Sejak kemunculan film Captain Marvel pada Februari kemarin, banyak fans Marvel yang berspekulasi jika peperangan besar antara Kree dan Skrull akan terjadi. Meskipun skala perangnya kecil, tapi peperangan diantara dua ras tersebut memang terjadi. Kemudian ada sebuah plot twist besar yang terjadi di film tersebut yaitu Skrulls bukanlah ras jahat yang selama ini kita kenal.

Dalam film Captain Marvel, Skrulls justru merupakan ras alien baik yang justru diserang oleh Kree. Mereka harus kehilangan rumah akibat serangan Kree. Di akhir film Captain Marvel, kita melihat jika Carol Danvers membantu Talos mencarikan rumah baru bagi bangsa mereka. Tapi, di film Spider-Man: Far From Home kita melihat hal mengejutkan yaitu Talos justru menyamar menjadi Nick Fury.

Hal tersebut kemudian memunculkan sebuah kesimpulan, jika film Far From Home memperkenalkan kita pada salah satu arc terkenal yang terkenal dalam cerita Marvel Comics, yaitu Secret Invasion. Benarkah?

Cerita Secret Invasion Dari Sudut Pandang Berbeda

Seperti yang disinggung sebelumnya, Skrulls versi MCU berbeda dengan versi komik. Mereka adalah ras alien yang justru ramah dengan manusia. Kreelah bangsa yang jahat dalam versi MCU. Di salah satu post-credit scene kita melihat Nick Fury yang membahas mengenai Kree memiliki “sleeper agent” yang diam-diam  menyamar menjadi manusia. Namun, tidak dijelaskan apa tujuan mereka “menginvasi” bumi tersebut.

Hal tersebut memperjelas langkah yang diambil Marvel Studios untuk menggambarkan kedua ras tersebut versi MCU, Kree jahat dan Skrulls baik. Kemunculan Skrulls dan Kree (ditambah dengan diperlihatkannya Talos yang menyamar menjadi Nick Fury) memunculkan dugaan bahwa Marvel sedang menggiring para fans pada cerita Secret Invasion. Tapi, dengan melihat apa yang terjadi di film Far From Home sepertinya ada sebuah pembalikan sudut pandang cerita yang dilakukan oleh Marvel.

Jika Marvel memang menggunakan “pembalikan cerita” tersebut, maka MCU bisa tetap menggunakan ide cerita Secret Invasion tanpa harus terpaku pada cerita di komiknya. Semenjak diperkenalkannya Skrulls di film Captain Marvel dan dengan Talos yang mengungkapkan bahwa dirinya menyamar menjadi Nick Fury, pastinya akan ada banyak fans yang berpikir jika karakter lainnya juga merupakan Skrulls.

Ide tersebut memang bagus di atas kertas, namun juga sangat beresiko terhadap karakter yang memang sudah muncul sebelumnya dan juga sudah membangun karakternya sejak lama. Jadi, ada baiknya jika Marvel menghindari ide tersebut. Dengan perbedaan pendekatan cerita tersebut bisa membuat Marvel “bersenang-senang” dengan karakter dan kemampuan dari Skrulls.

Di akhir film Captain Marvel, Ronan the Accuser sempat mengancam untuk kembali ke bumi. Tapi, setelah apa yang terjadi di film Guardians of the Galaxy rasanya hal itu menjadi mustahil. Ada nama lain yaitu Yon-Rogg, yang nasibnya masih menggantung sampai saat ini. Jika dia masih hidup, dia tentunya bisa menjadi pemimpin pasukan “Pink Kree” yang menyusup dan menginvasi bumi.

Kemunculan Skrulls Pasca Endgame

Dalam adegan terakhir di post-credit scene Spider-Man: Far From Home, para penonton diperlihatkan Maria Hill dan Nick Fury berada di dalam mobil setelah berhasil menolong Spider-Man. Di tengah-tengah perjalanan, sesuatu yang mengejutkan terjadi yaitu Nick Fury tiba-tiba berubah menjadi Talos. Sedangkan Maria Hill berubah menjadi Soren, istri Talos.

