Mengapa Moon Knight Cocok Berada di MCU

Ada beberapa alasan mengapa Marc Spector alias Moon Knight dirasa pas untuk berada di MCU. Pertama adalah “penyegaran” karakter. Sampai sejauh ini, tidak ada karakter yang mirip seperti Marc Spector. Dia memiliki kaitan dengan mitologi dewa-dewa Mesir, berbeda dengan sosok Tony Stark, Peter Quill, ataupun Doctor Strange. Bisa diibaratkan Moon Knight adalah perpaduan Thor, Deadpool, dan Batman.

Kedua adalah dia bisa memperkenalkan para fans MCU dengan organisasi kejahatan baru lainnya. Ada dua organisasi kejahatan yang sudah muncul di MCU sejauh ini, yaitu Hydra dan the Ten Rings. Hydra sendiri mungkin sudah hancur saat ini dan the Ten Rings sendiri kemungkinan masih terus ada selama the Mandarin masih hidup.

Moon Knight juga memiliki sebuah organisasi kriminal yang selalu dia lawan, yang disebut sebagai the Commitee. Dengan memperkenalkan organisasi kejahatan baru, MCU memiliki banyak pilihan untuk menampilkan sosok villain di filmnya. Bukan tidak mungkin jika the Ten Rings akan bekerja sama dengan the Ten Rings untuk menghancurkan dunia.

Ketiga adalah dia pernah bekerja sama dengan karakter Marvel lainnya. Dalam cerita komik, Moon Knight pernah beberapa kali terlibat pertarungan dengan para karakter Marvel. Meskipun begitu, dia juga pernah menjadi sekutu bagi Hawkeye dan Doctor Strange. Marc bahkan pernah membantu Spider-Man mengalahkan Cyclone.

Ditambah, dia juga memiliki hubungan dengan X-Men dan Fantastic Four, dua kelompok superhero yang sudah dikonfirmasi oleh Kevin Feige akan muncul di Marvel Cinematic Universe. Keempat dan terakhir adalah Moon Knight bisa memberikan warna baru bagi MCU. Kevin Feige sudah pernah mengatakan jika MCU tidak akan pernah membuat film yang bertema gelap, seperti DCEU.

Namun, hal itu bisa saja berubah dengan kemunculan Moon Knight di MCU meskipun tentu saja sisi gelapnya sendiri tidak perlu berlebihan. Marvel sendiri sebenarnya mencoba sesuatu hal yang baru pasca Avengers: Endgame, dengan membuat film horror pertama di film Doctor Strange 2 dan Eternals yang mengangkat tema jutaan tahun yang lalu sebelum universe Marvel muncul. Jadi, sedikit warna “gelap” tidak akan menjadi masalah bagi MCU.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.