Diciptakan oleh mangaka Eiichiro Oda, One Piece adalah salah satu manga dan anime paling populer di seluruh dunia yang sebentar lagi versi live actionnya akan tayang di saluran streaming Netflix. Digadang-gadang sebagai tayangan adaptasi manga paling ambisius, serial yang proses pembuatannya diawasi langsung oleh Oda sensei ini sampai menghadirkan kapal laut sungguhan dengan ukuran 1:1 agar semuanya terasa lebih realistis. Mulai dari kapal andalan bajak laut Straw Hat, sampai battleship tangguh milik marine, berikut ini lima penampakan kapal laut ikonis di serial live action One Piece!

Going Merry

Kapal laut pertama yang sudah pasti ada di serial live action One Piece nanti adalah Going Merry milik bajak laut Straw Hat. Desain Going Merry versi live action ini dibuat serealistis mungkin dengan tetap mempertahankan beberapa elemen aslinya. Pada bagian hulu kapalnya yang berbetuk kepala domba, kita bisa melihat desain yang diukir menyerupai bulu dan tanduk. Namun wajah Going Merry masih tetap terlihat cerita, begitu juga dengan jolly roger Straw Hat di layarnya. Sebuah canon andalan Straw Hat juga masih terlihat mencuat pada bagian lambung depannya, yang artinya di serial live actionnya nanti bakal ada pertempuran laut antara Going Merry dengan kapal laut musuh.

Red Force

Kapal selanjutnya yang tidak kalah realistis dari Going Merry versi live action One Piece, adalah Red Force milik Shanks dan kru bajak laut Red Hair. Melihat ukurannya yang sangat masif, cukup jelas bahwa Netflix sangat serius dalam menggarap adaptasi live action ini. Alasan mengapa kapal berwarna merah dan hitam ini langsung dikenal penggemar sebagai versi live action Red Force adalah karena hulu kapalnya yang berbentuk naga bertanduk. Kabarnya bukan hanya Red Force saja yang akan dimunculkan di serial live action-nya nanti, tetapi juga kapal laut pertama Shanks yang dia pakai bersama krunya saat pertama kali bertemu Luffy di Foosha Village, tepatnya pada awal cerita One Piece.

Miss Love Duck

Miss Love Duck adalah kapal bajak laut kedua setelah Red Force yang diperkenalkan di manga maupun anime One Piece. Itulah mengapa kapal milik bajak laut Alvida ini akan dimunculkan juga di awal serial live action-nya nanti. Ciri khas dari Miss Love Duck adalah hulu kapal yang berbentuk angsa dengan panjang. Bedanya alih-alih berwarna putih, versi live action-nya nanti justru berwarna merah muda seperti bagian lambungnya. Eksistensi kapal laut Miss Love Duck sendiri nantinya akan menandai kemunculan musuh pertama Luffy yang bernama Alvida serta calon sahabat baru Luffy bernama Koby, yang nantinya malah bercita-cita menjadi marine di bawah pengawasan Monkey D. Garp.

Baratie

Baratie sejatinya adalah kapal laut dari para koki andal yang mendedikasikan masakannya untuk para pelaut, entah itu marine maupun bajak laut. Di serial live action One Piece nanti tampilan kapal laut Baratie dibuat semirip mungkin dengan versi aslinya, di mana terdapat kepala ikan raksasa pada bagian lambung depannya. Mulut ikan ini bisa membuka dan menyajikan view indah di depan kapal bagi para tamu eksklusif Baratie. Jika merujuk pada manga dan anime One Piece, di kapal inilah Luffy akan bertemu dengan Sanji, calon koki sekaligus petarung terkuat Straw Hat. Dan tentunya itu semua akan terwujud setelah sebuah pertempuran besar melawan bajak laut Krieg dan Mihawk terjadi di atas Baratie.

Garp Battleship

Terakhir, kapal laut yang penampakannya di live action One Piece sudah terungkap adalah kapal battleship milik Monkey D. Garp. Meskipun berstatus sebagai kakek kandung Luffy, tetapi Garp sejatinya adalah seorang vice admiral. Selain karena kekuatan tempur dan pasukannya, kapal battleship milik Garp juga merupakan salah satu faktor mengapa dia ditakuti di lautan. Battleship milik Garp ini dapat dengan mudah dikenali dari hulu kapalnya yang berbentuk kepala anjing, Meskipun pada bocoran foto dari lokasi syuting kapal milik Garp masih belum rampung, tetapi cukup jelas bagian hulunya nanti akan mempunyai penampilan yang mirip seperti di animenya, lengkap dengan kalung anjing berduri.

Itulah penampakan dari lima kapal laut yang akan memainkan peran penting di live action One Piece nanti. Mulai dari Going Merry, Miss Love Duck, Red Force, sampai Baratie dan battleship milik Garp, semua kapal laut ini secara tidak langsung telah membocorkan fokus cerita live action One Piece yang nantinya akan lebih banyak menceritakan petualangan awal Luffy saat masih mengumpulkan kru pertamanya. Mungkin season pertama ini akan berakhir dengan Luffy yang akhirnya melaut bersama Nami, Sanji, Zoro, dan Usopp. Kita lihat sana nanti kebenarannya saat serialnya tayang di Netflix pada tahun ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.