Disney dan Lucasfilm telah menampilkan timeline resmi dari franchise Star Wars, dan akhirnya, masing-masing dari ketiga era trilogi tersebut telah memiliki namanya masing-masing. Ketika sebagian besar dari franchise lain memiliki cerita yang berurutan, Star Wars hadir dengan keunikannya, dimana Star Wars memiliki timeline yang melompat-lompat.

Terlihat bahwa sekarang timeline dari Star Wars sendiri semakin kompleks di era kepemilikan Disney, apalagi saat Lucasfilm merilis film-film spinoff, seperti Rogue One dan film Solo: A Star Wars Story. Jadi sangat wajar apabila sekarang Lucasfilm merilis timeline yang menampilkan semua film dan TV seriesnya, sehingga itu dapat memecahkan kebingungan dari para penontonnya.



 

Lucasfilm memecah timelinenya menjadi tiga era yang berbeda, yaitu the Age of Republic (prekuel), the Age of Rebellion (trilogi original), dan the Age of Resistance (sekuel). Bahkan untuk komik dan novel Star Wars telah mengikuti pendekatan ini selama hampir satu tahun lamanya, dan Lucasfilm merangkul semua timeline tersebut untuk mengatur franchise Star Wars agar lebih terarah.

Timeline yang diperlihatkan sendiri diawali dari Star Wars: Episode 1 dan berakhir pada film Star Wars ke 9 yaitu film Star Wars: The Rise of Skywalker. Memang film Rise of Skywalker sendiri akan jadi penutup dari Saga Skywalker dan setelah itu kabarnya Star Wars akan menceritakan kisah yang baru yang akan mengekspoitasi luasnya luar angkasa sana.