Metal Gear Solid adalah salah satu franchise video games yang paling ikonik sepanjang waktu. Menghadirkan tokoh protagonist utama yaitu Solid Snake. Rencananya film ini akan segera diangkat ke layar lebar oleh Jordan Vogt-Roberts. Tentu saja Geeks pasti tahu berbagai elemen gila yang ada di game ini dan juga jalan cerita yang sangat kompleks.

Berbicara kepada Screen Rant saat berada di acara San Diego Comic con kemarin, Jordan sadar akan tantangan besar yang akan dia hadapi dan dia juga mengungkapkan dirinya memiliki rencana yang sudah dia siapkan agar film Metal Gear Solid tersebut nantinya bisa sukses dan berhasil diadaptasi ke dalam film.

aku memiliki target untuk mencoba dan menciptakan kembali perasaan apa yang sebuah game buat ketika kalian memainkannya. Perasaan apa yang keluar dari dirimu dan kemudian bagaimana kalian mengambil perasaan tersebut dan menerjemahkannya dari pengalaman aktif bermain sebuah game ke pengalaman pasif menonton film dengan sebuah jalan yang terasa akurat dan honorable untuk apa yang sudah kalian rasakan dan apa yang sudah dibuat.”

“ini merupakan sebagaian dari kami, seperti DNA miliku yang dikendalikan oleh video games dan anime dan Manga saat saya muda, kemudian mengalir secara alami kedalam film yang saya buat… Saya hanya ingin menemukan kejujuran tersebut dan kebenaran tersebut dan Metal Gear memiliki banyak sekali elemen dan banyak sekali hak-hal sulit yang menjadi salah satu favoritku.

Bukan tanpa alasan jika Jordan memiliki kekhawatiran besar terhadap film adaptasinya dan juga tantangan besar yang akan dia hadapi untuk film ini. Sebagian besar dari gagalnya sebuah film adaptasi video game adalah tidak bisanya film tersebut menangkan apa yang membuat game tersebut bekerja. Elemen apa saja yang dihadirkan yang menjadi “system” sebuah game tersebut bisa berjalan. Terkadang, film-film tersebut juga gagal sebagai sebuah standalone alias sebuah film solo.

Film Silent Hill di tahun 2006, dianggap sebagai salah satu film dari genre adaptasi game yang mampu untuk menangkap berbagai hal dan elemen dari gamenya seperti atmosfir yang ditampilkan, juga tone dan berbagai keseraman yang dihadirkan dalam film ini. Tapi, film ini “ternodai” oleh kesalahan pada skrip dan subplot yang gagal. Jordan sebelumnya juga pernah berbicara bahwa film seperti Edge of Tomorrow, mampu menerjemahkan logika dari sebuah game ke layar lebar, dan Jordan merasa dia pun mampu untuk melakukan hal yang sama.

Naskah skrip untuk film ini sendiri sudah selesai dan sudah bisa segera masuk proses produksi. Kreator dari Metal Gear Solid, Hideo Kojima, sudah memberikan “restu” kepada Jordan dan bahkan menyebut Jordan adalah satu-satunya sutradara yang mampu untuk menerjemahkan game ini ke layar lebar. Kita nantikan saja ya geeks informasi proses produksi dari Metal gear Solid.

4 KOMENTAR

  1. Film yang diadaptasi dari game biasanya bakal berujung kekecewaan, di IMDB sangat jarang (atau tidak ada) film adaptasi game yang ratingnya lebih dari 7!

  2. Jordan Vogt-Roberts sudah bertemu hideo kojima, kalau emang kojima sudah setuju dengan skrip nya kenapa ndak?
    metal gear solid bukan subah seri games sembarang, itu sebuah pekerjaan yg penuh resiko

  3. Betul, kalo Kojima san nya sudah setuju bisa langsung dieksekusi. Tapi, seperti yang mas gostra bilang, MGS bukan seri sembarangan. Jadi, semua perisapannya harus matang dulu. Takutnya nanti malah mengecewakan. Dengan rencanya yang Roberts sudah persiapkan, mudah-mudahan saja pas eksekusi dan hasil akhirnya gak zonk hahahaha

  4. Karena memang pengalaman bermain game gak mungkin bisa dibawa ke film sih. Tapi, Roberts sendiri juga gamer dan dia juga sudah punya rencana yang akan dia lakukan buat game ini. Dia juga bilang gak akan mengulang kesalahan dari film-film adaptasi game. Kita doain mudah-mudahan bisa sesuai ekspektasi, yaaah setidaknya bikin puas lah hehehehehe