Dalam sejarah kemunculannya di berbagai medium, Transformers sudah sangat sering melakukan crossover dengan berbagai franchise lainnya. Mulai dari franchise yang sangat epik, unik, sampai fenomenal ternyata pernah mereka lakukan. Dalam industri komik, Transformers menjadi salah satu franchise yang sangat populer. Hal ini dibuktikan dengan kemunculannya di berbagai medium.

Selain itu, bagaimana Transformers memiliki banyak judul sekuel menjadi bukti bagaimana mereka menjadi salah satu franchise yang populer. Kepopuleran tersebut menjadi alasan banyaknya franchise lain yang kemudian bekerja sama dengan Transformers. Dan ternyata, sudah ada banyak franchise lainnya yang kemudian melakukan crossover dengan para robot dari Cybertron ini. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Transformers dan The Terminator

Transformers dan Terminator mungkin menjadi salah satu cerita crossover yang cukup epik, mengingat kedua franchise ini berkaitan dengan robot. Bersetting pada 2029, crossover ini berfokus pada cerita di mana Decepticon berhasil menguasai bumi dan menghadirkan kehancuran bagi bumi. Untuk bisa melakukan serangan balik, Skynet akhirnya mengirim salah satu robot mereka ke masa lalu.

Mereka mengirim kembali salah satu dari mereka ke masa lalu untuk menghentukan Decepticon sebelum mereka tiba di bumi. Crossover dua franchise ini dianggap sangat efektif karena beberapa faktor. Misalnya, keduanya sama-sama memiliki seting cerita awal di tahun 1984. Kedua, Transformers dan Terminator sama-sama menghadirkan cerita tentang robot yang jahat dan berusaha menguasai manusia.

Transformers dan G.I. Joe

Dalam sejarahnya, kedua franchise ini sudah beberapa kali melakukan crossover. Dalam kejadian Crossover pertama diceritakan jika Autobots bekerja sama dengan kelompok elit tentara Amerika, G.I. Joe, untuk menghadapi Decepticons yang bekerja sama dengan rival G.I. Joe, yaitu Cobra. Namun, Megatron kemudian mengkhianati Cobra. Hal ini karena Megatron mengetahui jika Cobra bekerja sama dengan Autobots untuk mengalahkan Megatron.

Dalam sejarahnya, crossover yang dilakukan antara Transformers dan G.I. Joe ini menjadi salah satu crossover yang cukup stabil atau paling sering terjadi. Bahkan, crossover ini sudah berlangsung selama beberapa dekade. Hal ini menjadi bukti bagaimana corssover tersebut sangat populer di kalangan fans atau pencinta komik.

Transformers dan Ghostbusters

Apa jadinya jika robot alien bekerja sama dengan tim pembasmi hantu untuk menangani gangguan arwah? Inilah yang terjadi dalam seri komik crossover antara Transformers dan Ghostbusters. Setelah mendeteksi sebuah sinyal salah satu penduduk Cybertron di bumi, Optimus Prime dan Autobots pun coba untuk menyelidiki sinya tersebut.

Namun, setelah menemukan asal dari sinyal tersebut mereka pun terkejut karena menemukan sesuatu yang sangat kuat dan jahat. Ternyata itu merupakan sinyal yang berasal dari arwah Starscream. Inilah yang jadi alasan mengapa kemudian apara Autobots memutuskan untuk meminta bantuan kepada tim Ghostbusters. Crossover antara Transformers dan Ghostbusters ini sengaja dihadirkan sebagai bentuk perayaan 35 tahun kemunculan kedua franchise.

Transformers dan Star Trek

Dalam dunia pertempuran galaksi, selain Star Wars terdapat franchise lainnya yang tidak kalah populer yaitu Star Trek. Dan Star trek pun kemudian melakukan crossover dengan Transformers dalam sebuah miniseri yang berjumlah lima volume. Dalam ceritanya, diperlihatkan jika kru dari The Enterprise terjebak dalam sebuah serangan mematikan yang dilakukan oleh Decepticon. Ternyata serangan itu terlalu kuat bagi mereka.

Mengetahui siapa yang mereka hadapi dan sadar jika senjata yang mereka miliki tidak mampu menandingi kekuatan Decepticon, akhirnya Captain Kirk meminta bantuan Optimus Prime dan Autobots. Megatron bahkan sempat mengincar nyawa Captain Kirk. Beruntung, Optimus Prime datang tepat waktu. Dalam crossover ini, para Transformers diketahui menghadirkan desain tahun 1980an yang menjadi salah satu daya tarik dari crossover tersebut.

Transformers dan Angry Birds

Dengan anak-anak yang menjadi target pasar franchise Transformers, tidak mengherankan jika kemudian terdapat crossover dengan franchise anak-anak seperti Angry Birds. Setelah menghadapi sebuah serangan kejutan dari Decepticons, Optimus Prime harus kehilangan sumber kehidupan, AllSpark, miliknya. Yang menarik adalah Optimus Prime kemudian muncul di Piggie Island yang mana pulau tersebut kemudian berubah menjadi ‘Eggspark.’

