Alejandra Jones

Event Fear Itself yang dirilis pada 2011 lalu, menjadi sebuah titik balik bagi beberapa karakter Marvel, dan Ghost Rider adalah salah satunya. Dalam cerita tersebut, Johnny Blaze ditipu oleh seseorang bernama Adam untuk menyerahkan kekuatan Ghost Rider miliknya. Karena dia benar-benar ingin kembali hidup normal, akhirnya Blaze pun menyerahkan kekuatan tersebut kepada Adam.

Kekuatan Spirits of Vengeance kemudian diberikan kepada sosok perempuan muda bernama Alejandra Jones. Sejak kecil, Jones memang sudah berlatih dan dipersiapkan untuk menjadi Ghost Rider berikutnya. Berkat latihannya tersebut, Jones bisa dibilang merupakan sosok Ghost Rider paling kuat dibandingkan yang lainnya. Menyadari “kesalahan” yang sudah dibuatnya, Blaze kemudian mencoba merebut kembali kekuatan Ghost rider, yang membuat setengah kekuatan Ghost Rider yang ada di dalam diri Jones pindah ke tangan Blaze.

Hal itu membuat Jones dendam kepada Blaze. Ghost Rider versi Alejandra Jones ini merupakan Ghost rider yang sangat mengedepankan sisi psikologis dari diri sang Ghost Rider. Dia bukan sosok villain, namun juga bukan seorang pahlawan. Sangat sulit untuk memutuskan kemana dia berpihak. Sayangnya, karakter Jones ini sudah mulai jarang tampil di cerita komik.

Robbie Reyes

Sebagai bentuk “penyegaran” terhadap berbagai cerita yang ada di komiknya, Marvel memberikan sentuhan baru kepada beberapa karakter ikonik yang mereka miliki. Dalam era baru tersebut, Felipe Smith dan Tradd Moore diberi tugas oleh Marvel untuk memberikan sesuatu yang baru terhadap cerita Ghost Rider. Cerita terbaru ini berfokus kepada karakter bernama Robbie Reyes, seorang remaja laki-laki yang harus bertanggung jawab menjaga adik kecilnya, Gabe.

Tidak punya cukup uang untuk membiayai Gabe, akhirnya Reyes mencoba balapan ilegal untuk memenuhi kebutuhannya. Suatu malam, Reyes dibunuh oleh sekelompok geng yang mencoba untuk mencuri sesuatu dari mobilnya. Saat Reyes sudah tewas, sosok jiwa dari seorang kriminal sadis bernama Eli Morrow kemudian mengambil alih tubuh Reyes dan membuatnya kembali hidup. Hal itu juga membuat Reyes menjadi Ghost Rider baru.

Dengan menggunakan kekuatan Eli, Reyes bersumpah untuk melindungi kota tersebut dari berbagai kejahatan dan membuat kota tersebut aman agar adiknya, Gabe, tidak mengalami kejadian yang buruk. Dalam perjalanan ceritanya, Reyes selalu berusaha sekuat tenaga agar dia tetap bisa mengendalikan tubuhnya dari Eli. Hal yang menarik dari Ghost Rider versi Reyes adalah hubungannya dengan adiknya. Meskipun setiap malam Reyes harus “membalas dendam” kepada mereka yang bersalah, dia tetap menjadi sosok kakak yang dikagumi oleh adik kecilnya.

Danny Ketch

20 tahun setelah pertama kali Johnny Blaze menjadi Ghost Rider, marvel kemudian memperkenalkan versi baru dari Ghost Rider yaitu dalam sosok Danny Ketch. Karakter ini diciptakan oleh Howard Mackie dan Javier Saltares. Ketch sendiri pertama kali muncul dalam komik Ghost Rider Vol. 3 #1.

Dalam ceritanya, Ketch dan adiknya, Barbara, pergi ke sebuah pemakaman untuk melihat makam dari Harry Houdini. Ketika sampai disana, mereka terjebak dalam sebuah keributan antar geng. Barbara sendiri terluka akibat serangan anak panah yang mengenai tubuhnya. Akhirnya Danny menyembunyikan adiknya dari bahaya, selagi Danny menunggu perang tersebut usai.

