Jika kalian pikir bahwa komik Dark Nights: Metal sudah memperkenalkan kita pada setiap versi gelap dari Batman di multiverse tersebut, maka kalian semua salah. Batman masih memiliki “pasukan lainnya” yang belum kita ketahui. Dikerjakan oleh Scott Snyder, DC memberikan komik terbaru untuk salah satu versi gelap Batman, tepatnya Grim Knight Batman. Komiknya sendiri diberi judul The Batman Who Laughs: Grim Knight #1.

Mini seri The Batman Who Laughs akan dirilis pada Maret mendatang tapi, sembari menunggu komik tersebut dirilis DC akan terlbih dahulu merilis one-shot dari komik ini, yang akan memberikan latar belakang dari sosok yang misterius dan mematikan ini. Comicbook.com sendiri sempat mewawancarai Snyder terkait dengan seri Batman Who Laughs ini.

Benar-benar terasa bebas, jadi aku merasa aku masuk ke sebuah wilayah yang belum pernah aku rasan dan benar-benar baru untuku. Komik ini memunculkan sebuah mimipi buruk, elemen kosmik yang meluas dimana saat aku memulai “Black Mirror” bersama Jock aku merasa aku memiliki cerita yang benar-benar personal.

Dibandingkan dengan seorang Bruce Wayne, Grim Knight lebih dekat kepada sosok seorang Frank Castle. Bukan tanpa alasan, the Punisher dan Grim Knight sama-sama menggunakan seluruh persenjataan yang mereka miliki untuk menghabisi nyawa mereka yang bersalah. Namun, perbandingan the Punisher dan Grim Knight ini tidak sepenuhnya benar.

BACA JUGA: Bounty Hunter Ini Akan Hadir Di Star Wars: Mandalorian!

Hal ini karena the Punisher masih memiliki nilai moral. Sedangkan Grim Knight, kita akan melihat Batman dalam versi ekstrim yang senang untuk meledakan kepada orang dengan senjata yang dia miliki. Buat sebagian orang atau penggemar, Grim Knight ini mungkin akan sedikit mengusik “kepercayaan” mereka tentang sosok Batman. Tapi, itulah asyiknya jika kita bermain dengan realita alternatif.