Dengan tayangnya film X-Men: Dark Phoenix dan Avengers: Endgame, otomatis menambah panjang daftar film-film Marvel yang sudah tayang di layar lebar. Dua karakter utama dari masing-masing film, Jean Grey dan Thanos, merupakan karakter yang sangat kuat di filmnya. Dalam sebuah misi ke luar angkasa sebuah radiasi kosmik membuat para pasukan X-Men terjebak dan akhirnya Jean Grey menjadi “korban” dari peristiwa tersebut.

Thanos sendiri merupakan salah satu penghuni planet Titan yang selalu memimpikan sebuah keseimbangan alam semesta. Dia rela menghancurkan apapun dan mengorbankan apapun, demi mewujudkan impian terbesarnya tersebut. Di film Endgame kita bisa melihat bagaimana kuatnya Thanos saat menghadapi para Avengers. Lalu, siapa yang akan menang jika kita membuat pertarungan antara Thanos dan Jean Grey (Dark Phoeenix)? Berikut pembahasannya.

Sekutu: Thanos


Sebuah karakter sering kali memiliki sekutu atau rekan yang memiliki kekuatan yang sama dengan karakter tersebut dan bekerja sama untuk mengalahkan musuh mereka. Phoenix (Jean Grey) sendiri pada awalnya tidak terlalu memiliki rekan atau sekutu. Phoenix biasanya akan membunuh atau menghabisi siapapun yang melawannya. Tapi, ketika dia tidak berada di titik jahat biasanya Jean akan dibantu oleh X-Men.

Di sisi lain, Thanos didukung oleh sekelompok pasukan dari para pejuang tangguh alien termasuk Outriders, Chitauri, dan kelompok Black Order. Kelompok ini berisi berbagai karakter kuat dan memiliki kekuatan yang unik. Terkadang Thanos juga didukung oleh pasukan Kree, khususnya Ronan the Accuser. Ditambahkan anaknya, Nebula dan Gamora, selalu siap untuk membantu dan melakukan setiap perintah ayahnya.

Senjata: Jean Grey


Untuk poin ini rasanya sulit untuk menentukan siapa pemenangnya, dikarenakan Jean dan Thanos merupakan dua karakter yang berbeda untuk urusan senjata. Jean Grey atai Phoenix sama sekali tidak menggunakan senjata apapun. Dia hanya memiliki kekuatan Phoenix Force, yang merupakan sebuah kekuatan yang hebat dan merupakan senjata yang berbahaya jika digunakan secara benar.

Di sisi lain, Thanos memiliki banyak koleksi senjata yang bisa membuatnya unggul dalam sebuah pertempuran. Thanos memiliki keahlian dalam menggunakan pedang dengan dua mata pisau (double blade). Senjata lainnya yang menjadi andalan Thanos adalah Infinity Gauntlet yang bisa memberikan keuntungan untuk pertarungan melawan Jean Grey. Jika tanpa Gauntlet, rasanya Phoenix yang akan memiliki keuntungan lebih.

Kekuatan: Thanos


Jean Grey tidak memiliki kekuatan super apapun. Dia memiliki banyak power yang mana power tersebut sangat kuat. Tapi, jika berbicara dalam hal kekuatan fisik Jean tentunya lebih lebah dibandingkan Thanos. Tapi, Jean mampu memperlihatkan kekuatannya dengan menggunakan kemampuan telekinesis yang dia miliki. Hal ini berguna untuk melawan Thanos dari jarak jauh.

Kemenangan menjadi milik Thanos jika berbicara kekuatan fisik, apalagi Thanos sulit untuk dikalahkan dalam sebuah pertarungan dengan tangan kosong. Dia mampu bertahan dari berbagai serangan dan bahkan mampu bertahan dari efek yang ditimbulkan dari Infinity Stones. Dia mampu bertahan dari serangan Stormbreaker yang diarahkan kepadanya dan mampu mengalahkan Hulk dalam sebuah pertarungan. Untuk urusan kekuatan fisik Thanos juaranya, namun untuk telekinesis Jean Grey akan menang.

Mindset: Thanos


Pola pikir atau mindset dari para masing-masing karakter ini rasanya menarik jika ditinjau dari segi psikologis. Pikiran Jean sudah menyatu dengan Phoenix Force. Ketika dia berubah menjadi Dark Phoenix, pikirannya menjadi hilan dan pikiran serta jalannya menjadi sangat jahat. Tapi, tekad dan kekuatan dalam diri Jean benar-benar sangat kuat.

Thanos merupakan orang tidak dapat dihentikan. Dia tidak bisa diperlambat dan juga tidak bisa diyakini hal apapun jika Thanos sudah memiliki tujuan. Dia mengorbankan salah satu nyawa anaknya, demi terwujudnya impian terbesarnya. Dalam sebuah pertarungan, Thanos benar-benar mengendalikan setiap gerakan yang dia buat. Di samping itu, Jean berusaha untuk bertahan dari apa yang ditimbulkan oleh Phoenix Force.

Armor: Jean Grey


Phoenix tidak memerlukan armor atau baju pelindung apapun, karena level kekuatannya yang tinggi. Tapi, dia diketahui menggunakan kostum berwarna merah dan hijau, meskipun ada juga variasi lainnya. Kekuatan penuh yang dia miliki mampu melindungi Jean Grey dari berbagai serangan, bahkan melindunginya dari luka, artinya kekuatan tersebut sudah menjadi armor bagi Jean.

Ketika Infinity Gauntlet tidak berada di tangannya, Thanos akan menggunakan armornya untuk bertarung melawan musuh. Tapi, setelah Thanos memiliki Infinity Gauntlet armornya jarang dia gunakan. Thanos memiiki beberapa armor ada yang perang, atau armor yang kita lihat di film Avengers: Endgame dan ada juga armor emas yang dia gunakan pada saat awal.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2