Star Wars merupakan salah satu waralaba sci-fi multimedia yang saat ini bisa dibilang masih menduduk posisi paling populer di seluruh dunia. Di mana di dalamnya terdapat banyak sekali karakter ikonis yang kisahnya selalu menarik untuk diikuti, khususnya para pengguna Force yang sering menjadi pusat perhatian dari semua peristiwa yang terjadi di galaksi. Force sendiri adalah sumber dari segala sumber kekuatan mistis yang ada di semestanya. Untuk itulah dalam artikel kali ini kita akan membahas sepuluh karakter yang tercatat sebagai pengguna Force terbesar dalam sejarah Star WarsCheck this out, Geeks!

Darth Vader

Untuk menentukan ‘standar’ pengguna Force terbesar yang cukup jelas dalam artikel Star Wars kali ini, mari kita mulai karakter pertama dari sosok Anakin Skywalker alias Darth Vader. Sejak pertama kali Qui-Gon Jinn menemukan Anakin muda ini di Planet Tatooine, sudah terungkap bahwa dia memang mempunyai potensi kekuatan Force yang sangat luar biasa. Hal inilah yang kemudian menjadikannya padawan Jedi terkuat pada masanya, sebelum akhirnya jatuh ke sisi Dark Side of the Force dan menjadi Sith Lord bernama Darth Vader. Pada titik inilah dia makin populer sebagai pengguna Force yang memiliki kemampuan bertarung paling mengerikan sekaligus mematikan saat era Galactic Empire.

Emperor Palpatine

Sith Lord selanjutnya yang sudah pasti masuk dalam daftar pengguna Force terbesar di Star Wars adalah Emperor Palpatine alias Darth Sidious. Terkenal sebagai dalang dari semua propaganda dan ekspansi besar-besaran Galactic Empire, Palpatine juga dikenal sebagai satu-satunya master Sith yang berhasil mewujudkan impian Darth Bane untuk menguasai galaksi, sekaligus menghasut Darth Vader agar jatuh makin dalam ke sisi Dark Side. Saking hebatnya Palpatine, yang kekuatan Force-nya sering digambarkan seperti energi listrik, dia juga terbukti mampu menyembunyikan keberadaannya selama bertahun-tahun dari para Jedi termasuk Yoda sekalipun demi kelangsungan rencana besarnya.

Father, Daughter, Son

Di serial animasi Star Wars: The Clone Wars, penggemar pernah dikejutkan pada eksistensi dari tiga pemilik kekuatan Force terbesar yang disebut sebagai Father, Daughter, dan Son. Saking kuatnya tiga entitas ini konon tidak ada satu pun Jedi ataupun Sith yang mampu mengalahkan mereka, entah itu Anakin maupun Obi-Wan yang sudah cukup terkenal di galaksi. Kabar baiknya, mereka semua hadir sebagai perwujudan kekuatan Force di galaksi, di mana Son sebagai perwakilan Dark Side, Daughter sebagai perwakilan Light Side, dan Father sebagai penyeimbang keduanya. Sehingga selama ketiganya masih eksis sebagai penjaga gerbang World Between Worlds, maka keseimbang Force akan tetap terjaga.

Force Priestesses

Dari penyeimbang kekuatan Force di galaksi, sekarang kita beralih pada entitas yang konon menjadi awal mula dari kekuatan Force itu sendiri. Force Priestesses adalah lima entitas misterius di Wellspring of Life yang diakui sebagai pemilik Force terbesar bahkan lebih kuat dari semua karakter di daftar ini. Sejatinya mereka adalah penghubung antara Living Force yang dirasakan semua makhluk hidup dengan Cosmic Force yang mengatur cara kerja alam semesta. Jika tidak ada mereka yang mengklaim dirinya sebagai perwujudan dari Ketenangan, Kegembiraan, Kemarahan, Kebingungan, dan Kesedihan, mungkin kekuatan Force tidak akan pernah bisa dirasakan oleh para Jedi maupun Sith.

Luke Skywalker

Sebagai anak Darth Vader sekaligus protagonis di trilogi asli The Skywalker Saga, cukup jelas bahwa Luke Skywalker adalah salah satu pemilik kekuatan Force terbesar dalam cerita Star Wars. Memulai hidupnya sebagai anak urakan dari Planet Tatooine, Luke akhirnya tumbuh sebagai salah satu Jedi pertama yang mampu menarik kekuatan Force dari Light Side dan Dark Side sekaligus. Aksi terhebatnya pernah diperlihatkan juga di film The Last Jedi yang merupakan bagian dari sekuel The Skywalker Saga, di mana Luke mampu mewujudkan dirinya, kemudian berbicara, bahkan bertarung di Planet Crait, saat dirinya tengah bertapa di sebrang galaksi tepatnya di Planet Ahch-To.

