Sudah sejak lama para fans Marvel Comics ingin melihat Marc Spector alias Moon Knight untuk muncul di Marvel cinematic Universe. Dalam acara D23 kemarin, Kevin Feige mengumumkan jika Moon Knight akan hadir di MCU, meskipun bukan berupa film melainkan sebuah TV series. Tapi, siapa sebenarnya sosok Marc Spector tersebut?

Siapa Marc Spector

Marc Spector lahir di Chicago, Illinois dan merupakan putra dari pasangan Yahudi. Orang tuanya pergi ke Amerika pada 1930an, untuk menghindari Holocaust. Marc sendiri merupakan anak yang sangat sulit untuk diatur, dan dia benci kepada ayahnya yang menolak untuk bertarung bersama para Yahudi lainnya. Marc bahkan menganggap ayahnya sebagai seorang pengecut.

Tidak ingin seperti ayahnya, Marc kemudian berlatih sebagai petinju kelas berat dan akhirnya bergabung dengan pasukan marinin Amerika. Disana dia dilatih dengan keras dan Marc pun masuk dalam satuan khusus. Dengan segala kemampuan dan kelebihan yang dia miliki, Marc kemudian direkrut untuk bekerja di badan rahasia milik Amerika, CIA.

Disana dia bekerja bersama William Cross dan adiknya, Randall Spector. Namun, sayangnya Randall ternyata diam-diam menjual dan menyelundupkan senjata secara ilegal. Randall bahkan membunuh kekasih Marc ketika dia mengetahui kejahatan Randall. Marc kemudian memburu keberadaan Randall, namun dalam pertarungan tersebut dia terbunuh oleh ledakan granat.

Marc pun keluar dari CIA dan menjadi seorang tentara bayaran. Suatu hari dai bekerja untuk seorang teroris bernama Raoul Bushman. Dia pun pergi ke Sudan karena seorang arkeolog yang bekerja untuknya, Dr. Peter Alraune, menemukan makam Firaun. Bushman meyakini jika di dalamnya terdapat emas yang banyak. Akhirnya dia pun membunuh Alraune.

Muak dengan sikap kejam Bushman, Marc kemudian mencoba untuk melakukan hal yang baik dengan menolong anak dari Alraune, Marlene, untuk melarikan diri. Mengetahui penghianatan yang dilakukan oleh Marc, Bushman kemudian menghajar Marc sampai sekarat dan dia meninggalkannya di tengah gurun. Marc pun ditolong oleh warga Mesir yang memuja dewa Khonsu dan dibawa ke wilayah makam.

Ternyata disana ada Marlene dan anak buah ayahnya dan mereka membawa Marc ke dekat patung dari dewa bulan Mesir, Khonsu. Akhirnya Marc pun tewas dan Marlene pun menangis. Namun, tidak berapa lama Marc kembali hidup. Dia mengatakan jika Khonsu memberikannya kesempatan kedua dengan menjadi Knight of Vengeance atau ksatria yang mewakili bulan untuk membalas dendam kepada orang-orang yang bersalah.

Marc kemudian melepaskan jubah panjang yang berasal dari patung Khonsu dan menggunakannya sebelum akhirnya dia bertarung dengan Bushman. Dalam pertarungan kali ini, Marc yang menjadi pemenangnya dan Moon Knight atau ksatria bulan pun muncul.

Kemampuan Moon Knight

Moon Knight memiliki beberapa kepribadian di dalam dirinya. Oleh karena itu, berbagai serangan yang melibatkan telepati atau yang menyerang mental dari Marc Spector tidak akan terlalu berguna untuk melawan Marc. Dia juga diketahui memiliki sebuah kelebihan yaitu mampu menahan tingkat rasa sakit yang sangat tinggi dan mampu mengacuhkan rasa sakit tersebut untuk bisa terus bertarung.

Taskmaster, seorang villain yang mampu untuk menirukan gerakan sesulit apapun, pernah mengatakan jika dirinya tidak ingin menirukan gaya bertarung dari seorang Marc Spector. Pasalnya, dibandingkan dengan menahan sebuah serangan atau pukulan Marc justru lebih sering menerima pukulan tersebut. Hal ini dikarenakan dia memiliki toleransi yang tinggi terhadap rasa sakit.

Sebagai seorang petinju kelas berat dan seorang pasukan khusus, Marc memiliki kemampuan untuk bertarung dalam berbagai jarak, baik dekat ataupun jauh. Dia juga memiliki kemampuan militer, seperti menyusuk strategi dan membuat taktik, penyusupan, dan melakukan teknik penyiksaan demi mendapatkan sebuah informasi.

Marc juga merupakan seorang pilot yang handal, yang mampu menerbangkan berbagai macam jenis pesawat terbang. Berkat karirnya di bidang militer, senjata sudah menjadi makanan sehari-harinya. Senapan laras panjang, pistol, senapan bolt-action dan kemampuan untuk menembak tepat adalah beberapa keahlian lainnya.

Selain senjata api, dia juga ahli dalam berbagai senjata non konvensional seperti pedang, baton, panah, tongkat, rantai, shuriken, pisau tempur, dan masih banyak lainnya. Untuk kemampuan lainnya, dia juga memiliki beberapa kemampuan detektif berkat pengalamannya menginvestigasi para kriminal. Kemampuan ini termasuk mengetahui ciri-ciri psikopat dan bagaimana sistem kerja dan psikologis seorang kriminal.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2