Danny kemudian melihat sepeda motor yang sedang terparkir, dan dia benar-benar menyukai motor tersebut. ketika Danny tidak sengaja menyentuh gas dari motor tersebut, ternyata benda tersebut adalah sebuah benda mistis. Batu atau amulet tersebut bangkit dan merubah Danny menjadi seorang Ghost Rider. Danny Ketch membuktikan dirinya bahwa dia pantas menjadi penerus dari Johnny Blaze sebagai Ghost Rider.

Frank Castle

Mungkin Geeks akan berpikir bahwa ketika Frank Castle menjadi seorang Ghost Rider, dia akan menjadi superhero mashups yang paling mengerikan yang pernah ada. Nyatanya tidak seperti itu. Marvel memperkenalkan seorang Ghost Rider baru di Marvel Universe. berbeda dengan sosok Ghost Rider sebelumnya, versi terbaru ini suka untuk bersenang-senang, mengutarakan lelucon, dan sebagainya.

Pada awalnya, identitas asli dibalik sosok Ghost Rider Baru ini sempat dirahasiakan. Namun, akhirnya diketahui jika sosok dibalik tengkorak tersebut adalah Frank Castle. Dalam ceritanya, Frank Castle sudah tewas saat Thanos menginvasi bumi berabad-abad yang lalu. Karena apa yang dia lakukan di dunia, akhirnya Punisher tersebut dikirim ke neraka.

Frank kemudian membuat kesepakatan dengan Mephisto untuk mengembalikannya ke bumi sebagai seorang Ghost Rider, sehingga dia bisa balas dendam kepada Thanos. Ketika dia kembali ke bumi, Frank menyadari bahwa ketika dia sudah tewas, Thanos sudah berhasil menghancurkan bumi dan pergi ke planet lainnya. Ghost Rider ini pergi ke seluruh alam raya ini sendirian selama bertahun-tahun, sampai akhirnya pikirannya sedikit gila.

Ghost Rider kemudian berubah menjadi seperti Deadpool. Karena Ghost Rider kalah di tangan Thanos, akhirnya Frank Castle Ghost Rider memutuskan untuk menjadi salah satu anak buah dari Thanos.

Goose Rider

Mungkin sukar dipercaya jika Marvel memiliki sebuah universe yang isinya adalah binatang-binatang dari film kartun. Hal ini terjadi di Earth-8311 dan salah satu karakter yang hidup di universe tersebut adalah Goose Rider. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik Marvel Tails Starring Peter Poerker and the Spectacular Spider-Ham #1. Sesuai dengan namanya, Ghost Rider versi binatang ini merupakan bebek yang sangat kejam dengan penampilan yang menyeramkan.

Ghost Rider versi binatang ini juga memiliki perbedaan yang sangat jauh dari Ghost Rider pada umumnya. Jika biasanya Ghost Rider memiliki beban untuk menghukum mereka yang bersalah, tugas utama dari Goose Rider adalah mencari hiburan yang tepat untuk dirinya sendiri. Unsur komedi jelas kental dalam versi ini, contohnya adalah dimana anak-anak mencoba untuk mengejeknya dengan membakar marshmallows dengan menggunakan api di motornya.

Johnny Blaze

Johnny Blaze merupakan Ghost Rider yang paling populer dan paling sering muncul di berbagai cerita Marvel. Bahkan, Johnny sudah tampil di dua film layar lebar. Johnny sendiri pertama kali muncul pada 1972 dan menjadi sebuah gebrakan baru dalam berbagai karakter klasik buku komik. Blaze sendiri mendapatkan sambutan yang baik berkat penampilannya.

Berbeda dengan superhero lainnya, Johnny tidak memiliki cerita origin yang baik. Jiwanya sudah dikutuk oleh iblis untuk terus berkeliling dunia, mencari orang-orang yang bersalah untuk dihukum. Salah satu faktor yang menarik tentang Blaze sebagai sebuah karakter adalah, pada dasarnya Johnny Blaze merupakan sosok pahlawan. Dia hanyalah individu yang bertarung melawan kemustahilan demi menghadirkan sebuah keadilan.

Hal lainnya yang menarik adalah Johnny Blaze selalu berusaha untuk menghilangkan kutukan yang ada di dalam jiwanya tersebut, dan dia ingin hidup normal seperti yang lain. Selain sebagai cameo di Agents of S.H.I.E.L.D., Blaze belum pernah lagi muncul di MCU. Apakah Feige memiliki rencana untuk Ghist Rider? Kita nantikan saja ya Geeks!

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.