GREENSCENE.CO.ID – Studio Ghibli menjadi sorotan media pemberitaan akhir-akhir ini. Pertama adalah kontrak kerja sama antara rumah studio legendaris tersebut dengan saluran HBO Max untuk memproduksi berbagai film-film animasi yang akan dirilis di platform mereka. Kedua adalah Studio Ghibli memiliki rencana untuk membangun sebuah taman bermain yang akan diadaptasi dari berbagai karya-karya legendaris mereka.

Dalam beberapa tahun belakangan, studio Ghibli belum merilis kembali film-film animasi berdurasi panjang, dengan film When Marnie Was There menjadi film “terakhir” yang mereka produksi. Tapi, sepertinya tahun 2020 akan menjadi tahun yang besar bagi mereka. Pasalnya, Ghibli mengumumkan jika mereka sedang mengerjakan dua buah proyek film animasi.

Image result for studio ghibliBerdasarkan laporan dari IGN, Studio Ghibli akan memproduksi dua film terbaru mereka disertai kembalinya sang maestro yang juga pendiri studio tersebut, Hayao Miyazaki, dari masa pensiunnya. Sayangnya, masih sedikit informasi yang bisa digali tentang dua proyek film animasi tersebut. Dengan proses produksi yang sudah dimulai, mungkin dalam waktu dekat akan ada sedikit informasi yang muncul terkait dengan proyek tersebut.

Studio Ghibli sudah sejak lama meniti karir menjadi salah satu studio film animasi legendaris, dengan pertama didirikan pada tahun 1985. Pada awalnya, Studio Ghibli dibentuk hanya untuk membantu adaptasi film Nausicaa Of The Valley Of The Wind, yang mana film tersebut menjadi populer dan bahkan menjadi salah satu film animasi ikonik dan termasuk dalam salah satu budaya populer era 80an.

Perlahan, Ghibli mulai melebarkan sayapnya sendiri, dimulai dengan film Spirited Away yang menjadi penerima penghargaan Best Animated Picture dalam ajang Academy Awards. Bukan hanya Spirited Away, film-film studio Ghibli lainnya yang juga legendaris adalah My Neighbor Totoro, Howl’s Moving Castle, Princess Mononoke, dan masih banyak lainnya.

Jika dulu studio Ghibli hanya berkutat di Jepang saja, kini Ghibli sudah melanjutkan ekspansinya di seluruh dunia sambil juga tetap memperkenalkan nilai-nilai dari studio tersebut dan juga memperkenalkan berbagai cerita klasik yang mereka miliki. Yang menarik adalah Studio Ghibli selalu menghadirkan cerita yang dekat dengan kita dan juga menyentuh. Lalu, kira-kira film apa yang akan dibuat oleh studio tersebut? kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.