GREENSCENE.CO.ID – Captain Marvel merupakan karakter Marvel Cinematic Universe paling kuat saat ini, dan menjadi anggota Avengers terkuat. Sejak pertama kali diperkenalkan, Kevin Feige selalu menuturkan bahwa Carol Danvers akan menjadi pemimpin bagi masa depan MCU dengan seluruh kekuatannya. Carol Danvers sendiri pertama kali muncul di akhir film Avengers: Infinity War (dalam simbol) sebelum akhirnya muncul di film solonya dan kembali hadir di film Endgame.

Suka atau tidak dan disadari atau tidak, sosok Carol Danvers memberikan dampak yang besar terhadap cerita di MCU. Contoh kecilnya adalah jika tidak ada Danvers, Tony Stark dan Nebula mungkin sudah tewas di luar angkasa. Sebuah pertanyaan besar yang menggelitik kemudian muncul, bagaimana bila Carol Danvers muncul lebih awal lagi, seperti di film Avengers: Age of Ultron?

Ternyata rencana ini pernah muncul dalam benak sosok Joss Whedon, sebelum akhirnya dibatalkan. Whedon mengatakan bahwa dia tidak berencana untuk menghadirkan sosok Carol Danvers sebagai karakter penting dalam filmnya, melainkan hanya memperkenalkan di akhir filmnya. Rencana memperkenalkan Carol Danvers kemudian digantikan oleh Wanda Maximoff alias Scarlet Witch.

Apakah Brie Larson Akan Tetap Berperan Sebagai Carol Danvers?

Bila memang Captain Marvel akan dimunculkan di film Age of Ultron, pertanyaannya kemudian apakah Marvel akan memilih Brie Larson untuk berperan sebagai Carol Danvers? Pada tahun 2014 dan 2015, Brie Larson bisa dibilang sangat sibuk dengan berbagai jadwal pengambilan gambarnya salah satunya adalah film Room.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya tidak mungkin bagi Brie untuk bisa muncul (meskipun sebentar) dalam film besutan Marvel Studios, Avengers: Age of Ultron. Artinya, Marvel harus mencari sosok aktris lainnya untuk berperan sebagai Carol Danvers. Marvel sendiri tidak pernah memiliki kriteria khusus untuk peran Captain Marvel, namun pada 2015 silam sempat muncul beberapa nama untuk berperan sebagai Carol Danvers diantaranya adalah Jennifer Lawrence, Charlize Theron, dan Jessica Chastain.

 Nama-nama tersebut memiliki peluang besar, karena mereka sudah bertemu dengan pihak Marvel ketika proyek Age ol Ultron sedang dalam masa pengembangan. Jika karakter ini jatuh ke tangan Lawrence atau Chastain, dampak kepada seluruh film Marvel tentunya akan sangat besar. Seperti yang kita ketahui, Marvel Studios selalu “posesif” terhadap para castnya. Mereka selalu mengajukan kontrak eksklusif agar tidak berperan di film superhero lainnya.

Jika Jennifer Lawrence terpilih, artinya dia harus keluar dari franchise X-Men sejak pertama kali dia diperkenalkan pada film X-Men: Days of Future Past pada 2014 silam. Jika Jessica Chastain dipilih, mungkin perannya di film Dark Phoenix tidak akan dia ambil.

Akan Di Pihak Mana Carol Danvers Saat Civil War Berlangsung?

Dengan asumsi bahwa Carol Danvers sudah diperkenalkan sejak Age of Ultron, kemungkinan berbagai rencana Phase 3 akan sedikit berubah. Para penonton akan merasakan bagaimana luar biasanya sosok Carol Danvers di film Captain America: Civil War, ketika dia diperkenalkan sebagai karakter baru di film tersebut. Christopher Markus dan Stephen McFeely pasti akan tertantang untuk membuat sebuah cerita yang harus menghadirkan sosok Carol menjadi salah satu karakter utama dalam filmnya.

