Setelah puluhan teori tentang Kashin Koji beredar di kalangan para fans Naruto dan Boruto, akhirnya fakta tentang Kashin Koji mulai terungkap di chapter terbaru Boruto: Naruto Next Generation. Sejak awal diperkenalkan, karakter Kashin Koji memang sudah banyak menarik perhatian banyak orang. Mayoritas menganggap bahwa Kashin Koji adalah sosok Jiraiya yang menyamar.

Tidak jarang juga teori bermunculan, yang menganggap Kashin Koji adalah anak dari Jiraiya atau sosok Jiraiya yang melakukan perjalanan waktu ke masa depan. Tapi, salah satu teori yang dirasa masuk akal dari sekian banyak teori ada adalah yang menyebutkan bahwa Kashin Koji merupakan “reinkarnasi” dari sosok Jiraiya. Benarkah Kashin Koji merupakan reinkarnasi Jiraiya?

Di chapter 47 kita masih diperlihatkan bagaimana Jigen bertarung melawan Kashin Koji. Pertarungan yang sudah berlangsung selama beberapa chapter ini memang menjadi salah satu pusat perhatian para fans dalam beberapa waktu belakangan. Pasalnya, pertarungan tersebut bukan hanya pertarungan antara Jigen dan Kashin Koji melainkan pertarungan Kashin Koji melawan Isshiki Otsutsuki.

Seperti yang kita tahu, Isshiki Otsutsuki menjadikan Jigen sebagai wadahnya dimana dia akhirnya bisa terus bereinkarnasi. Namun, Jigen sepertinya bukan wadah yang tepat bagi Isshiki karena dianggap terlalu lemah. Dan hal itu terbukti dalam pertarungan di chapter 47 ini. Setelah mengeluarkan banyak chakra, karena pertarungan melawan Sasuke dan Naruto sebelumnya, tubuh Jigen akhirnya harus menyerah.

Tubuhnya hancur dan terbakar karena sudah tidak kuat lagi menahan serangan yang dilakukan oleh Kashin Koji. Ketika situasi dianggap sudah selesai dan menganggap Isshiki sudah mati, tapi nyatanya Isshiki masih hidup dan berhasil melakukan reinkarnasi. Yang menarik adalah ketika kembali hidup meskipun wajahnya mirip dengan Jigen tapi sosok asli Isshiki yang kemudian muncul.

Ada sebuah kejadian unik ketika Isshiki kembali hidup, yaitu Kashin Koji yang merasa kesakitan dan tidak berdaya. Bahkan topengnya pun terlepas. Isshiki kemudian menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki sebuah pre-destined fate atau takdir yang sebelumnya tidak dia ketahui. Tapi, sosok “tersebut” ternyata memiliki sebuah takdir yang luar biasa.

Isshiki kemudian melanjutkan bahwa dia sekarang paham mengapa Amado begitu terobsesi dengan sosok “tersebut.” Ternyata terungkap bahwa Kashin Koji merupakan kloning dari Jiraiya, sang Sannin legendaris Konoha. Belum ada penjelasan lebih lanjut tentang hal ini, tapi fakta tentang Kashin Koji adalah kloning Jiraiya sudah menimbulkan reaksi dari para fans yang mayoritas menolak fakta ini. Bagaimana pendapat kalian tentang hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.