Film animasi terkadang tidak kalah menarik dalam hal cerita yang mana membuat beberapa film mendapatkan rating yang sempurna. Industri film menjadi salah satu yang paling beragam. Selain film-film box office dan blockbuster, film animasi perlahan juga mulai mendapatkan posisi yang setara dengan berbagai film tersebut. Dan hal ini terbukti bagaimana dalam sejarahnya ada film animasi yang memiliki rating sempurna. Apa saja?

6Only Yesterday

Film animasi dengan rating sempurna yang pertama adalah Only Yesterday. Ini sebenarnya merupakan film animasi garapan studio animasi populer Ghibli. Sayangnya, film animasi yang rilis pada 1991 ini harus kalah pamor dari film animasi produksi Studio Ghibli lainnya. Meskipun kurang populer daripada film animasi yang lain, film animasi ini tetap berhasil mendapatkan perhatian dari para fans.

Ini juga yang kemudian jadi alasan mengapa film Only Yesterday mendapatkan nilaii yang sempurna dalam situs rating film Rotteng Tomatoes. Seperti halnya film animasi produksi Ghibli, film animasi ini juga menghadirkan tema dan premis sederhana, namun dengan dramatisasi cerita yang menarik. Only Yesterday mengisahkan tentang seorang wanita karir yang bekerja di Tokyo bernama Taeko Okajima.

Okajima yang berusia 27 tahun ternyata belum menikah, kemudian memutuskan untuk pulang ke kampung halaman kakak iparnya. Okajima pulang ke desa Yamagata dan membantu keluarga kakak iparnya untuk memanen tanaman. Film animasi ini mengajak para penonton untuk mengenang kembali masa kecil mereka. Dan kita juga perlu merefleksikan diri atas apa yang terjadi.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.