Luffy selalu mendapatkan hal baru atau selalu mempelajari hal-hal baru ketika mereka tiba di sebuah tempat atau pulau. Contohnya, ketika dia pergi ke pulau gelembung (shabaody) Luffy belajar banyak hal. Hal ini juga tentunya terjadi ketika Luffy berada di negara Wano, dalam Wano arc yang masih berlangsung sampai sekarang.

Dalam arc ini, Luffy bersiap untuk bertarung melawan salah satu Yonko dan karakter terkuat di One Piece yaitu Kaidou. Tentunya melawan Kaidou tidak akan mudah, dia butuh semua bantuan dan kemampuan untuk mengalahkannya. Ada kekuatan besar lainya yang belum Luffy ketahui dan Luffy menyadari hal itu di Wano arc ini.

Saat dia sedang beradu sumo demi menyelamatkan Hyogoro dari proses eksekusi, Luffy ternyata mempraktekan jurus terbaru (haki terbaru) yang pernah dia lihat sebelumnya tanpa sadar. “aku pernah melihat hal ini sebelumnya, dan aku tahu warnanya tidak sama dengan Armament Haki yang pernah aku gunakan. Haki ini pasti sangat baru.

Apa yang diungkapkan oleh Luffy ada benarnya, karena setiap Haki sebenarnya memiliki dua layer atau lapisan. Untuk Armament Haki, seperti yang diketahui jika Haki ini berwarna hitam, menyatu dengan kulit, dan seolah-olah menjadi armor bagi penggunanya seperti. Namun, yang jarang diketahui adalah untuk lapisan kedua Haki Armament, Haki tersebut tidak terlihat oleh mata.

Pengguna tingkat lanjut dari Haki ini, seolah akan memiliki perlindungan yang tidak terlihat di sekeliling tubuhnya. Hal inilah yang coba dipelajari oleh Luffy di arc Wano ini, karena seperti yang disebutkan di atas Luffy butuh semua kemampuannya. Saat ini, Luffy masih melatih Hakinya tersebut dan jika Luffy berhasil menguasai Haki Armament tingkat lanjut ini, Luffy bisa menjadi lawan yang “seimbang” bagi Kaidou.