Dunia Quantum atau Quantum Realm pertama kali diperkenalkan di film Ant-Man pada 2015 silam, ketika Scott Lang menciut menjadi seukuran subatom. Dia berada di sebuah dimensi dimana hukum waktu dan ruang sangat tidak relevan. Dunia Quantum sendiri diambil dari teori mekanik quantum di dunia nyata, yang bunyinya jika kita menciut melebihi dari ukuran yang sudah ditentukan, hukum semesta alam akan hancur.

Kevin Feige mengerti betul kalau teori tersebut sangat memberikan pengaruh besar bagi MCU. Dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan dalam  Marvel Studios: The First 10 Years, Kevin Feige mengkonfirmasi bahwa dunia Quantum akan memiliki peran penting dalam MCU kedepannya.

Di akhir (film) Ant-Man kita mengikuti Scott Lang masuk ke dunia Quantum untuk pertama kali. Kita mulai membuka lapisan pertama yang kemudian dibuka seluruh lapisannya dalam film Doctor Strange saat kita pergi ke multiverse. Jadi itu adalah sebuah tes kecil yang kami lakukan.

Tapi, dunia Quantum sekarang adlah keseluruhan teritori yang berbeda yang bisa kita mainkan pada cerita kami. Dunia Quantum ini lebih luas daripada yang kita bayangkan, dan ada banyak petualangan disana, yang mana kemungkinan kami akan eksplor lebih jauh lagi dalam film.”

Ada dua kunci yang perlu diperhatikan dalam ucapan Feige tersebut. Pertama adalah multiverse. Ada kemungkinan maksud dari multiverse versi MCU berbeda dengan versi komiknya. Dalam cerita komik, multiverse adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendenotasikan sebuah lini masa paralel. Contohnya adalah sebuah realita alternatif dimana Apocalypse mengambil alih bumi atau Tony Stark adalah seorang perempuan. Sedangkan bagi Marvel Studios, multiverse adalah sebuah realita lain yang berada di atas atau di bawah dari realita yang kita miliki sekarang. Doctor Strange adalah contohnya.

Yang kedua adalah tentu saja dunia Quantum. Marvel sendiri membayangkan dunia Quantum adalah sebuah tempat yang tidak berpenghuni. Sementara itu, banyak sekali concept art yang tidak terpakai untuk dunia Quantum, seperti istana ingatan Quantum atau Quantum Memory Palace. Dan seperti yang diungkapkan oleh Feige, Marvel juga bisa “bermain” lebih dalam lagi dengan dunia Quantum setelah lama mengeksplor dunia kosmik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.