Mengenal Sosok Thanos Dalam Komik ‘Thanos Rising’!

0
1947

‘The Mad Titan’ begitulah mereka menyebutnya, tahun ini Mad Titan atau yang lebih di kenal dengan Thanos seketika menjadi perhatian publik semenjak kemunculannya di Avengers Infinity War. Karakter yang di perankan oleh Josh Brolin ini benar-benar tampil memukau di Avengers Infinity War. Bahkan kesuksesan Brolin memerankan karakter Thanos di anggap sebagai salah satu kunci kesuksesan film Avengers Infinity War. Thanos sendiri jika di lihat dari komik Marvel ia muncul pertama kali pada tahun 1973 yaitu pada komik The Invincible Iron Man #55. Karakter ini di ciptakan oleh Mike Friedrich dan Jim Starlin, menurut Jim Starlin karakter Thanos pada awal penciptaannya terinspirasi dari Darkseid karater yang di ciptakan oleh Jack Kirby di DC Comics.

Namun Jim Starlin sendiri mengatakan bahwa sebenarnya pada awal ia menggambar Thanos, karakter tersebut malah terlihat lebih mirip seperti Metron salah satu karakter di DC Comics yang juga di ciptakan oleh Jack Kirby. Avengers Infinity War mungkin bisa di bilang merupakan filmnya Thanos namun jika di perhatikan asal usul karakter tersebut tidak di ceritakan dengan jelas di film tersebut. Mungkin ada dari kamu yang penasaran tentang origin (asal usul) Thanos. Nah, kali ini kita akan memberi ulasan dari salah satu judul komik Thanos Rising yang di rilis pada tahun 2013 yang merupakan komik yang menceritakan asal usul seorang “Mad Titan” atau yang lebih kalian kenal dengan sebutan Thanos. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

 


THANOS MEMILIKI KELUARGA


 

My Darling Thanos, seperti itulah ayah Thanos menyambut Thanos yang baru saja di lahirkan. Meski terlahir dengan keadaan yang sedikit berbeda, ayah Thanos percaya bahwa Thanos adalah anak yang tangguh. Ketika di lahirkan bayi Thanos muncul dengan keadaan kulit yang berwarna ungu dan kelainan genetik yang ada pada Thanos tersebut di kenal dengan istilah Deviant Syndrome. Saat di berikan kepada ibunya untuk di gendong untuk pertama kalinya, sang ibu yang melihat wajah Thanos tiba-tiba saja ia ketakutan dan dengan segera ingin membunuh Thanos namun langsung di cegah oleh ayahnya. Ibu Thanos percaya bahwa Thanos akan membawa kematian bagi mereka semua.

Titan adalah nama bulan terbesar yang mengitari Planet Saturnus dan di Titan lah Thanos terlahir. Titan sendiri di huni oleh para Eternals yang merupakan ciptaan Celestial. Wujud para Eternals sendiri bisa di bilang lebih indah dari manusia. So, mungkin jika tak memiliki kelainan genetik pada dirinya mungkin Thanos tidak akan berkulit ungu namun lebih mirip seperti kedua orang tuanya. Mentor atau yang juga di kenal dengan nama A’Lars adalah ayah dari Thanos sedangkan ibu Thanos bernama Sui-San yang kemudian menjadi gila pasca kelahiran Thanos. Thanos juga mempunyai saudara kandung yang bernama Eros, sedangkan Kronos sang dewa waktu pada komik Thanos Rising ini di sebutkan bahwa ia adalah Kakek dari Thanos. Hal yang membuat Thanos begitu spesial adalah karna dengan adanya gen Deviant pada diri Thanos, Thanos bisa di katakan merupakan Mutan dari ras Eternals dan dari gen Deviant tersebut membuat Thanos memiliki kekuatan yang lebih dari para ras Eternals pada umumnya.

 


THANOS ADALAH SEORANG YANG JENIUS


 

Pada pertempuran Thanos dan Tony Stark a.k.a Iron Man di Avengers Infinity War, Thanos sempat berbicara dengan Tony dan dari situlah terungkap bahwa Thanos juga adalah seorang yang pinter. Jika di lihat dari komik Thanos Rising, Thanos memang di gambarkan sebagai seorang yang pinter, mungkin kepinteran Thanos di turunkan dari sang ayah yang memang adalah seorang ilmuwan di Titan tempat kelahiran Thanos. Di komik karya Jason Aaron ini juga di gambarkan bahwa lewat kepinteran Thanos ia akhirnya terobsesi untuk mempelajari hal-hal yang masih di anggap tabu di Titan. Dan ia pun mulai tertarik dengan hal tersebut di usia yang bisa di bilang masih sangat muda.

Pada film Avengers Infinity War Thanos terlihat melepas armornya sesudah ia bersama Children of Thanos menyerang pesawat luar angkasa yang mengangkut para penduduk Asgard. Thanos benar-benar melepas armornya ketika Ebony Maw secara langsung memberikan Tesseract/Space Stone kepada Thanos. Mungkin armor yang di gunakan Thanos di Avengers Infinity War hanya sekedar untuk perlindungan saja namun sebenarnya pada beberapa komik yang menampilkan sosok Thanos, terlihat bahwa dari armor tersebut Thanos bisa melepaskan Energy Projection yang keluar dari tangannya. Pada komik Thanos Rising sendiri Jason Aaron selaku penulis menjelaskan bahwa Energy Projection yang keluar dari tangan Thanos sebenarnya adalah hasil buatan/percobaannya sendiri. Thanos bahkan di gambarkan memiliki ruangannya Lab-nya sendiri di dalam pesawat luar angkasanya dan di situlah ia mencoba eksperimen-eksperimennya yang mana salah satunya adalah kursi terbang legendaris yang sering terlihat di gunakan oleh Thanos yang juga sempat terlihat di gunakan Thanos di MCU yaitu pada film Guardians of the Galaxy Vol 1.


