GREENSCENE.CO.ID – Setelah sukses dengan film Jumanji: Welcome to the Jungle, Sony Pictures tidak butuh waktu lama untuk segera memproduksi film sekuelnya yaitu Jumanji: The Next Level yang saat ini sedang tayang di bioskop. Filmnya kembali disutradrai oleh Jake Kasdan, dan beberapa bintangnya pun kembali bergabung seperti Dwayne Johnson, Jack Black, Karen Gillan, dan Kevin Heart.

Tapi, film ini juga menghadirkan beberapa nama baru dalam filmnya seperti Danny DeVito dan Awkwafina. Selain para karakter dan cast baru, film ini juga menghadirkan berbagai kemampuan baru bagi karakter yang ada di dalam permainan Jumanji tersebut. Apa saja kemampuan barunya? Berikut adalah pembahasannya.

Dr. Smolder Bravestone

Penjelajah international yang sangat populer, Doctor Xavier Bravestone kembali menjadi pahlawan utama dalam film ini. Berbagai kemampuan baru diberikan kepada karakternya. Sama seperti di film pertama, Bravestone kembali memiliki kemampuan dalam hal kecepatan dan memanjat. Bravestone juga pandai dalam menggunakan bumerang dan selalu berpikiran positif.       Meskipun tidak memiliki kemampuan baru dalam sekuelnya ada hal baru yang akhirnya kita ketahui. Bravestone ternyata memiliki kelemahan yaitu Switchblade. Switchblade disini adalah nama orang yang juga ada di game Jumanji. Bravestone ternyata berselingkuh dengan istrinya. Karakter ini awalnya yang akan berperan sebagai Bravestone, namun kemudian Spencer menukar avatarnya dengan Eddie.

Franklin Finbar

Sebagai partner terpercaya bagi Dr. Bravestone, Franklin kembali membuktikan dirinya sebagai sosok yang berguna dengan pengetahuan yang dia miliki. Di film sebelumnya, Franklin memiliki kemampuan di bidang tanaman dan persenjataan. Franklin sangat paham dengan berbagai ancaman binatang buas yang dihadapi oleh kelompok tersebut dan juga paham senjata apa yang bisa digunakan untuk menghadapi musuh-musuhnya.

Di film The Next Level, Franklin memiliki kemampuan baru yaitu di bidang linguistik atau ahli dalam berbagai bahasa. Kemampuan ini bukan hanya memuat Franklin bisa untuk memahami berbagai bahasa manusia, melainkan juga membuatnya bisa berkomunikasi dengan hewan. Tapi, kelemahannya sendiri masih tetap sama yaitu kue, kecepatan, dan kekuatan.

Shelly Oberon

Professor Shelly Oberon kembali di film The Next Level dan merupakan karakter yang paling banyak menerima perubahan. Kelebihan Oberon dalam bidang arkeologi, kartografi, dan paleantologi kembali diperlihatkan dalam film sekuel ini. Kemampuan baru yang ditambahkan untuk karakter ini adalah geometri. Hal ini terbukti menjadi salah satu hal penting dalam petualangan yang mereka jalani.

Sama seperti Franklin, kelemahan Shelly Oberon juga masih sama yaitu tentang daya tahan tubuhnya. Tapi, yang menarik adalah karakter ini juga memiliki kelemahan baru yaitu panas, matahari, dan pasir. Hal ini menjadi hambatan besar dalam adegan di gurun pasir yang ada di film The Next Level.

Ruby Roundhouse

Ruby Roundhouse alias si pembunuh pria kembali menjadi salah satu kekuatan andalan dalam film The Next Level. Kemampuannya dalam bela diri kembali diperlihatkan, termasuk keahliannya dalam Karate, Tai’Chi, dan Aikido. Ruby Roundhouse memang dikenal tidak pernah menggunakan senjata dalam setiap pertarungannya, tapi bukan berarti dia tidak ahli dalam menggunakan benda.

Di film ini, kita diperlihatkan bahwa menggunakan senjata merupakan salah satu keahlian yang dimiliki oleh Ruby. Dia ahli dalam menggunakan Nunchaku atau double-stick. Kelemahan dari seorang Ruby Roundhouse adalah bisa, seperti yang diperlihatkan dalam film Welcome to the Jungle. Martha sempat berperan menjadi karakter ini, sebelum di tengah pertandingan dia bertukar avatar dengan Fridge.

Seaplane McDonough

Seaplane McDonough tidak memiliki peran yang terlalu besar seperti keempat karakter di atas dalam film The Next Level, tapi dia bergabung dalam cerita akhir filmnya. Dari segi kemampuan sendiri McDonough tidak mendapatkan perubahan, baik dari segi kelebihan ataupun kelemahan. Membuat minuman yang enak tetap menjadi kelebihannya dan nyamuk tetap menjadi kelemahannya. Namun, McDonough diperlihatkan mampu untuk menghabisi berbagai target atau ancaman yang datang. Juga dia juga mampu untuk memecahkan sebuah teka-teki yang sangat sulit.

Ming Fleetfoot

Ming merupakan salah satu karakter playable baru yang dimunculkan dalam film Jumanji: The Next Level. Dia menghadirkan kemampuan yang baru bagi para pemain di permainan tersebut, dimana dia memiliki kemampuan tinggi dalam hal mencuri benda. Kemampuannya adalah mengambil barang secara cepat, mengambil barang-barang berharga, dan membongkar lemari penyimpanan.

Kemampuan tersebut diperlihatkan di awal cerita dimana dia berhasil mengutil atau mengambil sebuah barang dan kemampuan tersebut kembali digunakan di akhir ceritanya. Kelemahan dari Ming adalah pollen atau serbuk tanaman, tapi kita tidak diperlihatkan bagaimana Ming terpengaruh oleh kelemahannya tersebut.

Cyclone

Karakter baru lainnya yang diperkenalkan di film Jumanji: The Next Level adalah Cylone. Berbeda dengan karakter baru dan karakter lainnya, Cyclone merupakan seekor kuda. Filmnya tidak pernah menyebutkan apa kelebihan atau kekurangan dari Cyclone, tapi ada satu hal yang jelas dimiliki olehnya. Seperti yang diperlihatkan di akhir cerita, Cyclone bukanlah seekor kuda biasa karena dia terbukti bisa mengeluarkan sayap sehingga dia bisa terbang.

Jurgen The Brutal

Villain utama dalam film Jumanji: The Next Level adalah Jurgen the Brutal. Dia adalah orang yang berhasil menaklukan Jumanji dan berniat untuk semakin memperluas wilayah kekuasaannya di sekuel ini. Kelebihannya lebih kepada kekuatan fisik, dimana sesuai dengan namanya Jurgen merupakan sosok yang kejam, pemarah, ahli dalam kepemimpinan, dan ahli dalam bertarung. Satu-satunya kelemahan Jurgen adalah Jumanji Berry.