Selain  bisa menghadirkan sosok Captain America yang baru yang akan dilakukan oleh Sam Wilson, series The Falcon and The Winter Soldier juga memiliki kesempatan lain dalam menghadirkan cerita lengkap tentang sejarah program tentara super yang dibuat oleh pemerintah Amerika. Selain itu, seriesnya juga bisa memperkenalkan X-Men ke MCU dan salah satu karakternya, Wolverine. Bagaimana Wolverine bisa muncul dalam cerita Falcon and The Winter Soldier? Semuanya berkat sejarah panjang Captain America di buku komik.

Wolverine Terhubung Dengan Captain America Kulit Hitam Pertama

Isalah Bradley merupakan karakter yang muncul dalam komik Truth: Red, White & Black. Sama seperti Steve Roger, dia juga adalah objek penelitian untuk program tentara super khusus bagi tentara Afrika-Amerika. Program tersebut bernama Project: Rebirth. Tujuannya adalah menciptakan serum yang sama yang memberikan Steve Rogers kekuatan dahsyat.

Karakter ini sendiri dirumorkan akan muncul dalam series Falcon and The Winter Soldier. Namun, masih belum diketahui siapa yang akan memerankan karakternya. Kemunculan Bradley sebagai Captain America kulit hitam pertama yang ditunjuk oleh Pemerintah Amerika, bisa menjadi ancaman yang serius bagi sosok Sam Wilson tentang nilai dan arti Captain America.

Sebelum proyek Rebirth muncul, pemerintah Amerika sempat melakukan program yang sama bernama Weapon Plus. Weapon I merupakan program yang kemudian berhasil melahirkan Steve Rogers sebagai Captain America. Keberhasilan ini membuat Amerika senang. Sayangnya, kematian Abraham Erskine sebagai pembuat serum tentara super membuat rencana untuk memproduksi lebih banyak serumnya terhambat.

Upaya untuk membuat kembali serum tersebut mengarah pada sosok Isalah Bradyley, yang menjadi satu-satunya subjek penelitian yang masih hidup dalam proyek Rebirth. Selain berhasil menjadikan sosok Bradley sebagai kapten Amerika berkulit hitam pertama, program pembuatan tentara super ini juga berhasil melahirkan salah satu karakter terkuat dan populer yaitu Weapon X alias Wolverine.

Bagaimana Weapon Plus Bisa Masuk ke Cerita MCU dan Captain America

Mengeksplor masa lalu dari Isalah Bradley, yang penuh dengan unsur sosial-politik tentunya akan membuat semua hal terasa melebar. Lagipula, hal itu dirasa tidak perlu apalagi ditengah situasi yang panas di Amerika. Marvel bisa melakukan koneksi masa lalu Bradley dengan terbentuknya Wolverine atau Weapon X. Hal ini bisa menjadi landasan yang memperkuat hubungan antara para ras mutan dan masalah hak asasi yang bisa dimunculkan dalam cerita The Falcon and The Winter Soldier.

Dengan menghadirkan cerita tentang program tentara super, akan sangat masuk akal bagi Wolverine jika dia diceritakan menghilang dari proyek tersebut. Jika hal ini kemudian dilakukan, Marvel akan memiliki landasan yang kuat untuk memperkenalkan X-Men di MCU. Selain itu, setidaknya dengan memasukan referensi tersebut membuat para fans tetap “setia menanti” kehadiran X-Men dibandingkan dengan membiarkan para fans menduga-duga atau hanya memprediksi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.