Kaidou merupakan salah satu Yonko yang memiliki pertahanan diri yang sangat kuat. Sangat sulit untuk bisa melukai sosok Kaidou. Untuk itulah Luffy membutuhkan teknik dan jurus baru demi menembus pertahanan Kaidou yang sulit tersebut. Salah satu “senjata” yang bisa digunakan oleh Luffy untuk melawan Kaidou adalah Busushoku Haki atau Armament Haki.

Haki ini membuat seolah penggunanya menggunakan armor dan juga senjata yang tidak terlihat. Rayleigh dan Sentomaru pernah memperlihatkan Haki Jenis ini. Sebenarnya, Luffy sendiri sudah menguasai Haki ini. Namun, yang belum Luffy kuasai adalah level tertinggi dari Haki tersebut. Di arc Wano ini sebenarnya pembahasan tentang tingkat lanjut dari Haki ini sudah mulai dibahas.

Contohnya dalam chapter sebelumnya, saat Luffy hendak menolong kakek Hyo dengan melakukan duel sumo, Luffy merasan Haki tersebut. Luffy bahkan mengatakan dirinya pernah melihat dan mengetahui Haki jenis itu, tapi dia belum tahu paham tentang level tertinggi dari Busoshoku. Setelah mengetahui adanya tingkat lanjut dari Haki tersebut, Luffy pun mulai melatih dirinya agar bisa melawan Kaidou.

Dengan level kekuatan Luffy ditambah dengan kemampuannya untuk menguasai level tertinggi Busoshoku, tentunya menembus pertahanan Kaidou terdengar sangat memungkinkan. Karena pastinya memerlukan energi yang banyak, Luffy sepertinya perlu fokus pada satu serangan atau pukulan, bukan serangan seperti Jet Gatling yang banyak melakukan pukulan secara beruntun.

Salah satunya adalah Red Hawk. Tinju yang terinspirasi dari tinju api milik Ace ini terbukti sangat kuat dan dahsyat, bahkan pernah melukai Don Flamingo. Pilihan serangan lainnya adalah King Kong Gun. Tentunya jika serangan tersebut dipadukan dengan level tertinggi dari Haki Bushoshoku, bisa menjadi cara yang ampuh untuk menembus pertahanan Kaidou dan mengalahkannya.

Tapi, tentu saja strategi lainnya bisa dilakukan seperti kerja sama dengan yang lainnya. Sama seperti yang dilakukan saat menaklukan Oz dan Gecko Moria. Luffy sendiri masih memiliki beberapa bantuan lainnya seperti aliansi bajak laut ninja samurai Mink, para pasukan tersisa milik Whitebeard, dan juga beberapa bantuan lainnya seperti para bajak laut supernova (bajak laut dengan nilai buronan tinggi) meskipun Kidd menjadi tawanannya.

Teknik lainnya yang bisa dilakukan oleh Luffy adalah dengan teknik psikologis. Kaido merupakan karakter yang benci dengan dunia ini dan ingin menghancurkannya. Dalam cerita One Piece, sebuah karakter dinyatakan kalah ketika kepercayaan yang dia yakini selama ini dikalahkan oleh kepercayaan lainya. Mungkin dengan Kaido melihat sebuah harapan atau keinginannya yang berubah, maka dia sudah kalah.

Dia mungkin akan mengalami stress psikologis, karena Kaido sendiri ternyata memiliki psikologis yang sensitif. Oda sensei sendiri pernah mengatakan tentang mengalahkan Kaido tanpa kekuatan. Terdengar mustahil, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dia mengatakan bahwa para fans One Piece mungkin tidak akan suka jika dalam mengalahkan Kaido, Luffy hanya mengandalkan pukulan saja. Jadi, selain mengandalkan Haki dan pukulannya Luffy juga akan mencoba untuk mengalahkan Kaido dari “dalam.”

Arc Wano merupakan salah satu arc yang paling banyak menyita perhatian dan memompa adrenalin setelah arc Marineford. Pertarungan Luffy melawan Kaido akan menjadi puncak hype atau perhatian dari arc Wano ini. Apa yang terjadi setelah pertarungan besar tersebut tentunya akan mengubah cerita One Piece dan Luffy kedepannya.

Kaskus Battleground