GREENSCENE.CO.ID – Buat Geeks penggemar One Piece, pasti tahu tentang organisasi yang mengatur seluruh kehidupan di dunia tersebut yaitu Pemerintah Dunia. Di dalamnya terdapat para pemimpin yang memberikan berbagai keputusan yang akan mempengaruhi semua aspek kehidupan. Contohnya, dalam arc Reverie kemarin salah satu keputusan yang diambil adalah pembubaran Shichibukai atau kelompok bajak laut yang bekerja sama dengan angkatan laut dan pemerintah dunia.

Tidak butuh waktu lama bagi angkatan laut untuk segera menyerbu para mantan Shichibukai untuk menangkap mereka, meskipun hasilnya adalah sebuah pertempuran besar. Sebagian Geeks mungkin ada yang sudah paham tentang pemerintah dunia ada juga yang belum. Sekitar 800 tahun yang lalu, sebuah aliansi kuno didirikan oleh para raja atau pemimpin  dari sekitar 20 kerajaan yang ada.

Diantara kerajaan tersebut, terdapat keluarga kerajaan Donquixote dan Nefertari yang berkuasa di wilayah Alabasta. Selama abad yang hilang, aliansi kuno tersebut bertarung melawan the Great Kingdom atau kerajaan besar dan berhasil menghancurkan dan menggulingkan kekuasaan mereka.

Masih belum diketahui, mengapa atau bagaimana aliansi kuno tersebut berhasil menggulingkan kerajaan kuno (Ancient Kingdom) itu. Setelah sukses besar, dua puluha kerajaan tersebut melarang apapun yang berkaitan dengan riset Poneglyph dan melarang siapapun yang mencoba untuk membacanya. Mereka tidak segan-segan untuk menghancurkan kerajaan atau kelompok atau siapapun yang melanggar larangan tersebut.

Contoh nyata dari “hukuman” tersebut adalah hilangnya para penduduk Ohara, yang diketahui mencoba untuk menerjemahkan apa arti dari seluruh Poneglyph yang ada, oleh angkatan laut (tersisa Nico Robin). Setelah berhasil menggulingkan Ancient Kingdom, 20 kerajaan tersebut kemudian mendirikan “organisasi” yang disebut sebagai pemerintah dunia. Mereka pun kemudian membangun markas di wilayah Mary Geoise.

Meskipun terdapat 20 kerajaan dalam aliansi tersebut, hanya 19 kerajaan saja yang tinggal di Mary Geoise. Keluarga Nefertari lebih memilih untuk tinggal di Alabasta. Karena hal tersebut, seluruh raja yang memimpin perang melawan Ancient Kingdom kmudian disebut sebagai “pencipta” dari seluruh dunia yang ada di One Piece.

Para bangsawan dunia, yang juga dikenal sebagai kaum Naga Langit, merupakan keturunan langsung dari para kerajaan pendiri dunia yang tinggal di wilayah Mary Geoise. Karena titelnya yang merupakan keturunan langsung dari “pencipta” dunia di One Piece, sering kali para kaum Naga Langit tersebut berbuat semena-mena terhadap orang lain.

Apapun tindakan yang mereka lakukan tidak akan dihukum, karena mereka di atas hukum sekalipun. Bahkan, angkatan laut pun tidak berani berbuat apapun untuk menghukum para Naga Langit dan hanya mengikuti perintah mereka. Di seluruh dunia One Piece terdapat 170 negara yang terafiliasi atau terhubung dengan Pemerintah Dunia.

Meskipun ada 20 “pencipta” yang kemudian mendirikan Pemerintah Dunia, organisasi itu sendiri dipimpin oleh lima orang yang disebut sebagai lima tetua bintang alias Gorosei. Mereka sendiri sebenarnya mengikuti perintah dari sosok yang sangat misterius sampai sekarang yaitu Im. Masih belum diketahui apa sebenarnya “jabatan” Im di pemerintah dunia.

Di bawah Gorosei, terdapat komandan perang yaitu Kong. Mantan angkatan laut tersebut membawa pasukan angkatan laut dan pasukan rahasia Pemerintah Dunia, yaitu Ciphel Pol, dan juga Shichibukai. Angkatan laut sendiri dipimpin oleh Fleet Admiral, yaitu Sakazuki. Sebelumnya, jabatan tersebut dipegang oleh Kong, kemudian diserahkan kepada Sengoku, dan terakhir adalah Sakazuki.

Karena merupakan agen rahasia milik Pemerintah Dunia, Cipher Pol beroperasi dibalik layar. Misi mereka mirip dengan mata-mata di dunia nyata, yaitu sabotase, pengamatan, mata-mata, spionase, dan bahkan pembunuhan. Biasanya, musuh yang mereka hadapi adalah bajak laut dan juga pasukan revolusi. Contohnya adalah ketika CP bertarung melawan Rob Lucci dan pasukan dari CP9.

Pemerintah Dunia memiliki sebuah penjara dengan perlindungan maksimal dan dijaga secara ketat sehingga tidak mungkin ada yang lolos, yaitu Impel Down. Magellan menjadi pemimpin di penjara ketat tersebut. Meskipun diberi gelar sebagai penjara yang tidak bisa ditembus, ada beberapa nama yang pernah kabur dari penjara mengerikan ini, salah satunya adalah Luffy.

Dalam cerita One Piece, Pemerintah Dunia diposisikan sebagai antagonis utama dalam seriesnya. Mereka sering kali digambarkan sebagai sosok yang corrupt atau sering menyelewengkan kekuasaan. Contohnya adalah mereka selalu bertindak dengan berlandaskan absolute justice, dan juga bagaimana mereka mencoba untuk melenyapkan siapapun yang mencoba untuk mengungkap rahasia sebenarnya dari dunia ini.

Luffy sendiri saat ini sudah mencuri perhatian pemerintah dunia, bahkan sosok Im yang misterius. Mungkin, bisa jadi Pemerintah Dunia adalah lawan yang akan dihadapi oleh Luffy di akhir cerita One Piece. Ada dua kemungkinan, bisa jadi Luffy (dan para bajak laut lainnya termasuk pasukan revolusi) akan bertarung secara tatap muka. Kemungkinan lainnya adalah Luffy menemukan One Piece dan mengungkapkan rahasia dunia yang sebenarnya. Karena, seperti yang diungkapkan oleh Whitebeard dan Doflamingo, One Piece akan membuat dunia berguncang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.