Susanoo merupakan salah satu kekuatan terkuat bagi para klan Uchiha yang sudah berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan di kedua matanya. Dikenal sebagai pertahanan terkuat dalam cerita Naruto, Susanoo berbentuk humanoid raksasa yang berasal dari chakra penggunanya dan mampu bergerak sesuai perintah atau keinginan dari sang penggunanya.

Susanoo sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Itachi Uchiha sebagai salah satu jurus andalannya saat bertarung melawan Sasuke. Dan seiring berjalannya waktu, kita kemudian melihat bahwa tidak hanya Itachi yang ternyata mampu menggunakan atau memiliki kekuatan ini. Lalu, siapa saja pengguna Susanoo terkuat?

Shishui Uchiha

Shishui merupakan salah satu penerus klan Uchiha yang sangat populer, dan dia juga merupakan seorang jonin Konoga dengan talenta dan skill yang luar biasa. Pada suatu saat ketika perang besar Ninja ketiga, Shishui menyaksikan seseorang yang dekat dengannya tewas, yang mana hal tersebut justru membangkitkan Mangekyoy Sharingan di dalam dirinya.

Karena Shishui memiliki Mangekyou Sharingan di kedua matanya, dia juga memiliki kemampuan untuk menggunakan Susanoo. Dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution, diungkapkan origin story dari seorang Shishui, dimana dia mampu menggunakan Susanoo. Meskipun Susanoo versinya bukanlah versi yang sempurna, karena kemungkinan salah satu matanya dicuri oleh Danzo, Shishui dan Susanoo miliknya tetap mampu menghadapi pasukan shinobi musuh.

Itachi Uchiha

Dikenal sebagai pembunuh klannya, Itachi Uchiha merupakan anak tertua dari Fugaku Uchiha, yang menghancurkan seluruh klan Uchiha dengan membantai seluruh anggotanya hanya dalam satu malam. Itachi juga merupakan karakter yang dikenal akan kemampuan Mangekyou Sharingan miliknya, yang dibangkitkan setelah dia melihat Shishui Uchiha bunuh diri di hadapannya.

Dengan Itachi yang mampu menggunakan Mangekyou Sharingan artinya dia juga memiliki kemampuan untuk mengakses Susanoo. Selain itu, Mangekyou Sharingan miliknya membuat Itach mampu menggunakan teknik genjutsu Tsukoyoumi dan juga Amaterasu. Susanoo sendiri diperkenalkan ketika dia bertarung melawan Sasuke. Meskipun Susanoo miliknya tidak dalam bentuk penuh, tapi Susanoo miliknya memiliki dua senjata yang membuatnya sukar untuk dikalahkan.

Madara Uchiha

Madara Uchiha merupakan salah satu anggota klan Uchiha terkuat sepanjang sejarah, dan Madara merupakan orang pertama yang diperlihatkan memiliki akses kepada bentuk penuh dari Susanoo. Ketika masih anak-anak, Madara sudah berhasi membangkitkan Sharingan miliknya. Dia juga kemudian membunuh teman terbaiknya untuk mendapatkan Mangekyou Sharingan.

Setelah kematian adiknya, dia kemudian mengambil matanya dan menggunakannya untuk mengeakses Eternal Mangekyou Sharingan. Dengan kekuatan ini, Madara mampu bertarung melawan Hashirama Senju selama 3 hari. Bentuk penuh dari Susanoo benar-benar sangat dahsyat, bahkan ukurannya lebih besar dari gunung.

Indra Otsutsuki

Anak tertua dari Hagoromo Otsutsuki, Indra dianggap seorang yang jenius sejak dia masih kecil. Kemampuan bertarungnya benar-benar sangat kuat, bahkan tidak ada yang bisa bertahan melawannya dalam sebuah pertarungan. Karena mewarisi chakra kuat dari sang ayah, Indra memiliki Kekkei Genkai Sharingan yang mana, seiring waktu, terus berkembang menjadi Mangekyou Sharingan.

Indra juga merupakan salah satu karakter yang mampu mengakses kekuatan dari Susanoo. Juga, seperti yang sudah diduga, dia mampu mengakses Susanoo dalam bentuk penuh meskipun Indra tidak memiliki Eternal Mangekyou Sharingan. Dalam hal kekuatan, Susanoo miliknya masih jauh lebih kuat daripada Ashura Otsutsuki dalam sebuah pertarungan, dan bahkan berhasil mengalahkannya dalam beberapa hal.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2