Sudah dari sejak lama, Kal-El alias Superman dikenal sebagai seorang superhero yang kuat dan juga bijak. Bahkan, Batman sendiri pernah bilang kalau Superman bisa lebih “manusia” dibandingkan dengan manusia itu sendiri. Tapi, pastinya banyak para fans yang penasaran bagaimana dengan Superman dari masa depan. Apakah dia lebih kuat dan lebih bijak?

Di komik Justice League #19, semua rasa penasaran para fans DC itu pun akan terjawab. Karena, di volume terbaru komik Justice League ini, dalam hitungan detik Superman dapat pergi ke dimensi keenam dan juga pergi ke masa depan. Saat kembali, Superman berubah total dan bahkan dia juga memperlihatkan sesuatu yang mengejutkan.


Superman Pergi ke Dimensi Keenam


Para fans DC, khususnya buat yang mengikuti cerita komik Justice League, pasti tahu dong kalau pahlawan di Justice League sedang membutuhkan pertolongan, bahkan bisa dibilang mereka membutuhkan pertolongan di luar dimensi mereka. Salah satu musuh klasik Superman, Mr. Mxyzptlk, kemudian menawarkan bantuan kepada Justice League dengan cara mengizinkan Superman untuk pergi ke dimensi keenam. Mr. Mxyzptlk sendiri adalah makhluk yang yang berasal dari dimensi kelima, yaitu dimensi imajinasi.

Mxyzptlk sebenarnya tidak yakin apa yang bisa Superman temukan di dimensi keenam dan dimensi terakhir itu. Seperti yang diungkapkan oleh Mxyzptlk kepada Justice League, universe yang mereka tinggali dan ketahui sekarang berada di dimensi ketiga. Dimensi keempat adalah waktu dan dimensi kelima adalah dimensi yang diciptakan dan dibentuk oleh kekuatan imajinasi. Bagaimana dengan dimensi keenam? Hal itu berada di luar dari realita DC dan hanya beberapa orang (makhluk) saja yang diketahui tinggal disana. Mereka adalah The Monitor, The Anti-Monitor, dan pecipta realita DC yaitu dewi Perpetua.


Superman Kembali Dari Masa Depan Dalam Hitungan Detik


Karena Mxyzptlk berada di luar waktu yang berbeda dengan Justice League, dia mengungkapkan kalau krisis yang mereka hadapi dan permintaan yang diajukan oleh mereka sudah diketahui dari dulu oleh Mxyzptlk. Untuk mempersiapkan hal tersebut, dia kemudian sengaja memancing masalah dengan Superman. Tujuannya adalah agar Superman memiliki energi yang cukup dari dimensi kelima dan bisa selamat dalam perjalanan menuju dimensi keenam. FYI Geeks, Mxyzptlk sendiri yang tinggal di dimensi kelima tidak berani buat pergi ke dimensi keenam.

Karena tidak memiliki pilihan lain, akhirnya para anggota Justice League pun harus “merelakan” Superman pergi ke dimensi keenam. Yang mengejutkan, Superman ternyata hanya pergi selama beberapa detik (menurut waktu mereka). Saat Superman kembali melalui ke dimensi ketiga, para anggota Justice League pun bertemu dengan Superman yang berbeda dari yang mereka kenal.


Superman Dari Masa Depan Muncul


Superman yang muncul kembali di hadapan para Justice League adalah sosok Superman dari masa depan. Menurutnya, dia sudah pergi selama satu dekade terakhir di dimensi keenam. Selama di dimensi keenam, Superman melihat miliaran kemungkinan yang akan terjadi dan kemudian menganalisanya. Meskipun terasa lama di dimensi keenam, di dimensi ketiga hal itu hanya terjadi dalam hitungan detik.

Tapi, mungkin yang paling banyak dibahas para fans adalah penampilan baru dari Superman. Mungkin Geeks sudah pernah lihat bagaimana kalau Superman bertambah usia menjadi tua. Tapi, Superman yang pergi ke dimensi keenam tadi benar-benar berbeda.  penampilan terbarunya lebih mirip dengan dewa dari planet lain dibandingkan dengan sosok Clark Kent yang kita kenal.


Superman Perkenalkan Justice League Versi Masa Depan


Setelah Superman memodifikasi pintu yang menjadi jalan masuknya ke dimensi keenam, semua anggota Justice League di dimensi ketiga(kecuali Mera dan Starman) kemudian masuk ke dimensi keenam melalui pintu itu. Apa yang mereka lihat ternyata di luar dugaan mereka. para anggota Justice League ini melihat Hall of Justice versi masa depan. Selain itu, mereka juga bertemu dengan diri mereka dalam versi masa depan.

Seperti yang dijelaskan oleh Superman, dia tidak hanya sudah melihat masa depan dimana para pahlawan tersebut berhasil mengalahkan ancaman yang akan datang dan menang. Superman juga bilang kalau dia tinggal disana. Tapi, masih belum diketahui apakah artinya Superman tidak akan kembali ke “bentuk” lamanya ataukah hanya versi masa depannya saja yang kemudian tinggal disana. Mungkin di volume selanjutnya pertanyaan ini akan terjawab.