Mengenal 7 Jedi Terkuat Di Star Wars Universe

Created By :
Restu Prawira

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he’s operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.

Jedi dalam Star Wars Universe merupakan istilah bagi individu yang tergabung ke dalam sebuah organisasi biarawan kuno dikenal dengan nama Jedi Order. Mereka adalah orang-orang terpilih yang memiliki hal ‘lebih’ dalam merasakan, menggunakan, dan menghormati kekuatan The Force, khususnya pada sisi Light Force. Tentunya tak dapat disangkal, para Jedi ini memiliki kekuatan yang kuat. Lalu siapa para Jedi terkuat dalam Star Wars Universe ?Simak pembahasan 7 kesatria Jedi terbaik versi kami Geeks.


 Kit Fisto


Kit Fisto adalah contoh Jedi dari ras alien. Ia menjadi salah satu kesatria Jedi kuat yang berasal dari Nautolan. Dengan ciri khas mata yang besar dan beberapa tentakel fleksibel yang meluas dari kepalanya, jendral jedi terbaik ini memiliki fokus yang kuat, terutama dalam pertempuran. Kemampuan lightsaber dan keakuratannya sangat melegenda, Kit Fisto juga pernah memimpin tentara klon saat berhadapan dengan tentara droid. Sifatnya yang jauh lebih santai dan mampu menikmati tawa, sangat kontras dibanding dengan beberapa rekan jedinya yang selalu tampil dingin.

 


Plo Koon


Plo Koon berasal dari planet Dorin, ia merupakan salah satu anggota dewan Jedi yang bertugas lebih dari satu dekade sebelum dan selama peristiwa Clone War terjadi. Dengan kepribadiannya yang tenang dan selalu percaya diri, ia menjadi seorang kesatria Jedi yang sangat berbakat, sementara diwaktu yang sama ia menjadi sosok ayah pengganti bagi Anakin. Disaat kekuatan Dark Side mulai merangkul Anakin untuk menariknya ke sisi jahat, Plo adalah orang yang memohon pada Anakin untuk melatih kesabarannya dengan tidak membiarkan emosi men-dikte dirinya. Ia pula yang memimpin penyelamatan Anakin dan Mace dari kapal luar angkasa yang binasa. Plo Koon sangat disegani dalam dunia Star Wars, Bahkan Darth Maul yang notabene salah seorang Sith Lord terkuat pun selalu menghormatinya sebagai salah satu Jedi terbaik. Dengan peralatan pernapasan dan kacamata hitam yang selalu menempel diwajahnya, ditambah dengan suaranya yang sangat menggelegar, tidak ada Jedi yang lain seperti dia. Ploo Koon tewas disaat ia sedang menaiki Starfighter di tangan pasukannya sendiri setelah Palpatine memerintahkan untuk mengeksekusi Order 66 membantai para jedi.


Mace Windu


Di antara anggota tertinggi Dewan Jedi di zaman Old Republic, Mace Windu adalah salah satu Jedi terpenting yang pernah ada. Ia menjabat sebagai Jendral di Jedi council serta menjadi tangan kanan kepercayaan Yoda. Dia dan Yoda memiliki prinsip yang sama yaitu mendahulukan perintah Jedi diatas masalah pribadi. Dengan kekuatan dan kebijaksanaannya, ia selalu dianggap hebat oleh para kesatria jedi lainnya, ia selalu di cap sebagai seorang master lightsaber karena ia pernah menciptakan bentuk ketujuh lightsaber combat yang bernama Vaapad. Menggunakan Lightsaber ungu dengan warna yang diperoleh dari sebuah kristal langka, Mace pernah membunuh Jango Fett seorang pembunuh bayaran tangguh dalam sebuah Pertempuran Geonosis. Ia juga menjadi satu satunya jedi master yang hampir mengalahkan Darth Sidious dalam sebuah pertarungan yang menewaskan rekannya Kit Fisto, namun didetik terakhir ia dikhianati oleh Anakin Skywalker sehingga membuatnya terbunuh oleh Sidious.

