Beberapa hari yang lalu, presiden Marvel Studios, Kevin feige, mengikuti sebuah sesi tanya jawab di situs Reddit. Feige banyak menjawab pertanyaan yang menyangkut Avengers: Endgame juga. Tapi, selain itu juga Feige banyak menjawab berbagai pertanyaan yang terkait dengan masa depan, masa lalu, dan masa kini dari MCU. Apa saja?

Marvel Mulai Merencanakan Infinity War dan Endgame Sejak 2012

Marvel Studios memang dikenal selalu memiliki rencana panjang untuk setiap proyek film mereka. Untuk cerita tentang Infinity Saga, mungkin banyak orang yang sudah sadar jika semuanya dimulai sejak post-credit scene dalam film The Avengers. Joss Whedon, sang sutradara, paham betul jika Loki butuh seseorang yang lebih jahat yang ada di belakang Loki. Whedon juga sudah lama menjadi fan Thanos di cerita komiknya.

Whedon kemudian “minta izin” kepada Feige untuk menghadirkan Thanos dan mereka pun setuju. Saat itulah, Marvel kemudian mulai mempertimbangkan bagaimana mereka bisa mengadaptasi cerita Infinity Gauntlet ke dalam MCU. Kemudian rencana tersebut semakin dipertajam pada lima tahun yang lalu. “kami mulai menggodok detail spesifik ceritanya saat proses produksi Civil War berlangsung di dalam sebuah ruang pertemuan. Kami pun bolak-balik mengerjakannya (mengerjakan proyek Infinity War dan Civil War).

Mark Ruffalo Membantu Seluruh Cerita Hulk

Ada tiga arc yang dimiliki oleh Hulk, mulai dari Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War, dan Endgame. Ternyata sang pemeran, Mark Ruffalo, merupakan orang yang memberikan ide tersebut. “Beberapa tahun yang lalu, Mark datang ke sebuah pertemuan bersama kami di Marvel Studios untuk mendiskusikan bagaimana karakter Hulk bisa terus berkembang dan berevolusi di film-film mendatang. Dia kemudian mempresentasikan banyak ide bagus dan keren, beberapa diantaranya adalah apa yang kita lihat di Thor: Ragnarok, Infinity War, dan Endgame, dan beberapa diantara lainnya juga akan diperlihatkan suatu hari nanti.

Sepertinya Mark Ruffalo sudah terlanjur sayang pada karakter Hulk. Tapi, menyenangkan juga bagaimana Marvel Studios mau melibatkan sang aktor untuk mengetahui apa ide yang bagus yang bisa menjadi bahan pertimbangan selanjutnya.

Captain America Memang Pantas

Salah satu adegan yang paling banyak mengundang sorak sorai penonton di film Endgame adalah ketika Steve Rogers pada akhirnya bisa mengangkat Mjolnir, dan menggunakannya untuk bertarung melawan Thanos. Menurut Feige, hal itu bukanlah sebuah kejutan besar. “kami pikir dia selalu pantas”. Hal ini juga sebenarnya senada dengan apa yang diungkapkan oleh Joss Whedon pada 2015 silam.

Bagaimana Cara Kerja Snap Versi Hulk

Hulk merupakan seorang karakter kunci (terlepas dari peran karakter lainnya) di film Endgame, dia adalah satu-satunya karakter yang mampu menggunakan Infinity Gauntlet buatan Tony Stark dan masih bertahan sampai saat ini. Bruce menggunakan Infinity Gauntlet tersebut untuk membalikan Snap yang sudah dilakukan oleh Thanos (reverse the snap). Hasilnya adalah mereka yang menghilang akhirnya kembali.

Hal ini banyak menimbulkan pertanyaan di kalangan para fans, khususnya bagaimana cara mereka yang sudah hilang kemudian kembali muncul. Salah seorang penanya kemudian bertanya apakaj ketika Hulk melakukan snap tersebut, dia bukan hanya mengembalikan yang hilang tapi juga menggiring mereka ke tempat yang aman. Feige pun merespon, “kami menyebut Hulk versi Endgame sebagai Smart Hulk. Jadi, ya.

Marvel Tahu Cara Kerja Perjalanan Waktu di Endgame

Masalah perjalanan waktu juga merupakan salah satu topik hangat yang diperdebatkan di kalangan para fans. Apalagi, ada sedikit perbedaan pemahaman antara Kevin Feige dan juga Stephen McFeely dan Christopher Markus. Ketika ditanya masalah ini Kevin feige hanya menjawab, “ya” dan tidak menambahkan kata atau kalimat apapun.

