James Cameron dengan terang-terangan menjelaskan bahwa Avatar 4 dan Avatar 5 tidak akan dibuat jika Avatar 2 dan Avatar 3 gagal di box office. Meskipun menjadi salah satu film yang sukses secara finansial dan kritis dalam sejarah sinematik, Cameron belum diberi kebebasan kreatif secara utuh. Ia diberi target agar sekuel Avatar harus menghasilkan banyak uang jika Cameron ingin melanjutkan visinya di Avatar keempat dan kelima.

Konon studio berani menginvestasikan anggaran sebesar $ 1 miliar untuk 4 seri Avatar selanjutnya demi mewujudkan visi Cameron yang kreatif. Namun, dalam sebuah wawancara baru dengan Vanity Fair, Cameron mengakui bahwa kegagalan finansial bisa memotong cerita film ini menjadi lebih pendek:

“Mari kita hadapi itu, jika Avatar 2 dan 3 tidak menghasilkan cukup uang, tidak akan ada 4 dan 5. Film-film ini sepenuhnya terbentuk dari (budget) mereka. Tidak seperti, trilogi Lord of the Rings, di mana anda benar-benar harus membuat seluruhnya.”

Saat ini, Avatar 2 dan 3 sedang diproduksi secara bersamaan, jadi mau tidak mau studio tidak bisa menghentikan produksi Avatar 3 jika Avatar 2 ternyata gagal. Namun tampaknya Avatar 2 masih akan meraih untung besar-besaran karena nama besar dari film sebelumnya.

Hanya saja bagaimana pencapaian Avatar 3 tentunya tergantung dari Avatar 2, jika film ini berhasil mengesankan para penonton, hal yang sama pasti akan terjadi lagi untuk Avatar 3, tetapi jika tidak, maka Cameron akan berada dalam masalah.