dari film One Piece: Stampede yang merupakan film untuk merayakan 20 tahun One Piece. Dalam ceritanya hadiah dari turnamen bajak laut tersebut adalah sebuah log pose menuju pulau terakhir.

Dalam keterangan namanya, tertulis “Laugh Tale” dan bukan “Raftel” seperti selama ini kita tahu. Sempat memunculkan kebingungan karena permasalahan nama tersebut, tapi akhirnya para fans bisa mengetahui darimana nama tersebut berasal pada chapter 967 kemarin. Dengan terungkapnya nama asli dari pulau Laugh Tale, artinya sudah semakin dekat cerita akhir dari series ini.

Meskipun begitu, tetap masih ada beberapa misteri besar yang masih belum terpecahkan seperti apa sebenarnya One Piece, mengapa Roger tertawa melihatnya, apa yang terjadi di era abad yang hilang, dan yang lainnya.