Dimulai dengan serial Mandalorian yang rilis perdana pada tahun 2019, sampai hari ini ada beberapa spin off Star Wars versi live action yang telah ditayangkan di saluran streaming Disney+. Salah satunya yang paling menarik perhatian adalah serial Obi Wan Kenobi dari sutradara Deborah Chow yang tayang tahun 2022 lalu. Secara umum serialnya telah mendapatkan banyak ulasan positif, itulah mengapa walaupun telah berakhir, banyak penggemar yang berharap Lucasfilm bisa merilis Obi Wan Kenobi Season 2.

Tidak lama setelah serial Obi Wan Kenobi tayang sebenarnya sempat ada selentingan kabar yang menyatakan bahwa season keduanya tengah dikembangkan. Namun hal tersebut langsung dibantah oleh presiden Lucasfilm’ Kathleen Kennedy, yang bertanggung jawab terhadap semua waralaba Star Wars. Menurutnya saat ini mereka sama sekali belum memulai pengembangan sekuel Obi Wan Kenobi. Walaupun begitu Kennedy mengaku dia tidak pernah menolak ide season kedua jika suatu hari nanti memang harus terwujud.

Dalam acara podcast Crew Call yang diadakan oleh Deadlinesutradara Deborah Chow akhirnya turut merespons harapan penggemar terkait Obi Wan Kenobi season 2. Meskipun menurut Chow kisah solo Obi Wan memang dimaksudkan untuk berakhir dengan satu season saja, tetapi dia mengaku tidak mau menutup kemungkinan untuk season keduanya nanti. Dengan kata lain, baik presiden Lucasfilm maupun sutradara Obi Wan Kenobi sama-sama merasa bahwa kisah Obi Wan di semesta Star Wars masih bisa dilanjutkan.

“Sejak awal itu selalu kami anggap sebagai serial terbatas, dan saya yakin kalian juga bisa tahu dari ceritanya bahwa itu sudah berakhir. Kami memang tampaknya telah menceritakan kisah yang sangat besar. Namun siapa yang tahu, faktanya masih ada sepuluh tahun lagi sebelum peristiwa ‘A New Hope’ dimulai. Sehingga jangan pernah mengatakan tidak. Yang jelas untuk proyek kemarin, itu memang dimaksudkan untuk menjadi [serial] terbatas,” ungkap Deborah Chow.

Berdasarkan pernyataan terbaru dari sutradara Deborah Chow ini bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya ada celah waktu sekitar satu dekade yang bisa diisi oleh kisah Obi Wan Kenobi Season 2. Sebelum akhirnya karakter Obi Wan diperlihatkan meninggal sebagai seorang Jedi Knight di film Star Wars: A New Hope (1977). Kita nantikan saja ya, Geeks, semoga saja ke depannya kita masih bisa melihat petualangan epik lainnya dari karakter Obi Wan yang diperankan oleh aktor Ewan McGregor ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.