Dalam film Avengers : Infinity War, Thanos berhasil untuk menjentikan jaringan dengan kekuatan dari Infinity Stones. Hal tersebut membuat semua makhluk berubah menjadi debu dan menghilang. Tapi, apakah Thanos benar-benar membuat setengah dari kehidupan yang ada di alam ini menghilang? atau mungkinkah Avengers 4 nanti akan menjawab pertanyaan kemana semua para karakter yang hilang tersebut? Teori menyebutkan bahwa mereka sebenarnya terjebak di Soul World, sebuah alam di dalam Soul Stone.

Tanpa diduga, sepertinya Soul Stone memiliki “peran” di film Infinity War. Karena hal tersebut juga maka tidak aneh banyak yang berspekulasi, Soul World dan Soul Stone akan memiliki “peran” yang penting juga di Avengers 4 mendatang. Teori yang paling banyak digaungkan adalah Soul World dan Soul Stone bisa menjadi kunci untuk mencegah Thanos menjentikan jarinya.


Penjelasan Tentang Teori Soul Stone


Masalah yang fundamental dalam Infinity War adalah film ini “membunuh” para karakter yang kita tahu mereka akan kembali. Contohnya adalah Spider-Man. Saat ini sekuel dari Spider-Man : Homecoming yaitu Far From Home, sedang memasuki masa produksi. Film tersebut akan memiliki latar cerita beberapa menit setelah kejadian di Avengers 4.

Kemudian Doctor Strange. Kevin Feige sendiri sudah mengkonfirmasi Doctor Strange akan dibuatkan sekuelnya dan Scott Derickson sudah memberikan sinyal bahwa film tersebut akan memasuki tahap pra-produksi pada bulan depan. Rumor berhembus kencang tentang pembuatan sekuel Black Panther. Dengan kesuksesan dan kepopuleran dari Black Panther, rasanya Marvel tidak mungkin mau melewatkan kesempatan ini begitu saja.

BACA JUGA : Marvel Siapkan Film “Misterius” Untuk Phase 4?

Jika ketiga karakter tersebut memang dipersiapkan untuk kembali maka, mereka pasti akan kembali. Meskipun beberapa pihak Marvel mencoba meyakinkan bahwa mereka benar-benar mati, para fans sudah mengetahui satu hal yaitu bahwa apa yang dilakukan oleh Thanos memang ditakdirkan untuk tidak selesai. Hal itu sama seperti yang terjadi di komiknya. Pertanyaannya adalah bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Disinilah teori dari Soul Stone masuk. Menurut teori, Thanos tidak benar-benar membunuh setengah dari penduduk alam ini. Mereka hanya “dikonsumsi” oleh Soul Stone. Dalam cerita komik, benda atau hal yang memiliki haknya sendiri dan memiliki hasrat yang besar untuk mengkonsumsi jiwa dari para makhluk hidup. Siapapun yang terkena efek dari Soul Stone, akan terjebak di dalam Soul World.

Sangat sulit untuk bisa kabur dan keluar dari Soul World. Teori ini kemudian menjelaskan bahwa para Avengers yang masih hidup akan mencoba untuk membebaskan para Avengers lain, kemudian bertarung melawan Thanos untuk terakhir kalinya, dan kemudian menyelamatkan para korban Soul Stone lainnya. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa para anggota asli Avengers akan menjadi “pengorbanan” terakhir yang membuat Soul Stone melepaskan korban-korban lainnya.

Teori ini merupakan teori yang sangat menarik, dan pada awalnya bisa kita ketahui bahwa hal tersebut sangat terinspirasi dari komiknya. Apalagi dengan berbagai adegan yang terjadi di Infinity War, seperti Thanos yang berbicara kepada Gamora di Soul World, membuat banyak orang tentunya percaya dengan teori ini.


Time Travel Membuat Teori Soul Stone Menjadi Kurang Dipercaya


Teori Soul Stone memang membuat banyak orang percaya akan hal tersebut tapi, masalah utama teori ini hanya satu, tidak dibutuhkan. Teori ini memberikan jawaban bagi pertanyaan bagaimana para Avengers yang hilang bisa kembali tapi, bukti-bukti yang ada memberikan sebuah sinyalemen yang kuat bahwa Marvel mengambil pendekatan yang berbeda. Dibanding melakukan eksplorasi tentang Soul World, mereka lebih condong untuk menggunakan konsep perjalanan waktu (time-travel).

Sudah banyak bukti yang memberikan penjelasan bahwa Avengers 4 akan menjadi film tentang perjalanan waktu, mengunjungi kembali beberapa kejadian dari beberapa filmnya. Berbagai foto bocoran dari set film menunjukan bahwa akan ada adegan dimana Avengers akan kembali ke Battle of New York. Rumor juga menyebutkan bahwa Crossbones akan kembali beserta beberapa karakter lainnya. Dengan menggunakan dunia Quantum, mereka akan melakukan hal tersebut.

Mengapa Avengers harus melakukan perjalanan waktu? alasan paling logis adalah mereka berusaha untuk mengubah jalan sejarah, secara spesifiknya untuk mencegah Thanos menjentikan jarinya. Avengers 4 bukan hanya sekedar bagaimana Avengers mencegah Thanos menjentikan jarinya, tapi juga tentang memastikan bahwa apa yang kita lihat di Infinity War tidak pernah terjadi.