Karena kekuatannya yang sangat dahsyat, Eggspark kemudian mampu merubah semua babi dan burung yang ada di pulau tersebut menjadi robot. Dan tanpa perlu waktu lama, dengan kekuatan mereka tersebut para babi dan burung tersebut mulai saling serang satu sama lain. Sadar jika AllSpark menjadi penyebab semua kekacauan tersebut, akhirnya penduduk pulau tersebut mengembalikan benda kosmik tersebut.

Transformers dan The X-Files

Selain pernah bekerja sama dengan G.I. Joe, Transformers juga pernah bekerja sama dengan kelompok pemerintah Amerika lainnya yaitu The X-Files dalam seri komik The X Files: Conspiracy: TRANSFORMERS. The X-Files adalah sebuah seri dari salah satu subtugas FBI, yang khusus menginvestigasi berbagai hal yang tidak biasa, mulai dari alien sampai sekte sesat. Hanya ada dua agen yang bekerja yaitu agen Scully dan agen Mulder.

Dalam ceritanya, Optimus Prime mencoba untuk menginvestigasi tentang sebuah misteri besar tentang penculikan pemimpin medis Autobots. Namun, semakin mereka menemukan petunjuk, semakin mereka menemukan berbagai pertanyaan. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa mereka meminta bantuan dari agen Mulder untuk memecahkan kasus tersebut.

Transformers dan Back To The Future

Dengan bersetting di awal cerita film Back to the Future, di mana Marty masuk ke mobil milik Doc dan dikejar-kerjar di sekitar area parkir Twin Pines Mall oleh “Nasionalis Libra,” Marty pun untuk pertama kalinya melakukan perjalanan waktu. Mengetahui jika manusia mampu menciptakan dan melakukan sebuah perjalanan waktu, kelompok Decepticon pun berusaha untuk mengacaukan semuanya.

Selain alur cerita yang menarik, beberapa hal yang dianggap menarik dari crossover tersebut adalah desain dari Transformersnya. Para robot tersebut diadaptasi dari mainan model tahun 1970an dan 1980an meskipun setting waktunya adalah masa depan. Dan juga yang juga dianggap menarik adalah mobil ikonik Delorean pun berubah menjadi sebuah Transformers.

Transformers Dan Keroro Gunsou

Selain Angry Bird, franchise anak-anak yang pernah melakukan crossover dengan Transformers adalah Keroro Gunsou. Kepopuleran Transformers juga nyatanya bukan hanya terjadi di Amerika saja, melainkan juga di luar Amerika seperti Jepang. Salah satu crossover yang pernah dilakukan Transformers di Jepang adalah dengan franchise Keroro Gunsou.

Keroro sendiri adalah salah satu karakter ikonik di Jepang yang biasanya erat dengan seri anak-anak. Dalam cerita crossover Keroro Gunsou dan Transformers, karakter ikonik di Jepang ini diceritakan dibangkitkan oleh Starscream untuk menjadi wakilnya. Namun, dalam praktiknya, Starscream tidak begitu saja memberikan tawaran tersebut. Terkadang kedua karakter mengalami perseteruan yang penuh komedi.

Transformers and My Liitle Pony

Crossover Transformers dengan franchise anak-anak lainnya adalah My Little Pony. Seperti yang Geeks ketahui, My Little Pony merupakan sebuah seri animasi anak-anak yang mengincar target pasar para anak-anak perempuan. Sehingga, crossover dengan Transformers dalam komik My Litte Pony/Transformer cukup epik dan berani. Bahkan, yang menarik adalah crossover ini bukan pertama kali terjadi.

Dalam beberapa momen seperti di versi live-action di mana mainan boneka Little Pony nampak di berbagai adegan. Ceritanya sendiri dimulai ketika Ratu Chrysalis tidak sengaja memindahkan para Autobots dan Decepticons ke Equestria. Kedua kelompok ini kemudian saling berkompetisi satu sama lain agar mereka bisa kembali ke dunia mereka. Banyak hal-hal menarik yang muncul seperti arwah dari Starscream.

Transformers Dan Avengers

Apa yang terjadi ketika para robot Transformers berkolaborasi dengan tim pahlawan Avengers dari Marvel? Hal inilah yang jadi inti cerita crossover Transformers/Avengers. Ceritanya sendiri terjadi di seri komik Infiltration, di mana Megatron dan Decepticon diperlihatkan berhasil menginvasi dan menguasai bumi di era modern. Mengetahui hal ini, para Autobot kemudian bekerja sama dengan para Avengers untuk mengalahkan para Decepticon.

Sebenarnya, para Transformers sendiri sudah sejak lama bekerja sama dengan pahlawan super. Sehingga, crossover dengan tim Avengers bukan jadi sesuatu yang baru. Di sisi lain, meskipun saat ini hak dari karakter Transformers berada di pihak IDW Comics namun Marvel sempat memiliki hak karakternya. Karena itulah, cukup masuk akal jika kemudian kedua franchise ini melakukan crossover.

Kepopuleran franchise Transformers menjadi “pemicu” terciptanya berbagai crissover epik dan menarik. Dan beberapa contoh di atas adalah bukti nyata dari bagaimana franchise Transformers mampu untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai franchise lainnya. Bahkan, Transformers pun tidak ragu untuk berkolaborasi dengan berbagai franchise anak-anak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.