Nama Eru Iluvatar mungkin sedikit asing bagi mayoritas penggemar Lord of the Rings, namun dia sebenarnya merupakan tuhan dalam cerita tersebut. Dunia dari cerita Lord of the Rings karya J. R. R. Tolkien benar-benar sangat dalam dan kompleks. Kreasi dari dunia yang luas dan kaya di cerita Lord of the Rings nyatanya tidak lepas dari sosok yang sangat luar biasa bernama Eru Iluvatar. Namanya memang tidak pernah muncul di novel awal, namun keberadaanya di dunia tersebut sangat terasa. Lalu, siapa sebenarnya Eru Iluvatar?

4Eru Iluvatar Tuhan di Lord of The Rings

Seperti yang disebutkan di atas, nama Eru Iluvatar memang tidak pernah muncul dalam berbagai novel karya Tolkien. Inilah yang kemudian jadi alasan sebagian fans mungkin tidak mengenal atau tidak terlalu mengenal siapa sebenarnya sosok luar biasa tersebut. Sang kreator sendiri hanya memberikan informasi mengenai karakternya dalam berbagai catatan dan tulisan lain dalam buku The Silmarillion.

Meskipun sosoknya tidak pernah muncul dalam cerita atau disebutkan, Iluvatar merupakan sosok yang sangat penting atas semua hal yang ada dalam cerita Lord of the Rings. Dialah yang mengirimkan Gandalf kembali ke Middle-Earth. Apapun yang terjadi di Middle-Earth, sejak era First Age hingga Third Age, selalu ada campur tangan dari Eru Iluvatar di balik semua itu. Lalu, siapa sebenarnya Eru Ilivatar?

Simpelnya, Eru Iluvatar merupakan Tuhan dalam cerita Lord of the Rings. Karakternya terinspirasi dari sosok dewa dalam mitologi Nordik dan juga beberapa karakter dewa lainnya. Dalam cerita Lord of the Rings, Middle-Earth merupakan setting utama dari ceritanya. Namun, faktanya, Middle-Earth sebenarnya hanya salah satu bagian kecil dari sebuah planet ciptaan Iluvatar yaitu Arda.

Arda merupakan bumi dalam dunia nyata. Dan selain Arda, Iluvatar juga menciptakan alam raya yang kemudian dikenal dengan nama Ea. Semua kreasi dari Iluvatar muncul sebelum alur cerita Lord of the Rings mulai. Menurut catatannya, Eru Iluvatar menciptakan seluruh alam raya di cerita Lord of the Rings melalui nyanian dan puji-pujian yang kemudian dikenal dengan nama Music of the Ainur.

Dalam bahasa Elf Quenya, Eru Iluvatar bisa diartikan sebagai “The One Father of All” atau “Bapak Dari Seluruh Alam.” Dia merupakan satu-satunya makhluk yang memiliki Secret Flame atau Flame Imperishable, yang membuatnya bisa meniupkan kehidupan terhadap berbagai benda. Inilah yang kemudian membuat Iluvatar bisa menciptakan berbagai malaikat dan dewa lain yang mengabdi kepadanya.

Eru Iluvatar memiliki “anak” yang kemudian dikenal dengan nama Children of Eru Iluvatar, yang tidak lain adalah Manusia dan para Elf. Iluvatar juga memiliki anak adopsi, yaitu para kurcaci, serta makhluk hidup lainnya yang ada di Middle-Earth. Jadi, dialah pencipta dari seluruh alam raya dan juga semua makhluk hidup yang ada di dalamnya. Namun, sayangnya, Eru Iluvatar tidak pernah muncul dalam berbagai cerita.

Dua Ciptaan Terbesar Iluvatar – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.