Sepertinya, Kevin Feige tidak mau membahas lebih lengkap tentang masalah perjalanan waktu ini. Apalagi sepertinya MCU sekarang sedang bersiap untuk memulai konsep multiverse, yang akan dimulai dari Spider-Man: Far From Home. Jadi, tentunya hal tersebut untuk menghindari berbagai spoiler. Kemungkinan lainya, Feige tidak ingin perdebatan ini semakin berlarut-larut.

Stan Lee Tidak Pernah Melihat Film Endgame

Stan Lee merupakan salah satu sosok penting dalam berbagai Marvel dan juga MCU. Lee juga merupakan cameo abadi bagi MCU. Sayangnya, pada Desember kemarin Lee meninggal dunia. “Stan sangat senang untuk menunggu dan melihat filmnya di saat acara premiere berlangsung. Sayangnya dia tidak bisa melihat bagaimana film versi akhir dari Endgame ini. Tapi, saat Stan akan melakukan shooting untuk cameo yang biasa dia lakukan, Stan sudah membaca keseluruhan cerita.

Marvel Sudah Persiapkan Rencana Untuk 5 Tahun Kedepan

Menurut Feige, dirinya dan Marvel Studios sudah memiliki rencana untuk lima tahun kedepan, artinya dia sudah tahu apa proyek film (juga series) yang akan dirilis sampai 2024 mendatang. Tapi, Feige kemudian mengatakan jika pihak Marvel terkadang juga sudah memiliki rencana jangka panjangnya. Hal ini menjelaskan kabar sebelumnya jika Marvel sudah memiliki rencana sampai 2028 mendatang.

Rencana Marvel Untuk Karakter Mandarin

Satu jawaban pasti dari Kevin Feige tentang masa depan MCU adalah tentang karakter Mandarin. Feige ditanya apakahan Marvel akan menggunakan organiasi the Ten Rings dan Mandarin yang asli di MCU. Feige kemudian hanya menjawab, “ya”. Hal ini bisa diartikan jika Marvel sedang membuat sesuatu yang berkaitan dengan Mandarin atau the Ten Rings.

Tapi, tentunya kita masih harus menunggu apakah jawaban positif tersebut merupakan jawaban untuk the Ten Rings ataukah untuk Mandarin. Rumor yang berkembang tentang Mandarin adalah karakter tersebut akan muncul di film Shang-Chi.

Karakter Lama (Mungkin) Akan Kembali

Feige juga ditanya apakah mereka akan mempertimbangkan untuk menghadirkan kembali berbagai karakter lama dan sudah terlupakan. Meskipun Feige memberikan jawaban yang sangat hati-hati dan tidak menyebutkan nama karakternya, dirinya mengaku senang untuk bisa kembali menghadirkan berbagai karakter lama tersebut. Hal ini sudah diperlihatkan di film Endgame, dengan menghadirkan sosok Harley Keener dan Thunderbolt Ross.

Konsep One-Shot Sepertinya Tidak Akan Digunakan lagi

One Shot adalah sebuah konsep yang menghadirkan sebuah tayang film berdurasi pendek yang biasanya menjelaskan berbagai hal yang dirasa mengganjal di dalam filmnya. Contohnya adalah All Hail the King, yang menjelaskan tentang sosok Mandarin yang ternyata masih hidup. Hal ini banyak ditanyakan kepada Feige, apakah mereka masih akan menggunakan konsep tersebut. Sepertinya, Marvel akan menghentikan konsep ini dan menggantinya dengan konsep baru.

Hal terbaik tentang One Shots adalah kita harus menjelaskan tentang karakter lain. Sangat menyenangkan karena kami kini punya berbagai series di Disney+ yang akan melakukan hal tersebut dengan skala yang lebih besar dan lebih banyak lagi karakter-karakter yang sangat familiar bagi kalian.” Secara tidak langsung, Feige menyebutkan jika Disney Plus merupakan kelanjutan dari program atau konsep One Shot. Feige juga berjanji jika seriesnya nanti akan sangat berkaitan dengan filmnya.

Tidak Akan Ada Cameo Kevin Feige

Selama ini, seluruh film Marvel selalu memiliki cameo yang muncul yaitu Stan Lee. Tapi, Lee meninggal dunia pada tahun kemarin. Banyak orang yang kemudian berspekulasi bahwa Feige akan melanjutkan “tradisi” tersebut, dengan muncul di berbagai film MCU sebagai cameo. Namun, Kevin Feige sendiri nampaknya tidak terlalu suka dengan ide tersebut.

“Aku tidak suka berada di depan kamera. Tapi, aku pernah melakukan sebuah cameo di sebuah adegan yang dipotong dalam film pertama X-Men sebagai seorang teknisi Weapon X. Aku benar-benar ditutupi oleh topeng, kaca mata, dan penutup kepala.” Mungkin, Marvel akan mencoba sesuatu yang lainnya yang juga tidak kalah unik. Karena, tradisi tersebut hanya dipergang oleh Stan Lee saja.