Attack on Titan merupakan seri animasi yang diadaptasi dari manga yang sama karya dari Hajime Isayama. Seri animasi Attack on Titan sudah menjadi perhatian para fans anime di luar Jepang sejak 2013, dengan menjanjikan premis yang penuh intrik, berbagai adegan kekerasan yang penuh darah, membuat mereka menjadi tertarik dengan anime.

Sayangnya penundaan yang cukup lama saat musim kedua membuat momentum dari animenya sedikit menurun, namun sebuah gebrakan cepat yang membuat perhatian kembali muncul terjadi di musim ketiganya. Beberapa waktu yang lalu sempat diumumkan jika mereka akan segera menayangkan musim keempatnya, namun musim keempat akan menjadi musim terakhir bagi cerita tentang Eren, Armin dan Mikasa tersebut. Lalu, apa saja hal yang harus kita ketahui tentang musim keempat?

Kapan Dirilis?

Setelah musim ketiga dari Attack on Titan resmi selesai beberapa waktu yang lalu, musim keempat sudah dikonfirmasi akan mulai ditayangkan pada musim gugur 2020 mendatang. Jeda waktu ini sesuai dengan jeda waktu antara musim kedua dan ketiga. Musim ketiga sendiri dibagi menjadi dua bagian, dan hal yang sama sepertinya akan dilakukan di musim keempat nanti.

Attack on Titan musim keempat sendiri diperkirakan akan memiliki 10-12 episode untuk satu bagian, yang artinya ada sekitar kurang lebih 24 episode yang akan tayang. Dengan jadwal tayang pada musim gugur 2020 mendatang, rasanya wajar jika episode sebanyak itu kemudian dibagi menjadi dua bagian karena proses animasinya sendiri memakan waktu yang cukup lama.

Musim keempat masih akan tayang di jaringan NHK General TV, namun untuk para fans di luar Jepang masih bisa menyaksikannya di situs Crunchyroll. Detailnya sendiri mungkin akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Apa Ceritanya?

Dalam sebuah laporan sebelumnya disebutkan jika Hajime Isayama memang akan menyelesaikan cerita Attack on Titan untuk versi komiknya, mengingat saat ini ceritanya sendiri sudah memasukan babak akhir. Namun, tidak ada informasi pasti berapa lama cerita akhir tersebut akan berjalan, mengingat terkadang cerita atau arcs di manga sering terjadi selama beberapa tahun.

Dengan adanya chapter yang belum diadaptasi dalam bentuk anime, tentunya menjadi sebuah tantangan besar bagi sang sutradara untuk bisa menyelesaikan cerita Attack on Titan dalam satu musim. Bukan tidak mungkin, Attack on Titan musim keempat ini akan mengalami nasib serupa dengan Game of Thrones, yang “terburu-buru” untuk segera menutup ceritanya. Tentunya hasil yang diterima tidak akan memuaskan.

Jika memang animenya masih akan mengikuti alur manga, musim keempat sendiri tidak akan langsung melanjutkan cerita yang ada melainkan akan mengeksplor lebh banyak berbagai karakter lainnya yang berada di luar tembok pembatas di wilayah Marley. Jika mereka memadukan berbagai kejadian yang lama dan baru, musim keempat nanti akan menjadi sebuah pertarungan puncah dan klimaks dari seluruh cerita antara bangsa Eldians yang ada di dalam tembok dan yang sudah mengurung mereka selama 100 tahun.

Di sepanjang cerita nanti, kemungkinan Attack on Titan musim keempat akan lebih banyak mengungkapkan sejarah dan kekuatan dari para Titans. Bahkan Titan-Shifter juga mungkin akan diperkenalkan. Pertanyaannya kemudian adalah seberapa banyak detail cerita dari manga yang akan “dikorbankan” untuk bisa mengakhiri keseluruhan musim seri animenya. Apakah nantinya akan ada sebuah versi “alternatif” dari akhir cerita Attack on Titan, dimana versi anime dan manga memiliki akhir yang berbeda? Bagaimana pendapat kalian tentang ini Geeks?