Dalam cerita franchise Middle Earth karya J.R.R. Tolkien terdapat beberapa kerajaan besar yang terlibat dalam sejarah dan juga ceritanya. Dalam franchise karya J.R.R. Tolkien seperti The Hobbit, The Silmarillion, The Lord of the Rings bahkan The Rings of Power, ada beberapa kerajaan besar yang muncul dalam sejarah Middle-Earth. Mereka memiliki peranan masing-masing dalam sejarah tersebut. Lalu, apa saja kerajaan besar yang ada di Middle Earth?

10Tirion upon Túna

Kerajaan besar yang ada di Middle Earth pertama adalah Tirion upon Tún. Dalam salah satu gambar yang dirilis oleh Amazon dalam promosi series The Lord of the Rings: The Rings of Power, terdapat gambar dari sosok elf yang berada di sebuah kerajaan besar yang dikelilingi oleh cahaya. Arsitektur dari bangunan di kerajaan tersebut dianggap sangat mirip dengan Tirion upon Túna.

Dalam ceritanya, Tirion upon Túna merupakan kota besar dari Noldor yang ada di wilayah Aman alias Undying Land. Tirion upon Túna merupakan sebuah kerajaan yang sangat penting dalam era First Age dan Second Age di Middle Earth. Tirion sendiri merupakan gerbang menuju Two Trees of Valinor. Di era First Age, Melkor dan the Ulgoliant meneyrap seluruh energi kehidupan dari dua pohon besar tersebut yang jadi awal perang besar pertama dalam sejarah Middle Earth.

Di Second Age, Ar-Pharazôn menyerang wilayah pantai dari Aman untuk menguasai wilayah Tirion upon Túna. Dalam akhir cerita film The Lord of the Rings, Undying Lands merupakan tujuan akhir dari Frodo dan beberapa karakter lainnya. Aman sendiri sebenarnya wilayah yang khusus untuk para elf di mana tidak boleh ada makhluk lain yang tinggal atau pergi ke sana. Namun, ada pengecualian untuk beberapa karakter.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.