 


 Qui Gon Jinn


Berbeda dengan yang lainnya, Qui-Gon Jinn terkenal karena keputusannya yang selalu bertentangan dengan Jedi Council, tapi walau begitu, ia adalah seorang Jedi Master yang cukup dihormati dan disengani ditiap kemunculannya. Qui-Gon merupakan murid dari Count Dooku, yang kemudian Dooku masuk ke dalam sisi gelap dan menjadi salah seorang Sith Lord tangguh dengan julukan Darth Tyranus. Qui-Gon juga merupakan mentor bagi Obi-Wan Kenobi. Ia pulalah yang menemukan potensi besar kekuatan Force yang ada pada Anakin sehingga ia membebaskan Anakin dari perbudakan yang terjadi di Tatooine dan membawa Anakin untuk diperkenalkan ke Jedi Council. Awalnya mereka menolak Quin-Gon untuk melatih Anakin, namun akhirnya mereka memperbolehkan keputusan itu sebagai permintaan terakhir Qui-Gon. Qui Gon dibantu dengan muridnya, Obi-Wan, sempat bertarung melawan Darth Maul di Theed Funeral Temple. Namun ia harus gugur pada pertarungan itu ditangan Darth Maul.

 


Obi Wan Kenobi


Lahir di planet Stewjon, Kenobi dikenal sebagai murid dari Qui-Gon Jinn. Walau di masa mudanya, ia masih belum mampu mengeluarkan kemampuan force dan lightsabernya sehebat Qui Gon Jinn, namun seiring bertambahnya pengalaman dan lagi dengan sifatnya yang bijaksana, Jedi yang juga merupakan penjaga keluarga Skywalker ini, semakin lama mampu untuk menunjukan potensi besar yang terdapat pada dirinya. Kenobi menjadi salah satu Jedi pertama dalam satu milenium yang dapat mengalahkan Sith Lord dengan sosok Darth Maul yang berhasil dibunuhnya selama Pertempuran Naboo. Qui-Gon yang selama pertempuran terluka parah oleh Maul, memerintahkan Kenobi untuk mengajak Anakin Skywalker untuk menjadi muridnya dan melatihnya selama beberapa dekade menjelang Clone Wars. Selain Anakin, ia juga menjadi mentor untuk putra Anakin yaitu Luke Skywalker untuk dilatih kekuatan Force miliknya. Ia pernah dihadapkan dalam sebuah keputusan sulit untuk melawan Anakin Skywalker, muridnya sendiri dikarenakan Anakin yang lebih memilih bergabung dengan sisi gelap Palpatine. Obi Wan Kenobi tewas setelah ia dikalahkan oleh Darth Vader mantan muridnya sendiri.

 


Yoda


Yoda adalah seorang Grand Master Jedi yang paling legendaris dan memiliki koneksi yang paling kuat dengan kekuatan Force dibandingkan dengan yang lain. Walau ukurannya kecil, ia adalah sosok paling bijaksana dan kuat. Yoda telah melatih Jedi dalam kurun waktu lebih dari 800 tahun dari generasi ke generasi berikutnya. Ia menjabat sebagai ketua Jedi Council dalam masa-masa keruntuhan Galactic Republic dan sebagai Grand Master yang mengawasi Jedi Order sebelum, selama, dan setelah persitiwa Clone Wars. Dengan pengalaman sehebat itu, menjadikan ia menyandang predikat sebagai Master of Jedi Order dan ketua Jedi council terlama yang pernah ada. Tentu kemampuan lightsaber dan kekuatan Force-nya tidak diragukan lagi, ia dapat memukul mundur Count Dooku dan bahkan hampir mengalahkan Darth Sidious.

 


Luke Skywalker


Luke Skywalker awalnya hanya seorang petani yang berasal dari Tatooine yang tumbuh dari awal yang sederhana untuk menjadi salah satu Jedi terhebat yang pernah diketahui oleh galaksi. Luke dapat dikatakan sebagai jedi yang tak terkalahkan. Dia bisa melihat masa depan dan punya kemampuan yang tak pernah dimiliki Jedi lain. Luke merupakan anak dari Anakin Skywalker dan Queen of Naboo, Padme Amidala, yang dibesarkan di Tatooine dan disembunyikan dari Emperor Palpatine dan sang ayah yang telah masuk ke Dark Side yaitu Darth Vader. Dalam waktu latihan yang tergolong singkat, ia dapat dengan mudah untuk menggunakan kemampuan Force-nya. Kemampuan pengendalian Force-nya juga bahkan hampir sama tingginya seperti Yoda dan kemampuan Lightsaber yang sama hebatnya dengan sang ayah, Darth Vader. Setelah Luke berhasil mengalahkah Sidious, Luke kemudian mendirikan Jedi Order baru dan mulai melatih para anggota Jedi amatir. Karena hal itulah, dirinya menggantikan peran sosok Grand Master Yoda di Star Wars Universe.

Geeks, itulah 7 Jedi terkuat di Star Wars universe versi Greenscene.co.id, beberapa diantaranya pasti pernah kalian saksikan dalam film Star Wars. Manakah Jedi yang menurut kalian paling kuat ? atau kalian punya versi sendiri ? Beri komentar dibawah ini ya Geeks