Ketika Agen of Shield rilis pada 2013 silam, rencananya film dan acara TV produksi Marvel ini akan saling terhubung. Namun, rencana itu berubah pada tahun 2015, ketika restrukturisasi perusahaan memisahkan Marvel Studios dari Marvel Entertainment yang lebih luas.

Fans dan bintang dari series itu sendiri sering mengeluh pada divisi baru ini. Secara teori, semuanya terjadi di dunia yang sama, dan semuanya “terhubung.” Namun dalam praktiknya, koneksi itu hanya berfungsi satu arah. Acara Marvel Television mengakui film, tetapi film tidak pernah mengakui acara TV. Tapi bagi Clark Gregg, yang diwawancarai oleh io9, hal ini mungkin yang terbaik bagi masing-masing Film dan acara TV.

“Saya pikir acara ini mulai benar-benar menemukan langkah terbaiknya adalah ketika penulis kami memutuskan “Kami akan mengambil apa yang bisa kami dapatkan dan ada banyak hal yang Marvel Studios tidak gunakan”. Mereka tampaknya tidak menggunakan L.M.D, mereka tidak menggunakan Ghost Rider atau Framework. Mereka dengan cerdik mengambil bagian-bagian dari alam semesta Marvel yang luas, dan kami benar-benar membiarkan acara kami pergi di jalurnya sendiri.”

Ucapannya memang cukup masuk akal, seperti yang kita tahu, season 5 Agent of Shield bahkan tidak menampilkan efek dari decimation yang dilakukan Thanos (meski di season ini sempat menyebutkan kedatangan Thanos), dan season 6 akan mengudara setelah Avengers: Endgame rilis. Pertanyaannya, elemen buku komik apa yang akan dimanfaatkan Agen S.H.I.E.L.D. season 6? Clark Gregg diam.“Ada beberapa anomali aneh yang terjadi seperti keretakan dimensi yang sangat mengancam setiap kali itu terjadi”.

Ia lalu melanjutkan, “Akan ada orang-orang humanoid yang muncul dan salah satu dari mereka sangat mirip Coulson”. Dari ucapan Gregg, Ada beberapa spekulasi yang mungkin akan di angkat di Agent of Shield season 6. Pertama, yaitu keterlibatan Skrull. Seperti yang kita tahu sebelum Endgame, Captain Marvel telah lebih dulu tayang di bioskop. Dan film ini melibatkan Skrull yang memiliki kemampuan menyamar. Bahkan Agent Coulson terlibat langsung dalam event ini.

Namun spekulasi lainnya, mengingat ia menyebutkan “retakan”, bisa jadi retakan yang ia maksud adalah sobekan dalam struktur ruang-waktu, akibat elemen time traveling di Avengers: Endgame. Retakan ini juga berfungsi sebagai portal ke dimensi alternatif dan sosok yang mirip dengan Coulson adalah dirinya dari dimensi alternatif. Tapi diantara dua spekulasi tersebut, kita harus menunggu dan melihat apakah hal itu akan benar-benar terjadi.

Kaskus Battleground