Warning: Artikel ini mengandung HARD SPOILER, read with your own risk

Avengers: Endgame benar-benar menjadi konklusi untuk seluruh kisah di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini menjadi puncak seperti yang kita harapkan, bahkan melebihi ekspektasi. Sebagai film puncak, Avengers: Endgame juga ternyata memberi kita “pencerahan” akan berbagai misteri yang selama ini belum terjawab di ranah MCU. Misteri apa aja sih? Check these out!

Hiro Studios

Valkyrie & Asgardian

Sejak Infinity War dirilis, banyak penggemar yang bertanya dimana Valkyrie, lalu apakah seluruh Asgardian terbantai oleh Thanos dan Black Order? Jawabannya langsung kita dapatkan di Avengers: Endgame. Tepatnya saat Hulk dan Rocket ditugaskan untuk membawa kembali Thor bergabung dengan Avengers untuk time traveling.

Disana kita ditunjukan bahwa masih ada Asgardian yang tersisa, termasuk Valkyrie dan Korg. Mereka semua ditempatkan disebuah desa bernama New Asgard. Lucunya, jika sebelumnya Asgard adalah tempat indah nan makmur, maka New Asgard terlihat lebih kumuh dan mayoritas dari mereka bekerja sebagai nelayan.

Ancient One

Pertanyaan seputar keberadaan Ancient One sebenarnya telah ada sejak film Doctor Strange dirilis. Ancient One, yang memegang gelar Sorcerer Supreme sebelum Doctor Strange ada, telah eksis selama bertahun-tahun. Namun dirinya tidak pernah menampakan diri selama ini, padahal dengan kekuatannya ia akan mampu untuk membantu Avengers melindungi Bumi.

Dan benar saja, di Avengers: Endgame, kita diperlihatkan peran dari Ancient One. Dalam adegan saat Hulk melakukan time traveling ke tahun 2012, ia mendatangi Ancient One yang saat itu tengah “diam-diam membantu” Avengers mengalahkan pasukan Chitauri. Disini juga jelas bahwa timeline Doctor Strange sesuai dengan timeline MCU, dimana sebelumnya banyak yang berpikir bahwa timeline Doctor Strange berlatar sebelum Avengers: Age of Ultron.

Tony & Steve Relation

Hal selanjutnya yang menjadi jelas di Avengers: Endgame adalah hubungan Tony Stark dan Steve Rogers. Keduanya seperti yang kita tahu, sempat bersitegang sejak event Civil War. Meskipun demikian, damainya dua gegedug Avengers ini sudah bisa diprediksi, namun bagaimana caranya mereka berdamai itulah yang masih menjadi pertanyaan selama ini.

Hingga akhirnya di Avengers: Endgame semuanya terjawab. Tony tampaknya masih kecewa pada Steve, hal itu ia tunjukan di menit-menit awal film ini setelah dirinya kembali ke Bumi. Namun 5 tahun kemudian, keduanya kembali bersama, dan puncaknya jabat erat mereka terjadi saat melakukan time traveling ke tahun 2012.

No Soul World

 

Berbagai spekulasi seputar hilangnya setengah populasi alam semesta jadi topik yang menarik dibicarakan setelah Avengers: Infinity War. Sebagian berasumsi jika mereka benar-benar mati, sebagian lainnya berasumsi jika mereka terjebak di soul word, dunia jiwa-jiwa yang terjebak di dalam soul stone.

Namun semua terbukti dari ucapan Peter Parker alias Spider-Man saat dirinya kembali. Ia yang mendatangi Tony Stark berucap bahwa setelah kejadian di planet Titan, pandangannya gelap dan tidak mengingat apa pun. Entah apa maksudnya, apakah itu adalah kematian atau bukan, yang jelas mereka yang menjadi korban Thanos bukan berpindah ke soul world.

Where Is Wong

Di Avengers: Infinity War, hampir seluruh karakter terlibat dalam Battle in Wakanda (kecuali mereka yang berada di planet Titan). Mulai dari Okoye, sampai Bruce Banner yang saat itu ia tidak mampu bertarung sebagai Hulk. Namun pertanyaannya adalah dimana Wong. Sahabat baik dari Doctor Strange ini seolah-olah menghilang setelah pertarungan di New York.

Banyak yang awalnya menyangka Wong menjadi korban dari Snap Thanos, tapi sebelum Avengers: Endgame diputar, dalam materi promosi berbentuk poster di sebutkan jika Wong selama ini masih hidup. Dan di filmnya, akhirnya jelas, Wong tampaknya diberi tugas oleh Strange untuk mengumpulkan para Avengers yang terpencar dan pasukan lainnya untuk final battle melawan Thanos.

Captain America is Worthy

Sejak Avengers: Age of Ultron, kita semua penasaran, apakah Captain America “worthy” untuk mengangkat Mjolnir? Jika kalian ingat, di Age of Ultron kita melihat seluruh Avengers tengah berkumpul untuk bercanda ria bersama. Disana terjadi sebuah “kompetisi”, dimana masing-masing Avengers mencoba untuk mengangkat Mjolnir. Mjolnir sendiri memang pilih-pilih, hanya orang-orang yang dianggap layak yang mampu mengangkatnya.

Sampai ke giliran Steve Rogers, alias Captain America mencoba untuk mengangkat, Mjolnir ternyata bergerak, meskipun tidak sampai mengangkatnya. Dari situ para penggemar mulai penasaran, akan kah ada waktunya sampai Captain America “worthy” mengangkat Mjolnir. Hal itu ternyata terbukti di Avengers: Endgame, dimana final battle yang epik memperlihatkan Captain America akhirnya menggunakan Mjolnir, layaknya God of Thunder.

Endgame Plan

Terakhir adalah misteri paling besar yang selama setahun belakangan terus menerus menjadi topik yang hangat. Yaitu “Endgame” plan dari Doctor Strange. Di Infinity War, Doctor Strange sempat melihat sekitar 14 juta kali kemungkinan para Avengers memenangkan pertarungan melawan Thanos. Dari sekian banyak, ia menyebutkan hanya ada satu rencana dimana kemungkinan menang paling besar. Untuk itu pun ia berani menyerahkan time stone yang ia jaga mati-matian dari Thanos.

Rencana tersebut akhirnya terungkap di jalan cerita Avengers: Endgame. Butuh waktu bertahun-tahun agar rencana tersebut benar-benar berjalan, namun besar kemungkinan jika inti dari rencana Doctor Strange adalah time traveling, yang memang menjadi garis besar cerita di film ini. Selain itu, part besar dari rencananya adalah mengalahkan Thanos, Tony sempat bertanya pada Strange, jika ini adalah bagian dari rencananya, apa yang akan terjadi selanjutnya, lalu Strange berkata jika ia memberitahunya, maka rencana tersebut tidak akan berjalan.

Namun, diakhir film, Strange seolah-olah memberi petunjuk pada Tony, Tony yang mengerti lalu mengambil Infinity Stones dari tangan Thanos dan langsung menggunakannya. Thanos dan para pasukannya pun hilang menjadi debu. Avengers menang, namun Tony harus menghadapi kematiannya. Momen tersebut juga jadi bagian paling menyedihkan di film ini, sekaligus menjawab pertanyaan para penggemar mengenai
“Endgame Plan” selama setahun kebelakang.

Hiro Studios