Doctor Manhattan Diciptakan Ulang Ozymandias?


Prop koran dari set Watchmen juga mengungkapkan sebuah perbincangan mengenai penelitian yang dulu menyebabkan terlahirnya Doctor Manhattan. Informasi tersebut dapat dilihat di bawah berita mengenai kematian Ozymandias, di mana tertulis sebuah headline berita “Intrinsic Chamber Talks Begin In Moscow.Jika Perang Dingin masih bertahan hingga abad ke-21, maka Amerika Serikat dan Rusia di dunia Watchmen masih berlomba dalam mengembangkan senjata. Rusia kemungkinan berencana untuk membuat Doctor Manhattan mereka sendiri. Amerika Serikat tentunya tidak akan membiarkan hal ini begitu saja, mengingat hal ini akan mengguncang keseimbangan kekuatan global. Jikalau benar terjadi, maka hal ini akan memberikan alasan bagi Amerika Serikat dan Ozymandias untuk menciptakan kembali Doctor Manhattan.

Namun, membuat manusia super seperti Doctor Manhattan tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan Doctor Manhattan sendiri yang belajar untuk mengendalikan atom sehingga ia bisa merekonstruksi ulang tubuhnya. Selain itu diimplikasikan kalau ia juga belajar mengendalikan kekuatannya sama seperti ia memperbaiki jam, dan pengetahuannya atas nuklir fisika juga kemungkinan akan membantunya untuk mengendalikan kekuatannya. Sehingga hanya ada satu kandidat yang cocok untuk menjadi Doctor Manhattan: Ozymandias sendiri. Selain karena ia adalah manusia terpintar di dunia, sehingga memberikanya peluang untuk mengendalikan atom sepeti Jonathan Osterman, dan memiliki kekuatan seperti Doctor Manhattan dapat memberikannya kesempatan untuk merubah dunia seperti yang diinginkannya.


Dunia yang Belum Sempurna


Di akhir cerita Watchmen, Ozymandias berhasil menjalankan rencananya, meski dalam jangka waktu yang singkat. Rencananya untuk membunuh setengah penduduk di kota tersebut, justru malah tidak menghasilkan “perubahan yang hebat” bagi seluruh umat manusia. Di dalam post Instagram serial Watchmen dari HBO, justru lebih banyak orang-orang yang memakai topeng layaknya anggota Watchmen, dari masyarakat biasa hingga anggota kepolisian. Umat manusia bahkan masih diselimuti dengan ketimpangan, ketidakpercayaan, dan kebencian.

BACA JUGA: 20 GAME KEREN YANG PALING DIANTISIPASI DI TAHUN 2019!

Sehingga dunia yang sekarang terjadi di dalam Watchmen masih belum sempurna, atau meminjam kata-katanya dari trailer” “it’s only just begun.” Nampaknya melalui trailer ini Ozymandias akan kembali berperan sebagai antagonis, bedanya para penonton sudah tahu kalau ia adalah penjahat di awal cerita. Yang menjadi pertanyaan siapakah yang akan menentang rencananya ini? Di dalam rekaman video juga terdapat karakter baru yang memakai topeng Rorschach, dan karena karakter aslinya mati di komik dan film, maka akan menjadi tugas penerusnya untuk menghentikan rencana Ozymandias.

1
2