Pada tahun 1972, Marvel mulai memperkenalkan sosok Johnny Blaze, seorang antihero yang dikenal sebagai Ghost Rider setelah dia menjual jiwanya kepada iblis. Karakter tersebut merupakan sesuatu yang baru dan menarik untuk diangkat dalam sebuah konsep superhero klasik dan para pembaca pun senang dengan Ghost Rider. Tapi, sebenarnya tidak hanya Johnny Blaze, ada juga beberapa karakter lainnya yang pernah menjadi Ghost Rider. Siapa saja?

Michael Badilino

Pada tahun 1992, penulis komik Ghost rider Howard Mackie dan Ron Wagner, memperkenalkan seorang karakter baru ke dalam ceritanya yaitu Michael Badilino. Saat dia masih kecil, Badilino harus menghadapi sebuah tragedi yang sangat menyedihkan. Ayah Badilino, Badilino Sr. diserang oleh Ghost Rider versi Johnny Blaze (yang saat itu belum bisa mengendalikan iblis Ghost rider). Badilino Sr. berubah menjadi gila setelah serangan tersebut dan membunuh istri dan anak perempuannya, meninggalkan Michael sendirian.

Setelah tragedi itu, Michael kemudian tumbuh dengan rasa dendam yang ada di dalam dirinya kepada sosok Ghost Rider setelah apa yang dia lakukan terhadap keluarganya. Saat dewasa, dia kemudian membuat kesepakatan dengan Mephisto untuk menjadikannya sosok yang mirip seperti Ghost rider, yang disebut Vengeance. Saat akan Michael memiliki misi untuk balas dendam, dia menyadari bahwa ada hubungan darah antara dia dengan sosok Johnny Blaze. Michael kemudian mulai melupakan misinya untuk balas dendam, dan justru berubah menjadi sosok pahlawan dengan kekuatan yang dia miliki tersebut.

Sayangnya, petualangannya menjadi seorang pahlawan tidak berlangsung lama. Michael diculik oleh Anton Hellgate, seorang villain yang sangat terobsesi dengan kekuatan Ghost Rider. Michael sendiri memang dibebaskan, namun mentalnya justru berubah menjadi tidak stabil. Dia kemudian mulai membunuh seluruh rekan kerjanya, sampai akhirnya dia menyadari apa yang dia lakukan dan memutuskan untuk bunuh diri.

Deputy Kowalski

Pada tahun 2008, karakter bernama Deputy Kowalski mulai diperkenalkan di Ghost Rider universe. Awalnya Kowalski adalah manusia biasa. Saat sedang menginvestigasi sebuah tempat bernama Highway 18 (sebuah jalan yang terkenal akan kecelakan lalu lintasnya), investigasi yang dilakukannya kemudian mengarahkannya kepada sebuah rumah duka milik Wojciehowicz. Setelah sampai disana, Kowalski kemudian mengetahui jika pemilik dari rumah duka Wojciehowicz, yaitu Clayton Wojciehowicz, merupakan kanibal.

Dalam pertarungannya dengan Wojciehowicz, Kowalski harus kehilangan tangan kanannya. Kowalksi memang berhasil melarikan diri dan bertahan hidup, namun saat Ghost Rider datang untuk membunuh Wojciehowicz, Kowalski menolak hal itu dan karena itu ia harus bertarung melawan Ghost Rider.

Kowalski kalah dalam pertarungan tersebut dan kebencian terhadap sosok Ghost Rider pun tumbuh di dalam dirinya. Beberapa waktu setelah pertemuannya dengan Ghost Rider, Kowalski didekati oleh pelayan iblis dan memberikannya sebuah senjata shotgun spesial yang bisa membunuh Ghost Rider. Dengan senjata tersebut Kowalski pun mulai memburu Johnny Blaze dan dia berhasil menembaknya di dada. Akibat hal tersebut, Kowalski terkena “cipratan” energi dari Ghost Rider yang mengubahnya menjadi sosok villain, yaitu Vengeance.