Teori Soul Stone Tidak Menjelaskan Tentang Vision


Jadwal shooting untuk Avengers 4 sudah berakhir pada Desember 2017 lalu. Jika menilik ke akun-akun media sosial, semua aktor yang terbunuh oleh Thanos, berada di Atlanta dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut sepertinya memang dilakukan demi adegan perjalanan waktu tersebut. Kemudian ada satu aktor lagi yang dikonfirmasi berada di sana yaitu Paul Bettany yang memerankan Vision.

BACA JUGA : Avengers 4 : Dimana Keberadaan Para Karakter Marvel Yang Selamat?

Hal inilah yang tidak bisa dijelaskan oleh teori dari Soul Stone. Vision bukan mati karena jentikan jari Thanos melainkan karena Thanos sendiri yang mengambil Mind Stone dari kepalanya. Jadi, tidak mungkin Vision ikut masuk ke Soul World.


Jentikan Jari Thanos Tidak Terpengaruh oleh Soul Stone


Teori tentang Soul Stone tidak dibutuhkan dalam cerita Avengers 4 dan tidak cukup kuat ketika disuruh menjelaskan tentang teori “kebangkitan kembali”. Selain itu, teori tersebut juga tidak pas dengan detil dari adegan saat Thanos menjentikan jarinya. Screen Rant pernah mewawancarai VFX supervisor film ini, Dan Deleeuw, bahwa timnya pada awalnya memiliki ide untuk membuat efek disentegrasi dari semua warna Infinity Stones, demi memperlihatkan kekuatan Infinity Stones ketika disatukan.

Namun, ketika hal tersebut dicoba, Dan menyebutkan bahwa hal tersebut terlalu berlebihan. Bahkan jika terlalu banyak “warna” dari Soul Stone, mereka akan terlihat seperti terbakar. Pada akhirnya tim VFX hanya berfokus kepada Power Stone, yang menyebabkan kematian dari carina, asisten The Collector.


Hanya Ada Satu Orang Di Dalam Soul Stone


Gamora menjadi satu-satunya orang yang terjebak di dalam Soul Stone. Zoe Saldana, pemeran Gamora, sudah mengkonfirmasi bahwa dirinya akan kembali di Avengers 4 mendatang dan James Gunn sudah mempersiapkan sebuah peran besar di Guardians of the Galaxy Vol. 3. Gamora mungkin memang bukan “korban” dari jentikan Thanos tapi, yang pasti cerita tentang Gamora masih belum selesai.

Lebih lanjut, Infinity War memberikan sebuah petunjuk penting yang menunjukan bagaimana di bisa kembali. Red Skull menyebutkan bahwa satu jiwa bisa ditukar dengan jiwa lainnya. Seseorang yang sangat mencintainya bisa mengorbankan diri demi membawa dia kembali. Untungnya, ada tiga orang yang bisa dan kemungkinan mau melakukan hal tersebut.

BACA JUGA : Haruskah Marvel Mengadaptasi Cerita Namor?

Pertama adalah Peter Quill alias Star-Lord. Dalam infinity War kita melihat bahwa Peter sangat mencintai Gamora dan begitu pula dengan Gamora. Peter merasa sangat kehilangan dan sedih ketika mengetahui Gamora sudah mati. Tidak diragukan lagi Quill akan mengorbankan dirinya demi menggantikan posisi Gamora.
Tapi, hal tersebut sepertinya hanya berlaku di atas kertas. Faktanya adalah Chris Pratt adalah “pemimpin” dari franchise GOTG. Dia juga sudah mengkonfirmasi bahwa dirinya akan kembali untuk film ketiga GOTG.

Kedua yaitu Nebula. Awalnya Nebula dan Gamora merupakan “musuh bebuyutan”. Mereka beberapa kali terlihat saling membunuh satu sama lainnya. Dan pada GOTG Vol. 2 kita diperlihatkan mereka sebagai “saudara”. Gamora memilih untuk memberi tahu tentang keberadaan Soul Stone hanya kepada Nebula, menunjukan bahwa kedekatan mereka saat ini sudah mulai terasa.

Untuk mendukung teori tersebut, nama Karen Gillan menjadi satu-satunya nama dari cast utama GOTG yang sampai saat ini belum disebut untuk film GOTG Vol. 3. Hal tersebut bisa berarti bahwa Nebula tidak selamat dalam pertempuran atau dalam cerita tersebut.
Yang terakhir adalah Thanos sendiri. Apa yang sudah dilakukan oleh Thanos di film Infinity War benar-benar sangat gila. Dibandingkan menyelamatkan alam raya ini, Thanos justru menciptakan kekacauan yang luar biasa. Sangat mungkin di film Avengers 4 mendatang, Thanos kemudian akan sadar bahwa apa yang dia lakukan selama ini salah.

Thanos benar-benar mencintai Gamora, itulah mengapa Soul Stone menerima pengorbanannya. Jika Thanos merasa apa yang dia lakukan tidak sebanding, jika apa yang dia percayai tentang menyeimbangkan alam semesta gagal, maka tidak akan ada keraguan bagi Thanos untuk mengorbankan dirinya sendiri demi membawa Gamora kembali.
Terlepas dari siapa nantinya yang akan mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Gamora, yang pasti cerita tentang Soul Stone ini nantinya akan menjadi adegan yang sangat emosional di Avengers 4 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.