Melanjutkan suksesnya komik trilogi Setan Jalanan karya Franki Indrasmoro dan Haryadhi beberapa tahun silam dan komik digital crossover Volt x Setan Jalanan tahun lalu, beberapa hari yang lalu salah satu publisher komik Indonesia, FranKKomiK, dalam acara Pop Con Asia 2018 mengumumkan kalau mereka sedang mempersiapkan proyek komik baru yang sudah memasuki tahap produksi.

Setan Jalanan & Sabit Liar adalah judul komik tersebut. Komik ini ditulis oleh Ajon Purwo Hanggoro, seorang komikus muda asal Yogyakarta yang lekat dengan citra gaya gambar klasik. Franki Indrasmoro sangat tertarik dengan gaya gambar dari Ajon. Setelah melihat karya Ajon, Frangki menginginkan adanya sebuah kolaborasi diantara mereka. Frangki juga senang bila komik Setan Jalanan berada di tangan Ajon.

Ketertarikan Frangki terhadap Ajon membuat dirinya “menantang” Ajon untuk membuat komik Setan Jalanan. Tidak hanya menggambar, namun juga membuat ceritanya. Ya, komik Setan Jalanan & Sabit Liar adalah seluruhnya karya Ajon. Seratus persen. Dalam proyek ini Franki bertindak sebagai produser, konsultan naskah, penulis teks, dan juga editor. Karena Ajon berasal dari Yogyakarta, maka di komik kali ini Sang Pemotor Misterius tersebut “dipaksa” untuk bertualang di kota gudeg tersebut.

Melalui proyek ini juga, Franki secara pribadi sebagai pemilik hak cipta atas karakter Setan Jalanan, rupanya mempunyai misi khusus. Ia dan rekannya, Aria Baja, menunjukkan bahwa pintu mereka kini terbuka lebar, turut menyemangati para kreator, penulis dan illustrator komik untuk berkarya. FranKKomiK menerima submisi karya, baik itu mengangkat karakter komik original para kreator ataupun karakter komik yang hak ciptanya dipegang FranKKomiK.

Di proyek Setan Jalanan & Sabit Liar, FranKKomiK berkolaborasi dengan Kolase.com, yaitu sebuah platform digital crowdfunding untuk proyek-proyek seni. Jadi, kawan-kawan kini bisa turut berkontribusi dalam mewujudkan terbitnya komik Setan Jalanan & Sabit Liar, dengan cara berdonasi untuk memenuhi biaya produksi atas proyek ini.

Dalam acara Soft launching yang diadakan di POPCON Asia 2018 adalah sebuah simbol yang menandakan bahwa komik Setan Jalanan & Sabit Liar siap diproduksi, jika target dari crowdfunding sudah terpenuhi. Sebagai bukti bahwa komiknya telah siap, di acara yang digelar di Battle Stage hari pertama Popcon pada Sabtu, 22 September kemarin, FranKKomiK mencetak 30 eksemplar komik Setan Jalanan & Sabit Liar edisi khusus Popcon Asia 2018. Produk yang ada di campaign Kolase.com tentunya tak kalah spesial dengan yang ada khusus di POPCON.

Buat Geeks yang penasaran dengan komik Setan Jalanan dan Sabit Liar, bisa mengunjungi http://bit.ly/setanjalanan dan pilih paket-paket menariknya.