Akhirnya entri terbaru dari Marvel Cinematic Universe, Avengers: Endgame telah dirilis. Film yang sangat ditunggu-tunggu ini memang rilis lebih cepat di Indonesia, yaitu tanggal 24 April 2019. Bagi kamu yang sudah menyaksikan, tentunya telah merasakan bagaimana hebatnya film ini. Mulai dari story yang lebih kompleks, twist, dan berbagai hal teknis lainnya yang patut kita beri apresiasi setinggi-tingginya.

Namun dengan selesainya Avengers: Endgame, bagaimana dengan nasib Marvel Cinematic Universe (MCU) setelahnya? Perubahan apa saja yang akan terjadi di phase 4 dan kelanjutannya nanti? Well, mari kita sedikit berspekulasi ria berdasarkan fakta-fakta yang ada.


Cosmic Arc


Marvel Studios membutuhkan setidaknya 10 tahun untuk membangun arc Infinity Saga. Berdasarkan apa yang disebutkan oleh Kevin Feige, President of Marvel Studios, Infinity Saga adalah garis besar cerita yang dimulai dari MCU phase 1 (Iron Man 2008) sampai dengan Avengers: Endgame. Dari namanya saja jelas bahwa arc ini bercerita tentang Infinity Stones.

Namun Marvel Studios masih memiliki rencana sebanyak 20 film di masa depan pasca Avengers: Endgame. Masih menurut Kevin Feige pada bulan November 2017 lalu mengungkapkan “kami memiliki 22 film saat ini, dan kami punya 20 film lagi yang sama sekali berbeda dari apa pun yang terjadi sebelumnya.” Artinya, setelah Endgame Marvel Studios masih memiliki rencana jangka panjang yang telah disusun secara rapi.

Lalu apa yang akan MCU angkat di phase-phase selanjutnya? Masih belum ada hal pasti memang. Tapi pada bulan yang sama dengan statement dari Kevin diatas, CEO Disney, Bob Iger, memberi petunjuk mengenai apa yang akan hadir di MCU phase selanjutnya. “Kami mencari dunia yang benar-benar terpisah — secara geografis atau waktu – dari dunia yang sudah kami kunjungi.”.

Apa maksud dari kutipan tersebut? Besar kemungkinan jika arti dari statement Bob Iger adalah dunia kosmik, yang mana MCU saat ini telah memiliki fondasi dasar untuk membangun kisah tersebut. Salah satu cotohnya adalah para karakter yang ada dan akan hadir.

Dimulai dari Guardians of the Galaxy, dan yang terbaru adalah Captain Marvel. Mereka merupakan karakter “kosmik” yang selama ini malang melintang di alam semesta. Belum lagi ada Thor dan Doctor Strange, keduanya memang bukan murni karakter cosmic being, namun kemampuannya cukup disegani di dunia kosmik dibanding karakter-karakter MCU lainnya.

Selain itu, beberapa karakter yang dikonfirmasi akan hadir di MCU juga merupakan karakter kosmik. Seperti Adam Warlock yang telah di tease di post credit Guardians of the Galaxy Vol 2. juga The Eternals yang filmnya akan segera di produksi beberapa waktu mendatang.

Jika menilik pada komiknya, Adam Warlock adalah karakter penting di MCU. Dalam cerita komik pun ia menjadi penyelamat saat Thanos bermain-main dengan Infinity Stones. Adam juga hampir dipastikan akan memulai debutnya di Guardians of the Galaxy Vol.3. Sedangkan The Eternals adalah makhluk Titan. Meskipun memiliki raga yang hampir mirip dari manusia Bumi, namun setiap karakter Eternals memiliki kemampuan unik.

Disamping itu, Marvel Studios masih merahasiakan keseluruhan slot film untuk MCU Phase 4. Tentunya dibutuhkan karakter-karakter lain yang merupakan cosmic being untuk membuat arc terbaru dari MCU terasa lebih dahsyat dibanding sebelumnya.


New Cosmic Hero


Jika memang MCU akan lebih berfokus pada cerita kosmik, seperti yang disebut sebelumnya, Marvel Studios harus memperkenalkan banyak karakter baru untuk mendukung arc ini terasa sangat berbeda dengan Infinity Saga, terutama karakter superhero. Lalu kira-kira, siapa saja superhero dengan kemampuan kosmik yang berpotensi diadaptasi ke format live action ini?

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2:

Kaskus Battleground