Mother Talzin

Meskipun bukan seorang Jedi ataupun Sith, tetapi di semesta Star Wars Mother Talzin terkenal sebagai salah satu pemilik kekuatan Force terbesar. Pemimpin misterius dari kelompok Nightsisters of Dathomir ini sering terlihat menggunakan kekuatan sihir mengerikan yang dipercaya berasal dari Dark Side of the Force. Dengan kekuatannya dia mampu menyembuhkan tubuh yang rusak sekaligus mengubahnya menjadi monster, seperti yang terjadi kepada Savage Opress. Dan sebelum kematiannya di tangan General Grievous, Talzin dan para Nightsister bahkan terbukti bisa memanggil pasukan mayat hidup dengan aksesnya terhadap kekuatan Force.

Obi-Wan Kenobi

Satu lagi Jedi yang tidak bisa kita anggap remeh kekuatan Force-nya adalah Obi-Wan Kenobi, yang pernah menjadi master Jedi bagi Anakin sebelum menjadi Darth Vader dan juga mentor sementara bagi anaknya Luke. Mengingat Anakin dan Luke sendiri adalah dua pengguna Force terbesar di Star Wars, tidak aneh jika Obi-Wan juga termasuk dalam tingkatan mereka. Faktanya selain membantu melahirkan dua pengguna Force terkuat, saat masih menjadi padawan pun Obi-Wan sudah mampu mengalahkan Sith sekelas Darth Maul. Bahkan di serial solonya kemarin, dia juga kembali mengalahkan Darth Vader pada pertarungan ulang di Planet Vanqor.

Rey Skywalker

Sama seperti Luke, sejatinya Rey adalah karakter protagonis utama di trilogi sekuel The Skywalker Saga yang ditakdirkan untuk menjadi pemilik kekuatan Force terbesar dari generasinya. Hal ini bahkan sudah terbukti sejak penampilan perdananya di film The Force Awakens, di mana Rey yang belum pernah menggunakan Lightsaber sebelumnya mampu mengalahkan seorang Sith terlatih seperti Kylo Ren. Di film The Rise of the Skywalker, dia bahkan berhasil memenuhi janjinya kepada master Luke untuk menjadi Jedi yang menjaga keseimbangan Force dengan mengakses Light Side dan juga Dark Side sekaligus.

Supreme Leader Snoke

Masih dari trilogi sekuel The Skywalker Saga, Supreme Leader Snoke sejatinya adalah antagonis yang menjadi ancaman serius bagi Rey dan New Republic. Dia bertindak layaknya perwakilan Palpatine pasca hancurnya Galactic Empire yang melahirkan New Order. Alasan mengapa dia masuk dalam pemilik kekuatan Force terbesar di Star Wars adalah karena Snoke pernah membuat Rey tidak bisa bergerak ketika dia mencoba membaca pikirannya. Selain itu dia juga pernah menyatukan pikiran Rey dan Kylo secara telepati walaupun keduanya berada di planet yang berbeda. Hal itu membuktikan bahwa dia memang layak untuk menjadi salah satu villain di sekuel The Skywalker Saga.

Yoda

Mari kita tutup daftar pengguna Force terkuat kali ini dengan karakter sekelas Yoda, yang memang sejak awal sudah terkenal sebagai salah satu master Jedi paling kuat dalam sejarah Star Wars. Meskipun tubuhnya kecil tetapi kekuatan Force-nya memungkinkan dia untuk mengangkat X-Wing milik Luke dari rawa-rawa di film The Empire Strikes Back. Selain itu dia juga mampu menandingi  kekuatan Palpatine alias Darth Sidious dalam pertarungan Senate di film Revenge of the Sith. Prestasi lainnya yang tidak terbantahkan adalah fakta bahwa dia berhasil mengakses keabadian setelah bertemu Force Priestesses, sehingga kesadarannya akan terus hidup bersama Force walaupun fisiknya menghilang.

Itulah sepuluh karakter Star Wars yang tercatat memiliki kekuatan Force terbesar. Mulai dari Darth Vader sampai Yoda, pada akhirnya mereka berhasil menjadi sepuluh sosok yang paling dihormati dalam cerita Star Wars, sekaligus menjadi karakter yang paling disukai oleh banyak penggemar. Dan karena kekuatan Force mereka jugalah, semuanya secara tidak langsung menjadi penyeimbang di galaksi yang keberadaannya saling mengisi dan tidak terpisahkan satu sama lain.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.