Star Wars, Geeks pasti sudah tidak asing lagi mendengar franchise film yang bisa dibilang terlama dan terpanjang yang pernah diproduksi oleh industri perfilman Hollywood ini, film bergenre sci-fi ini pertama kali dirilis pada tahun 1997 dengan judul Star Wars Episode IV: A New Hope dan masih berlanjut hingga sekarang, seri terbaru dari Star Wars yang akan tayang dalam waktu dekat ini adalah Star Wars Episode VIII, direncanakan akan tayang pada tanggal 15 Desember 2017 (USA). Mendengar kata Star Wars, Geeks pasti langsung teringat dengan karakter yang diberikan julukan atau disebut sebagai seorang Jedi, bagi kamu yang belum mengetahui apa itu Jedi, kami akan memberikan beberapa informasi menarik seputar Jedi dan tingkatan yang ada dalam Jedi Order dalam artikel ini, selamat membaca Geeks:


Apa Itu Jedi?

Jedi dalam Star Wars Universe adalah sebutan bagi individu yang tergabung ke dalam sebuah organisasi biarawan kuno yang dikenal dengan nama Jedi Order, mereka ini bukan sembarang orang Geeks, mereka ini dikenal dengan bakatnya dalam merasakan, menggunakan dan menghormati kekuatan The Force, khususnya pada sisi Light Force.  Para anggota Organisasi Jedi ini bertempur untuk mempertahankan dan memperjuangkan kedamaian dan keadilan di Galactic Republic selama sekitar 20.000 hingga 25.000 tahun sebelum Perang Yavin terjadi. Para Jedi memiliki tugas membantu orang lain, para Jedi melakukan tugas mereka melalui tindakan amal, kewarganegaraan, kesukarelaan dan perbuatan baik lainnya. Jedi juga memiliki beberapa tingkatan atau pangkat Geeks, kita mulai dari peringkat bawah:

1. Jedi Youngling

Jedi Youngling atau dikenal juga dengan nama Inisiat Jedi adalah sebutan bagi anak-anak dari berbagai spesies yang memiliki kemampuan untuk merasakan kekuatan The Force yang direkrut oleh Jedi Order.  Seorang Jedi Youngling akan memulai pendidikan awal mereka sebagai Jedi, di Jedi Tample di planet bernama Coruscant dan berlanjut ke planet bernama Ilum untuk menjalani ritual sakral dan mendapatkan Kyber Crystal yang akan digunakan untuk membuat Lightsaber milik mereka.

2. Padawan


Setelah para Jedi Youngling lulus pada tahap pertama, mereka akan disebut sebagai Padawan Geeks, Padawan ini akan dipilih secara khusus oleh Jedi Knight atau Jedi Master untuk dijadikan murid dan dilatih secara khusus oleh mereka, untuk mempersiapkan kematangan para Padawan naik ketingkat yang lebih tinggi.

3. Jedi Knight


Jedi Knight adalah Pangkat bagi para Padawan yang berhasil lolos melewati ujian seorang Jedi, setelah mereka menjadi seorang Jedi Knight mereka akan diberikan sebuah misi. Jedi Knight memiliki tugas sebagai penjaga perdamaian dan keadilan di Galactic Republic.

4. Jedi Master


Jedi Master adalah pangkat yang diberikan pada seorang Jedi Knight, ketika sang Jedi Knight mampu menunjukan kemampuan, kebijaksanaan dan pengabdian luar biasa pada The Force. Seorang Jedi Master juga akan diberikan tempat di Jedi High Council. Bagi Jedi Knight yang berhasil membimbing seorang Padawan untuk menjadi seorang Jedi Knight juga akan diberi gelar Master.

5. Grand Master

Grand Master, merupakan gelar yang diberikan kepada anggota Jedi Order tertua dan paling bijaksana. Grand Master merupakan pemimpin Order High Council. Jedi Yoda adalah individu yang pernah menjalankan tugas sebagai Grand Master, selama tahun-tahun terakhir Clone Wars.


Pangkat Jajaran Militer Jedi

1. Jedi Commander


Jedi Commander adalah pangkat militer yang diberikan kepada Padawans dan Jedi Knights, yang mengambil posisi kepemimpinan di dalam Angkatan Darat Galactic Republic dan bertindak sebagai komando kedua Jedi General, selama peperangan Clone War. Jedi Commander adalah pangkat militer tertinggi kedua di Angkatan Darat Galactic Republic yang bisa dicapai seorang Jedi.

2.  Jedi General

Jedi General adalah pangkat militer yang diberikan kepada Jedi Knights dan Jedi Master, yang bertugas sebagai pemimpin pasukan Grand Army of the Republic.Jedi General adalah pangkat militer tertinggi di Republic yang bisa dicapai seorang Jedi.


Pekerjaan Atau Gelar Khusus Untuk Para Jedi

1. Master of Order:


Master of the Order adalah sebuah gelar yang dipegang oleh pemimpin terpilih Ordo Jedi. Master of the Order dipilih dari hasil suara semua anggota Dewan Tinggi Jedi. Yoda dan Mace Windu adalah salah salah satu Jedi yang memiliki gelar Master of Order.

2. Jedi Temple Guard


Jedi Temple Guard merupakan bagian dari Jedi Order, Jedi Tample Guard mengenakan jubah coklat keemasan dengan pola Jedi, hal itu untuk menunjukan kesetiaan mereka pada Jedi Order. Mereka dipimpin oleh Cin Drallig selama Clone Wars, Jedi Tample Guard juga dilengkapi dengan senjata Lightsaber berwarna kuning.

3. Jedi Investigator


Jedi Investigator juga dikenal sebagai Jedi Detectives, adalah Jedi yang mengandalkan intuisi mereka dan pada koneksi Force untuk melakukan pekerjaan mereka sebagai detektif dan mencegah kejahatan, mereka juga bertugas sebagai pelindung dan penjaga perdamaian Jedi Order. Jedi Master Tera Sinube, adalah salah satu Jedi Investigator terbaik yang ada dalam Star Wars Universe.

4. Consular Jedi


Consular Jedi adalah anggota Ordo Jedi yang mengabdikan diri untuk mempelajari ilmu mengenai diplomasi atau sains, seorang Consular Jedi benar-benar menarik diri dari tugas peperangan. Contoh dari Consular Jedi seperti Doctor Rig Nema, yang bertugas di Korps Medis Jedi, dan Madame Jocasta Nu, Kepala Pustakawan Arsip Jedi.

5. Chief Librarian
Chief Librarian merupakan sebuah gelar yang dipegang oleh anggota Jedi Order yang mengawasi arsip Jedi Temple yang luas dan Holocron Vault di Coruscant. Pada waktu Clone Wars, Chief Librarian adalah Jedi Master Jocasta Nu, selama masa jabatannya, Jocasta Nu dinobatkan sebagai “Madame Librarian.