Sebuah crossover emang selalu menarik buat disaksikan. Apalagi yang ngelakuin crossover adalah dua judul yang ikonik dan udah jadi bagian dari kultur budaya pop. Hal inilah yang terjadi dengan Transformers dan Ghostbusters. Udah lama banget para pecinta budaya pop 80an ingin keduanya saling “bertemu” dan sekarang sepertinya mimpi itu bakalan jadi kenyataan.

Dalam laporan i09 Gizmodo, seri komik crossover yang mempertemukan Ghostbusters dan Transformers bakalan terlaksana musim panas ini. Ide tentang crossover ini datang dari pihak IDW Publishing yang sekarang menjadi penerbit komik Transformers. Mereka rencananya bakalan ngebuat lima volume komik yang bakal nyeritain para Autobots bergabung dengan tim pembasmi hantu, buat ngehadapin musuh yang sangat beda dari yang biasa.




Kabar ini juga sebelumnya diumumin sama Hasbro, yang nyebutin kalau keduanya bakalan muncul dalam satu cerita. Ada Transformer baru yang diciptain buat seri ini, yaitu Ectotron. Ectotron sendiri adalah mobil dinas Ghostbusters, Ecto-1, yang dirubah menjadi Autobots. Kepala Editor IDW, John Barber, bilang kalau dia udah gak sabar buat ngerilis komik ini.

1984 merupakan sebuah perubahan besar buat dunia hiburan, tahun peluncuran Transformers dan Ghostbusters. Pada saat itu, John Barber kecil ada saat Transformers muncul dan sedikit ketakutan untuk menyaksikan Ghostbusters tapi sekarang, aku sedikit berani dan tidak sabar untuk melihat dua dunia bersatu.

Dalam ceritanya, ketika Autobots merespon sinyal Cybertron aneh yang berasal dari bumi, para Autobots tersebut sadar kalau udah ada banyak sekali ancaman yang menunggu mereka di bumi. Kita-kira apa ancaman aneh tersebut? Dan kepada siapa mereka bekerja? Geeks bisa mulai melihat komiknya pada 31 Juli nanti.