Di momen inilah kita menyadari jika Maria Hill dan Nick Fury yang muncul di sepanjang Far From Home bukanlah Nick Fury yang asli melainkan Skrulls yang menyamar, dan Skrulls masih ada di bumi ini dan tidak diketahui berapa jumlah mereka yang masih ada di bumi. Sama seperti yang ditunjukan di film Captain Marvel, hal ini menunjukan jika Skrulls bisa menyamar menjadi siapa saja bahkan agen rahasia paling berbahaya seperti Nick Fury dan Maria Hill.

Talos dan Skrulls lainnya yang ada di bumi memang sepertinya tidak mempunyai niat jahat, apalagi setelah Carol membantu mereka menemukan rumah baru. Tapi, Talos sepertinya masih memiliki rencana lainnya yang lebih besar di bumi sehingga dia belum pergi dari bumi. Mungkin dia tahu dan sadar jika Kree juga masih ada di bumi.

Ada Agen Kree Yang Tidak Terdeteksi Berada di Bumi

Captain Marvel dan Far From Home memperlihatkan kepada kita bahwa ada makhluk luar angkasa lainnya yang berada di bumi, yaitu Skrulls. Mereka bisa menyamar menjadi siapa saja di dunia tersebut. Tapi, Skrulls bukanlah satu-satunya alien yang ada di universe tersebut. Ada ras alien lainnya yang kemungkinan menyamar menjadi manusia yaitu bangsa Kree.

Dalam cerita komiknya, meskipun Kree tidak memiliki kemampuan shape-shifting atau perubahan wujud seperti Skrulls, ada sub-ras dari Kree yang memiliki kemampuan menyamar yang menyerupai manusia yaitu Pink Kree. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Talos sempat menyebutkan jika ada kelompok kecil Kree dan agen-agennya yang sudah menduduki bumi.

Hal itu tentunya membuat Talos khawatir, mengingat sejarah panjang pertempuran antara Kree dan Skrull. Tapi, setelah film Captain Marvel kita tidak mengetahui bagaimana nasib mereka, yang pasti mereka sekarang “berdamai” dengan bumi apalagi bumi memiliki Carol Danvers yang siap melindungi. Mereka juga menandatangani perjanjian damai dengan planet Xandar dalam film Guardians of the Galaxy.

Meskipun Talos khawatir tentang keberadaan Kree di bumi, ini bukan pertama kalinya Kree berada di bumi. Mar-Vell sudah terlebih dahulu berada di bumi. Dia menyamar menjadi instruktur pilot bagi Carol Danvers. Kemudian juga Yon-Rogg dan Starforce pernah datang ke bumi pada 1995 saat berusaha untuk mengambil Tesseract dari tangan Mar-Vell. Sekarang mereka kembali dalam kelompok kecil. Apakah ini merupakan alasan mengapa Talos masih ada di bumi? apakah ada rencana yang sedang direncanakan Kree untuk membalas dendam kepada bumi?

Nick Fury Sedang Bersama Skrulls

Soren, istri dari Talos, meminta Talos untuk segera menghubungi Nick Fury yang asli dan memberikan laporan kepadanya dalam adegan post-credit scene. Hal ini bisa kita simpulkan jika sebenarnya Nick Fury sendiri yang memang memerintahkan Talos untuk berubah menjadi dirinya (dan Maria Hill) untuk menolong Peter Parker.

Dalam adegan tersebut terungkap jika Nick Fury sedang “berlibur” di kapal induk alien yang dipenuhi oleh bangsa Skrulls. Hal ini juga bisa disimpulkan jika Skrulls dan Nick Fury sekarang merupakan sekutu atau teman. Namun, sebenarnya apa yang sedang dilakukan Nick Fury di luar angkasa dan di dalam kapal alien tersebut?

Jika dilihat dari aktifitas yang sibuk di dalamnya, sepertinya Nick sedang mengerjakan proyek terbarunya. Hal tersebut bisa diartikan jika Nick sekarang sudah tidak lagi berfokus terhadap masalah yang terjadi di bumi, melainkan di luar angkasa (apalagi setelah kejadian snap yang dilakukan Thanos). Nick sadar jika luar angkasa benar-benar berbahaya, dan bisa berpengaruh besar terhadap keberlangsungan bumi.

Jika keberadaan Nick Fury pasca Endgame diketahui sedang berada di luar angkasa, lalu dimana keberadaan Maria Hill sekarang? jika melihat Soren yang harus menyamar menjadi Maria Hill, kemungkinan Maria Hill juga sedang tidak berada di bumi bersama dengan Nick Fury.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.