Film bergenre Sci-fi atau Science Fiction pastinya tak lepas dari tema ‘futuristik’ yang menjadi faktor utama dalam genre tersebut. Tentunya Geeks sering dimanjakan dengan tampilan kostum atau settingan latar dalam film sci-fi dengan yang dibaluti oleh teknologi masa depan. Selain kostum dan settingan latar dalam film Sci-fi, apakah kalian menyadari bahwa beberapa film Sci-fi juga sering memamerkan senjata futuristiknya ? Pastinya hal tersebut juga merupakan faktor utama untuk mendukung tema masa depan dari sebuah film sci-fi.

Geeks kali ini, editor akan kasih pembasahan tentang beberapa senjata atau pistol canggih dan futuristik yang ada di dalam film Sci-fi. Geeks mulai penasaran dengan senjata tersebut ? Simak pembahasannya di bawah ini.


Sonic Shotgun ‘Minority Report’ (2002)


Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini terdapat banyak inovasi canggih yang ada dalamnya, salah satunya adalah tongkat yang dinamakan “sick stick” yang digunakan oleh para polisi agar tahanannya bisa muntah di tempat. Selain tongat sick stick tadi, senjata yang paling hebat dalam film yang diperankan oleh Tom Cruise ini adalah Sonic Shotgun. Senjata ini tidak mengeluarkan peluru api seperti biasanya, namun mengeluarkan gelombang sonik sehingga bisa melontarkan sasarannya. Sonic Shotgun bisa termasuk sebagai senjata yang paling futuristik, senjata ini tidak perlu mengisi peluru hanya saja memutarkan gagangya untuk me-reload. Visual efek yang dihasilkan dalam film Minority Report pun sangat keren dan bisa dikategorikan sebagai senjata masa depan yang terbilang masuk akal. Pistol ini juga tidak dirancang untuk membunuh orang, hanya saja mampu menjauhkan orang-orang jahat di sekeliling kita.


ARC Gun ‘District 9’ (2009)


Selanjutnya datang dari film Sci-fi yang diperankan oleh aktor Sharlto Copley. Dalam film ini terdapat pistol besar yang canggih bernama ARC atau Mulchger. Pistol ini hanya mampu digunakan oleh Alien saja dan satu-satunya manusia yang memegang senjata ini adalah Wikus Van De Merwe yang tangan kirinya diubah menjadi alien untuk bisa mengendalikan pistol ini. ARC Gun menggunakan arus protonik yang sangat kuat dan berbahaya, senjata ini menghasilkan radius kerusakan yang tinggi. ARC Gun mampu menancapkan peluru besar ke sasarannya hingga memanas dan dalam hitungan detik, tubuh sasaran yang terkena peluru pistol ini bisa meledak dengan cepat. Berkat kecanggihan ARC Gun dalam film District 9, pistol ini dinobatkan sebagai salah satu senjata tercanggih untuk film genre Science Fiction.


Plasma Caster ‘Predator’ (1987)


Penampilan Predator dalam film sutradara John McTiernan ini bisa dibilang sebagai ‘gudang’ senjata berjalan. Senjata yang paling menarik dari karakter Predator dalam ini adalah Plasma Caster atau Cannon Plasma. Pistol ini dirancang oleh ras Yautja (Predator) yang mampu membidik target secara otomotis dengan dibantu laser di kepalanya. Plasma Caster juga dilengkapi dengan bidikan segitiga yang digunakan Predator untuk membidik sasarannya dari kejauhan. Senjata ini mampu mengeluarkan sinar laser yang sekaligus menghancurkan targetnya dan Plasma Caster ini terdapat di bagian belakang kepala predator, jika kepala Predator menghadap ke kanan maka pistol ini secara otomatis mengikuti gerak dari kepala Predator. Ternyata Predator tidak mudah mendapatkan Plasma Caster, mereka terlebih dahulu harus mengikuti rintangan bernama Rite of Passage dimana mereka harus membunuh Xenomorphs dari jarak dekat.


M41A Pulse Rifle ‘Aliens’ (1986)


Pistol canggih dalam film sci-fi karta sutradara James Cameron ini dinobatkan sebagai senjata yang serba bisa. Pistol M41A ini mampu menembakan peluru, menangkis beberapa granat dan juga mampu membakar benda disekelilingnya dengan api. M41A Pulse Rifle ini dirancang oleh pensiunan USCM (United States Colonial Marine Corps) bernama kopral Jonathan LaForce. Pistol ini merupakan bagian dari Marine 70 Program untuk mengganti senjata standar. Pistol ini dirancang oleh Jonathan LaForce di bengkel rumahnya sendiri setelah sebelumnya ia mendapat tentangan dari Weyland Corp untuk merancang M41A ini. Hingga saat ini M41A menjadi salah satu senjata ‘all in one’ terbaik di jajaran film Sci-Fi.


The Auto 9 Gun ‘Robocop’ (1987)


Geeks yang mengikuti film Robocop pertama kali pastinya tidak asing dengan senjata andalan dari polisi masa depan ini. Pistol yang diberina Auto 9 Gun ini mempunyai model seperti hand-gun yang dapat menyimpan 50 butir peluru. Pistol ini ditempatkan secara tersembunyi di paha Robocop yang sekaligus mampu me-reload peluru selama pistol ini disimpan. Auto 9 Gun juga bisa diatur mode penembakannya, pistol ini juga dapat mengeluarkan banyak peluru sekaligus dengan mode burst, namun Robocop lebih sering menggunakan single mode dalam beberapa kasus di filmnya.


Phaser ‘Star Trek’ (1966)


Bagi para Geeks penggemar Star Trek pastinya tahu dengan senjata ikoniknya ini. Phaser menjadi senjata yang paling berpengaruh untuk beberapa film Sci-fi lainnya terutama Star Trek, tentu saja Phaser telah digunakan dalam franchise Star Trek dari 1966 sampai saat ini dan tak mengalami perubahan sejak pertama kali diperkenalkan dalam film Star Trek. Phaser adalah pistol kecil dengan kemampuannya yang minim tapi dampaknya hingga saat ini, pistol ini tidak dirancang untuk membunuh sasarannya akan tetapi mengeluarkan sengatan listrik yang tinggi untuk melumpuhkan lawan. Dalam film Star Trek, Captain Kirk sempat mengatakan “Set Phaser to stun” yang berarti Phaser adalah senjata untuk membela diri saja sama seperti stun gun di dunia nyata.

Geeks, itulah beberapa pistol atau senjata canggih yang terdapat dalam jajaran film Sci-Fi. Apakah diantara pistol tadi ada yang kalian sukai ? atau kalian mempunyai referensi versi kalian tentang senjata canggih dalam film Sci-fi ? Beri komentar kalian di kolom bawah ini ya.

Dapatkan berita terbaru seputar film & entertainment lebih cepat dan mudah dengan bergabung di line official Greenscene.co.id. KLIK DISINI untuk bergabung.