Captain Marvel sepertinya memiliki masa depan yang cerah meskipun baru diperkenalkan pada awal tahun ini, dan baru muncul di dua film MCU. Captain Marvel memang belum diketahui akan muncul di phase 4 mendatang, namun superhero dengan kekuatan kosmik tersebut dipastikan akan memiliki sebuah peran penting di masa depan dan akan menjadi wajah MCU kedepannya. Berikut adalah beberapa rencana MCU untuk karakter Carol Danvers.

Ms. Marvel

Pada cara D23 Expo kemarin, Marvel Studios akhirnya mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengahadirkan tiga buah TV series untuk Disney Plus selain sederet film-film layar lebar. Diantaranya adalah She-Hulk, Moon Knight, dan Ms. Marvel. Ms. Marvel sendiri bercerita tentang sosok gadis remaja Amerika-Pakistan bernama Kamala Khan yang menjadi seorang superhero.

Menariknya, Kamala merupakan pahlawan remaja muslim pertama yang memiliki komiknya sendiri. Kamala sendiri merupakan seorang Inhuman yang memiliki kemampuan mirip seperti Mr. Fantastic. Kamala merupakan seorang penggemar berat dari Carol Danvers, dan nama Ms. Marvel sendiri merupakan nama yang digunakan untuk menghormati idolanya tersebut.

Masih belum diketahui apakah Marvel akan menghadirkan detail tentang hubungan Kamala dengan Carol dalam seriesnya. Namun, kemungkinan besar memang cerita di series tersebut akan sesuai dengan cerita komiknya yang mana Carol akan bertemu dengan Kamala. Selain itu, pernyataan Kevin Feige yang menuturkan bahwa karakter yang ada di Disney Plus bisa juga muncul di layar lebar, semakin membuka peluang Kamala Khan untuk muncul di film Captain Marvel 2.

Jika memang Carol tidak akan muncul di Ms. Marvel, setidaknya Kamala bisa diceritakan tinggal atau hidup di timeline yang sama dengan Carol Danvers. Seperti yang terjadi di series The Falcon and The Winter Soldier yang berkaitan dengan trilogi film Captain America.

Captain Marvel 2

Kesuksesan Marvel Studios untuk merilis film solo Captain Marvel membuat mereka tidak ragu untuk memberikan lampu hijau bagi sekuelnya. Kabar ini kemudian diumumkan oleh Marvel pada saat acara San Diego Comic Con pada Agustus kemarin. Karena dikabarkan masih dalam pengembangan, filmnya diperkirakan belum akan muncul di Phase 4.

Besar kemungkinan filmnya baru akan dirilis pada Phase 5 bersama dengan Black Panther 2 dan Blade. Belum ada tanggal pasti kapan filmnya dirilis dan belum diketahui siapa cast filmnya, selain Brie Larson. Brie sendiri tidak yakin kapan proses produksi filmnya akan dimulai. Namun, diprediksikan filmnya akan dirilis pada 2022 mendatang.

Lalu, bagaimana cerita yang akan diadaptasi oleh filmnya? Di film pertamanya sendiri setting waktu yang diambil adalah pada tahun 1990an. Ada kemungkinan setting waktunya akan mengisi kekosongan timeline antara film Captain Marvel dan Avengers: Endgame. Dengan jeda waktu 30 tahun, Carol bisa saja kembali berkumpul dengan Nick Fury dan juga versi dewasa dari Monica Rambeau, yang kabarnya akan muncul di series WandaVision.

Captain Marvel 2 juga bisa saja mengambil setting waktu yang diperlihatkan oleh Spider-Man: Far From Home, dimana Skrull “mengambil alih” bumi. Jika memang demikian, akan lebih menarik jika Captain Marvel 2 mengadaptasi cerita populer Secret Invasion meskipun sebagian besar karakter, seperti Black Widow, Captain America, dan Iron man, sudah tidak ada lagi.

Avengers 5

Sampai saat ini para fans masih belum mengetahui rencana Marvel untuk kembali menghadirkan para pahlawan terbaik bumi dalam sebuah kelompok besar. Tapi, mengingat kesuksesan empat film Avengers sebelumnya, bukan tidak mungkin Marvel Studios masih akan terus melanjutkan kisah para Avengers dengan berbagai karakter superhero yang baru seperti Black Panther, Spider-Man, Captain Marvel, dan masih banyak lainnya.

Selain para karakter baru, karakter lama seperti Thor dan Hulk juga masih bisa bergabung dengan tim Avengers tersebut. Namun, mengingat Kevin Feige pernah menyatakan bahwa Carol merupakan karakter yang penting di masa depan MCU, bisa jadi Carol adalah pengganti Steve dalam memimpin Avengers. Film Avengers 5 sendiri tidak masuk dalam Phase 4, kabar yang mengejutkan banyak fans.

Spekulasi pun muncul jika Avengers 5 baru akan diproduksi di Phase 5 mendatang setelah Shang-Chi dan beberapa karakter baru lainnya muncul. Para fans juga berspekulasi tentang siapa villain yang akan menggantikan Thanos untuk dihadapi oleh para Avengers. Beberapa nama seperti Galactus, Norman Osborne, atau Kang the Conqueror menjadi kandidat yang kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.