Star Wars menjadi salah satu franchise film tertua di dunia. Bagaimana tidak? Franchisenya sudah dimulai sejak tahun 1977 lewat film pertamanya berjudul Star Wars Episode IV: A New Hope. Sejak itulah penggemar Star Wars terus membludak, dan franchisenya kembali diperluas dengan berbagai film sekuel dan prekuel. Bahkan saat ini franchisenya merambah ke dunia series yang lebih luas lagi. Sudah banyak aktor dan aktris yang terlibat dalam semesta ini. Tetapi meski mendongkrak popularitas, ada beberapa aktor yang memilih pensiun dari Star Wars. Siapa saja?

James Earl Jones

Mungkin kalian cukup asing dengan wajah James Earl Jones di Star Wars, karena sebenarnya dia adalah pengisi suara alias pemeran Darth Vader. Yap, dia sudah memerankan karakter tersebut selama hampir 45 tahun. Setelah pensiun dari dunia Star Wars, aktor berusia 91 tahun itu kini telah mengizinkan Lucasfilm untuk menggunakan suaranya agar bisa diubah menggunakan teknologi AI, agar suaranya sebagai Darth Vader masih bisa digunakan, meski sudah pensiun. Earl Jones mengaku (kepada Variety) bahwa dia ingin menjaga karakter Vader terus hidup. Jones sendiri terakhir menyuarakan Darth Vader di series Obi-Wan Kenobi yang tayang di Disney+

Mark Hamill

Baru-baru ini secara mengejutkan, Mark Hamill mengkonfirmasi bahwa dia sudah pensiun dari dunia Star Wars, dan tidak akan lagi memerankan karakter ikonik Luke Skywalker. “Biarkan saya mengatakannya seperti ini, mereka memiliki begitu banyak cerita yang bisa diceritakan, mereka tidak membutuhkan Luke lagi. Saya sudah mendapatkan waktu saya dan itu sudah cukup.” Padahal karakter itu sudah dia perankan lebih dari 45 tahun, yang dimulai pada tahun 1977 dalam film Star Wars IV – A New Hope. Sejak debutnya itu, banyak yang mengidolakan karakter Luke Skywalker. Itu berarti, The Book of Boba Fett menjadi penampilan terakhirnya dalam semesta Star Wars.

John Boyega

Aktor Star Wars lainnya, John Boyega pada tahun 2022 mengaku bahwa dia pensiun dari franchise yang sudah membesarkan namanya ini. John Boyega mengatakan bahwa Star Wars: The Rise of Skywalker merupakan penampilan terakhirnya. “Pada titik ini, saya tenang. Saya baik-baik saja. Saya pikir, Finn (karakter yang dia perankan) berada pada titik di mana kamu bisa menikmati karakternya dalam hal lain, seperti video game dan animasi.” Boyega tidak menampik jika suatu saat nanti dia akan kembali sebagai Finn, meski sebagai cameo. Meski tak lagi membintangi Star Wars, karier John Boyega terbukti terus naik. Dia baru-baru ini membintangi film The Woman King bersama dengan Viola Davis.

Jake Matthew Llyod

Jake Matthew Llyod alias Jake Broadbent adalah aktor Amerika kelahiran tahun 1989 yang pernah memerankan Anakin Skywalker di film Star Wars: Episode 1 – The Phantom Menace pada tahun 1999. Bahkan berkat perannya itu, Llyod berhasil mendapatkan penghargaan Young Artist Award untuk kategori Best Supporting Actor. Namun pada tahun 2000an, Llyod memutuskan pensiun dari dua akting. Padahal ketika itu usianya masih sangat muda dan memiliki potensi besar dalam dunia akting. Karena itulah kita tidak pernah lagi melihat Llyod dalam franchise Star Wars. Selain membintangi Star Wars, Llyod juga pernah membintangi film Jingle All the Way dan Apollo 11.

Itulah dia para aktor yang pensiun dari peran besarnya di semesta Star Wars. Star Wars lah yang membesarkan nama mereka, meski beberapa di antaranya ada yang memutuskan untuk pensiun dini dari semesta Star Wars.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/