Ghost Rider 2099

Di tahun 90an, para pembaca komik Ghost Rider disuguhkan dengan karakter Ghost rider versi masa depan melalui seri komik 2099. Berbeda dengan versi jadulnya dimana Ghost Rider memiliki kekuatan dari iblis, Ghost Rider versi modern tidak memiliki kekuatan tersebut.

Ceritanya sendiri berpusat pada seorang karakter bernama Kenshiro Cochrane, seorang anak muda dan merupakan ahli di bidang peretasan komputer (hacking). Dibantu oleh temannya, Kenshiro pergi dalam sebuah misi untuk mencuri sebuah potongan informasi. Sayangnya, di perjalanan mereka diserang oleh kelompok geng kejam dan membunuh teman-teman Kenshiro. Dia sendiri mampu melarikan diri, namun pada akhirnya Kenshiro juga berhasil dibunuh.

Karena hal tersebut, Kenshiro kemudian dipindahkan ke sebuah dunia virtual yang sangat aneh dimana dia disapa oleh makhluk-makhluk berbentuk digital. Para makhluk digital tersebut meyakinkan Kenshiro untuk kembali ke dunia nyata sampai akhirnya Kenshiro pun setuju. Dia kemudian mengunggah dirinya kepada sebuah tubuh robot yang membuatnya  berubah menjadi sosok Ghost Rider dari masa depan dengan tubuh barunya tersebut.

Spirits of Vengeance

Ghost Rider sering kali muncul di bumi. Bumi memang selalu menjadi tempat  utama bagi karakter Ghost Rider. Namun, sosok Ghost Rider ini berbeda lantaran ia muncul dari luar angkasa. Bahkan, dia juga pernah menjadi bagian dari Guardians of the Galaxy selama beberapa waktu. Hal ini terjadi saat Jim Valentino, memutuskan untuk memasukan unsur fun ke dalam cerita GOTG dengan mengeksplor lebih jauh tentang tim tersebut.

Jim pun memilih Ghost Rider untuk bergabung dengan tim GOTG. Karena berasal dari masa depan, karakter dibalik Ghost Rider pun berbeda. Bukan Johnny Blaze, melainkan Wileaydus Autolycus, seorang mantan pendeta yang dikecewakan oleh gerejanya sendiri. Karena putus asa ingin merubah dunia menjadi lebih baik, dia pun kemudian menggunakan kekuatan dari Ghost Rider dan menggunakan nama “Spirits of Vengeance.”

Beberapa waktu setelah dirinya memiliki kekuatan Ghost Rider, Autolycus kemudian bertemu dengan tim GOTG. Pada awalnya, dia menganggap mereka adalah musuh. Namun, setelah mengetahui faktanya Autolycus justru bergabung dengan tim GOTG. Sayangnya, “sinar” dari Spirits of Vengeance tidak terlalu terlihat di bawah bayang-bayang tim GOTG

Phil Coulson

Buat Geeks yang menjadi penonton setia TV Series Agents of S.H.I.E.L.D., pasti tahu jika salah satu agen S.H.I.E.L.D. yaitu Phil Coulson pernah menjadi Ghost Rider di TV series tersebut. Di musim keempat serinya, kita diperkenalkan dengan sosok Ghost Rider versi Robbie Reyes, dimana di akhir musim keempat ini, Coulson dan seluruh tim S.H.I.E.L.D. mulai kehabisan cara untuk menghadapi villain bernama Aida.

Dengan mengorbankan jiwanya, tanpa diketahui oleh seluruh tim S.H.I.E.L.D. lainnya, Coulson pun membuat perjanjian dengan Ghost Rider. Akhirnya, dengan bantuan sang Ghost Rider, Aida berhasil dikalahkan dengan mudah. Setelah kejadian tersebut, sepertinya semuanya tampak kembali seperti semula di organisasi S.H.I.E.L.D.. Sayangnya, perjanjian tersebut membuat Coulson harus menghadapi kekuatan dari iblis tersebut.

Sang Ghost Rider justru membakar alat yang bisa membangkitkan kembali Coulson. Seperti yang diketahui, bahwa Coulson kemudian dinyatakan tewas di musim berikutnya. Meskipun hanya sebentar, kita bisa melihat bagaimana menariknya jika Coulson berubah menjadi Ghost Rider di seri tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2