Plot dari serial televisi HBO Watchmen masih diselimuti kabut rahasia, namun dari beberapa informasi yang di dapat nampaknya Ozymandias, yang diperankan oleh Jeremy Irons, hendak menciptakan Doctor Manhattan baru. Doctor Manhattan, nama asli Jonathan Osterman, adalah seorang fisikawan nuklir yang secara tidak sengaja tubuhnya hancur dalam sebuah penelitian. Awalnya diduga tewas, namun ia muncul kembali setelah merekonstruksi ulang tubuhnya. Dengan kekuatan mengendalikan atom dan subatom yang membuatnya menjadi senjata hidup dan seorang dewa, pemerintah Amerika Serikat lantas menggunakannya untuk kepentingan negara. Mereka juga memberinya nama Dr. Manhattan, dari proyek senjata nuklir bernama Manhattan Project.

Di akhir cerita Watchmen, setelah Ozymandias melaksanakan rencana mengerikannya untuk merubah dan mengembangkan dunia, Doctor Manhattan memutuskan untuk meninggalkan bumi untuk menjelajahi alam semesta. Dengan kembalinya Ozymandias sebagai antagonis di dalam serial Watchmen HBO, tampaknya mantan anggota Watchmen dengan nama Adrian Veidt ini berupaya untuk menciptakan senjata hidup seperti Dr. Manhattan atau justru malah mengubah dirinya menjadi Dr. Manhattan sendiri.


Jeremy Irons Akan Berperan Sebagai Ozymandias Tua


Adrian Veidt alias Ozymandias adalah satu-satunya karakter dari cerita Watchmen yang asli, dan telah dikonfirmasi untuk kembali hadir di dalam serial televisi HBO-nya. Anggota Watchmen dengan IQ paling tinggi ini  akan diperankan oleh aktor Inggris, yang telah banyak memainkan penjahat, Jeremy Irons. Damon Lindelof mengatakan bahwa segala hal yang terjadi di dalam novel grafisnya akan berhubungan dengan serial ini, termasuk diantaranya kematian Rorschach dan Comedian, serta Doctor Manhattan yang meninggalkan bumi. Serial ini tidak akan menambahkan apapun untuk merajut ulang kisah yang ada di dalam komik, namun juga tidak akan menjadi sebuah sekuel langsung. Jadi jangan harap untuk melihat banyak wajah-wajah yang berasal dari komik Watchmen di dalam serial ini.

Lindelof juga mengatakan bahwa “Kami juga berupaya untuk mengunjungi masa lalu melalui karakter yang mengejutkan, namun tak asing… dan disinilah kami akan mengambil resiko terbesar kami.” Wajah yang mengejutkan, namun tak asing ini kemungkinan adalah Ozymandias, dan kali ini kita akan melihat lebih banyak cerita dari perspektifnya. Hal ini tidak banyak dimunculkan di dalam novel grafis aslinya, mengingat akan membongkar twist yang menjadikan ia seorang penjahat. Kira-kira apa tujuan manusia terpintar ini apabila ia lebih menjadi protagonis?


Hubungan Ozymandias dengan Doctor Manhattan


Di dalam video rekaman Watchmen yang di dapat melalui profil Instagram tidak memberikan banyak informasi mengenai cerita, namun tampak memberikan informasi atas apa yang akan dilakukan oleh Ozymandias. Di dalam satu rekaman di mana Jeremy Irons berkata “It’s only just begun,” menunjukkan fasilitas percobaan bernama “Gila Flats 195_.” Fasilitas inilah yang menjadi tempat di mana Jon Osterman mengalami insiden yang pada akhirnya menjadikannya Doctor Manhattan. Dari sebuah foto set Watchmen yang menunjukkan prop sebuah koran mengatakan bahwa Ozymandias telah mati. Ia tidak terlihat selama sepuluh tahun oleh siapapun, sehingga orang-orang menduga kalau ia telah mati.

BACA JUGA: BAGAIMANA CARA CAPTAIN MARVEL MEMILIKI KEMAMPUAN TIME TRAVEL?

Sehingga sangat mungkin apabila fasilitas Gila Flat telah menjadi markas operasi terbarunya. Fasilitas ini ditutup karena telah terjadi sebuah kebakaran yang hebat yang melanda tempat ini, sehingga diduga telah ditinggalkan selamanya. Mau menjadikannya markas atau hanya sekedar berkunjung di tempat ini, hanya ada satu alasan tepat bagi Ozymandias untuk mengunjungi tempat ini: menciptakan ulang kejadian yang melahirkan Doctor Manhattan, kemudian “menghadiahkan” umat manusia seorang manusia yang memiliki kekuatan dewa.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here