Bisa jadi, Carol akan menggantikan sosok Scarlet Witch untuk memicu dibuatnya kesepakatan Sokovia, mengingat Carol pun memiliki sifat yang buruk di komiknya. Dia merupakan seorang peminum berat, dan ketika dia berada di bawah pengaruh alkohol dia bisa menimbulkan kekacauan besar. Tapi, kemudian pertanyaannya adalah apakah Carol akan bergabung dengan tim Tony Stark atau Steve Rogers?

Dalam cerita komik dari judul yang sama, Carol Danvers memilih sisi yang sama dengan Tony Stark, bahkan Carol menjadi orang kepercayaan Tony dan sempat menjadi kekasihnya. Dengan latar belakang militer, Captain Marvel kemudian memimpin sebuah tim besar untuk menangkap para superhero yang tidak terdaftar di pemerintah. Carol juga bisa memiliki peran yang sama, membantu Tony menangkap Captain America.

Jika memang seperti itu, Marvel kemudian harus merubah sedikit ceritanya dimana Vision harus berada di tim Captain America agar semuanya terlihat seimbang. Bagaimana dengan kekuatan dari Carol Danvers? Tentunya hal ini juga bisa diperdebatakan. Di satu sisi, berdasarkan komiknya komiknya pada tahun 1980an Captain Marvel memang memiliki kekuatan yang dahsyat seperti yang diperlihatkan di MCU.

Namun, di sisi lain mungkin kita akan melihat bagaimana Marvel melakukan nerf atau mengurangi sedikit kemampuannya agar sosok Carol Danvers bisa dikalahkan. Bila tidak, tentunya ceritanya akan mudah untuk ditebak dan bisa dipastikan penonton akan bertanya-tanya dan mungkin akan kecewa.

Phase 3 Akan Berbeda

Perubahan besar juga akan terjadi dalam cerita Avengers: Infinity War. Di film tersebut kita melihat bagaimana beberapa Avengers harus berada dalam situasi yang tidak menguntungkan – Vision terluka parah, Hulk yang tidak mau keluar dari dalam tubuh Bruce, dan Iron Man juga Doctor Strange yang pergi ke Titan untuk menghajar Thanos.

Jika Captain Marvel muncul di film ini, dia kemungkinan akan juga pergi ke planet Titan dan bergabung dengan tim Tony Stark. Marvel bisa saja tetap menghadirkan sosok Wanda Maximoff, karena mereka sedari awal memang bertujuan untuk menghadirkan kisah cinta antara Vision dan Wanda. Namun, dalam cerita yang “ditulis ulang” ini Scarlet Witch dan Vision kemungkinan bersembunyi di sebuah tempat sejak film Civil War, karena keduanya merupakan buronan.

Cerita Vision dan Wanda perlu sedikit dirubah; perubahannya hanya pada segi perkembangan karakternya saja. Meskipun Carol sudah muncul di film Infinity War, Marvel bisa tetap menghadirkan film solo Captain Marvel sebagai bagian untuk menceritakan tentang origin storynya. Tapi, tentu “rasanya” akan berbeda karena Carol Danvers merupakan karakter yang sudah muncul. Sehingga, impak karakternya akan sedikit kurang.

Kehadiran Carol kemudian akan sangat berpengaruh di film Endgame. Dalam cerita MCU yang sebenarnya, Markus dan McFeely masih belum mengetahui akan diapakan karakter Captain Marvel karena skrip film Captain Marvel sendiri belum selesai ketika film Endgame diproduksi. Mungkin, bisa jadi Carol akan menggantikan sosok Pepper Potts, sebagai istri dari Tony Stark (seperti yang diungkapkan sebelumnya bila Tony dan Carol adalah pasangan kekasih).

Intinya adalah kehadiran Carol Danvers mungkin akan memberikan perubahan besar terhadap narasi di MCU, bila kemunculannya sedikit lebih cepat daripada yang kita ketahui saat ini. Hubungan dengan seorang pria, dan peranya sebagai pahlawan super, akan menajdi sebuah kisah menarik yang ditampilkan di MCU. Bagaimana menurut kalian Geeks?