THANOS MEMBUNUH IBUNYA


 

Sejak di lahirkan, Thanos memang memiliki hubungan yang kurang baik dengan Sui-San ibunya sendiri. Thanos di usia muda di gambarkan sebagai seorang anak yang cenderung pendiam dan terlihat haus akan kasih sayang. Ketertarikan Thanos dengan dunia sains di usia muda akhirnya membuat Thanos mulai lebih berani mencoba sesuatu hal yang baru. Thanos di usia muda mulai berani membedah binatang-binatang kecil seperti kadal, berkat pengalaman yang ia dapatkan di bangku sekolah ia pun mulai memperaktekan hal-hal tersebut sampai ke makhluk-makhluk hidup yang ia temui. Selain kadal dan binatang-binatang kecil ia pun pernah membedah rasnya sendiri yaitu sepasang kekasih yang ia temukan kemudian di tangkap dan di bawah Lab tempat ia melaksanakan eksperimen-eksperimennya.

Perlakuan yang di alami Thanos di usia muda mungkin bisa di bilang jadi salah satu faktor yang berpengaruh cukup besar terhadap psikologis seorang Thanos. Sifat jahat Thanos sebenarnya mulai terlihat ketika ia membunuh untuk pertama kalinya, meski hanya membunuh binatang namun rasa kepuasaan yang di rasakan Thanos akhirnya perlahan-lahan berubah menjadi rasa keingintahuan yang membutakan Thanos. Salah satu obsesi gila Thanos adalah untuk mencari tahu siapa sebenarnya dirinya. Ia sebenarnya sempat meminta bantuan kepada Ayahnya untuk mencari tahu lebih dalam tentang dirinya lewat dokumen-dokumen keluarga mereka yang mungkin bisa memberikan petunjuk siapa dan apa sebenarnya Thanos itu. Tak kunjung menemukan jawaban tentang siapa jati dirinya, ia pun akhirnya memutuskan untuk menangkap ibunya. Ia menganggap jika ia membedah ibunya ia akan mengetahui siapa jati dirinya yang sesungguhnya. Dan dengan di butakan oleh obsesinya itu, ia akhirnya pun membunuh ibu yang telah melahirkannya.


THANOS MEMBANTAI TITAN TEMPAT KELAHIRANNYA


 

Thanos memang terkenal dengan kesadisannya, membunuh mungkin adalah hal yang biasa bagi Thanos. Thanos pada komik Thanos Rising ini memang terlihat sering sekali lepas kendali atau cepat emosi. Ia bahkan sering membunuh anak buahnya hanya karna masalah sepele. Cinta, mungkin adalah salah satu faktor yang mengendalikan “mood” seseorang, begitu pula dengan Thanos. Pada komik Thanos Rising ini Thanos tergila-gila dengan seorang gadis yang ternyata bukanlah gadis biasa. Ia adalah Mistress Death, Thanos begitu mencintai Mistress Death ia bahkan rela melakukan apa saja demi Mistress Death.

Thanos sebenarnya pernah memiliki kisah dengan Mistress Death, Mistress Death di komik ini di gambarkan sebagai sosok yang sering menemani Thanos pada usia muda. Dan Mistress Death-lah yang bisa di bilang mengajarkan Thanos untuk membunuh. Cukup lama dekat dengan Mistress Death Thanos akhirnya mengungkapkan perasaannya namun sayangnya Mistress Death menolak cinta Thanos. Thanos yang sakit hati akhirnya pun pergi berkelana meninggalkan Mistress Death di Titan. Suatu saat Thanos kembali ke Titan dan memutuskan untuk mengungkapkan kembali perasaannya kepada Mistress Death namun ternyata Mistress Death menuntut sesuatu kepada Thanos. Ia ingin agar Thanos melakukan apa yang di inginkannya dengan begitu Mistress Death akan membalas cinta Thanos. Thanos yang di butakan oleh cinta pun rela membunuh para wanita serta anak-anak hasil hubungannya dengan para wanita-wanita tersebut. Ia pun menghancurkan berbagai Planet demi untuk memenuhi keinginan sang Mistress Death namun semua itu sia-sia karna Mistress Death masih merasa belum puas. Akhirnya Thanos memerintahkan anak buahnya untuk mengarahkan pesawat luar angkasa mereka ke Titan tempat kelahiran Thanos. Dan dengan penuh keyakinan Thanos pun membantai dan memporak-porandakan Titan. Sesudah kehancuran Titan, Thanos setiap setahun sekali berkunjung kembali ke Titan. Hal itu ia lakukan untuk mengingatkan dirinya bahwa karna ulahnya lah Titan hancur berkeping-keping.

Itulah ulasan tentang komik Thanos Rising yang mungkin bisa memberikan sedikit gambaran kepada kalian bagaimana asal usul Thanos. Bagaimana kalian? apakah Thanos di MCU akan sesadis di komik ini? Beri pendapat kamu dibawah ya Geeks