Mengenal Lebih Jauh Era Old Republic Dalam Kisah Star Wars

Created By :
Founder and content creator of Greenscene.co.id and head of film critic. Meet me on instagram for my own mini movie review.

Beberapa hari yang lalu, kita mengetahui jika Disney mengutus Rian Johnson untuk menggarap trilogi baru Star Wars yang akan terpisah dari cerita saat ini. Dengan kata lain kita tidak akan menemui Skywalker family, Kylo Ren, Darth Vader dan tokoh lainnya yang kita kenal saat ini. Namun kita akan diperkenalkan dengan kisah baru dari yang tidak pernah dieksplorasi dalam mitologi Star Wars. Menurut rumor, The Old Republic akan menjadi kandidat kuat untuk diangkat dalam trilogi baru nanti. Benarkah hal itu akan terjadi? Nah mari kita bahas lebih dalam apa itu Old Republic dan mengapa kisah ini sangat menarik untuk diangkat dalam trilogi baru nanti.


Apa Itu Old Republic?

On Pic : Darth Malak & Darth Revan

The Old Republic merupakan kisah ribuan tahun sebelum peristiwa yang terjadi di dalam film Star wars, tepatnya 4000 tahun sebelum era Star Wars yang kita kenal. Kisah ini sempat dieksplorasi dalam video game, novel, dan buku komik. Puncak popularitasnya adalah game Star Wars: Knights of the Old Republic, sebuah game yang dikembangkan oleh Bioware (pencipta Mass Effect dan Dragon Age) dan diterbitkan oleh LucasArts.

Dalam kisah ini, diceritakan bahwa Darth Malak adalah antagonis utama. Malak meninggalkan Ordo Jedi untuk menjadi seorang Sith selama perang Mandalorian dibawah bimbingan dari Dark Lord Revan. Jika mengikuti alur dalam versi gamenya, mungkin kita bisa melihat bagaimana  lightsaber dibuat, bahkan mungkin Jedi itu sendiri yang membuat lightsabernya sendiri.

Peperangan yang terjadi di era ini sempat membuat ordo Jedi hancur. Hal itu disebabkan begitu banyak korban dari sisi para Jedi, belum lagi yang melanggar sumpah setianya dan beralih ke dark side bersama Darth Malak. Tentu saja jika Rian Johnson berminat untuk mengangkat kisah ini, akan menjadi cerita epik dimana kita akan melihat kembali peperangan antara jedi dan sith yang lebih dahsyat dari sebelumnya.


Mengapa Harus Old Republic?

Jika harus jujur, selama ini kita dipaksa untuk percaya jika ordo Jedi merupakan penyeimbang di alam semesta dan dikenal sangat kuat. Tapi selama versi filmnya berlangsung, kita sama sekali belum mengetahui seberapa kuat dan seberapa besar ordo ini, hanya beberapa individu yang kita kenal ( Anakin family, yoda, dll ), dan aksi mereka hanya mewakili nama ‘Jedi’ dan tidak menggambarkan seberapa besar kekuatan ordo ini.

Maka jika Old Republic diangkat, untuk kali pertama kita bisa melihat ordo Jedi dengan kekuatan penuh dan jumlah yang besar. Bahkan mungkin kita bisa mengetahui bagaimana kuil dan dewan Jedi terbentuk. Old Republic juga akan menjadi kesempatan untuk menunjukan Empire Galactic yang sangat powerfull ( seperti trilogi asli Star Wars ) namun secara langsung ditantang oleh ordo Jedi yang dalam puncak kejayaannya. Seolah-olah kita akan melihat peperangan dua negara adidaya yang belum pernah kita lihat dan pastinya lebih mewakili judul franchise ini, ‘Star Wars’.

Disisi lain, Hollywood saat ini menyukai cerita origin yang baik dan tampaknya tidak ada yang jauh lebih baik daripada cerita origin Sith dan Jedi. Apalagi tidak sedikit para penggemar Star Wars yang menginginkan kisah ini diangkat dalam versi film, bahkan ada petisi yang ditandatangani lebih dari 200.000 orang agar Netflix mau mengangkat kisah Old Republic.


Seberapa Besar Kemungkinan Kisah Old Republic Diangkat?

Belum ada bukti konkret jika Old Republic akan menjadi kisah selanjutnya dari Star Wars saga yang akan diangkat ke layar lebar. Namun bukan tidak mungkin jika Disney dan Rian Johnson mempertimbangkan kisah ini. Apalagi selama ini beberapa petunjuk mengenai Old Republic telah hadir di franchise Star Wars, seperti pada saat para rebellion mengatakan jika pertempuran yang saat ini terjadi dikarenakan masa-masa Old Republic, khususnya perang panjang Mandalorian yang melahirkan Dart Revan dan Darth Malak.

Video game, komik, dan buku-buku yang menyangkut Old Republic juga membuat perkenalan yang baik untuk menjelaskan dan menyoroti momen penting dari sejarah galaksi, maka mungkin tidak akan terlalu sulit bagi Rian Johnson mengatur berbagai elemen cerita yang ada di dalamnya. Disisi lain, jika Disney mengisyaratkan bahwa trilogi baru tersebut akan mengeksplorasi dunia Star Wars yang belum pernah kita ketahui, tentu akan sangat menarik untuk mengenal asal mula Jedi, Sith, atau bahkan Force seperti yang kita kenal.

Apa pendapat kalian tentang trilogi baru Star Wars? Belum ada kejelasan kapan trilogi ini dimulai, thanya saja kemungkinan kita bisa mengetahui gambaran lebih jelas setelah Episode IX dirilis pada tahun 2019 mendatang. Tapi tidak ada salahnya jika kita membahas apa yang menarik untuk diangkat dalam trilogi baru tersebut di kolom komentar dibawah ini Geeks.

  • bobby

    epik banget nih cerita kayanya

  • Novan Bintang Wibowo

    wkwk we all bored with skywalker drama

  • Alex

    Setuju wkwkwk